Logo BeritaSatu

AS Bantu Thailand untuk Kembangkan Reaktor Nuklir Kecil

Sabtu, 19 November 2022 | 11:34 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Bangkok. Beritasatu.com - Amerika Serikat atau AS akan membantu Thailand mengembangkan tenaga nuklir melalui reaktor nuklir kecil sebagai bagian dari program yang ditujukan untuk memerangi perubahan iklim. Hal ini diumumkan Wakil Presiden Kamala Harris mengumumkan pada kunjungan Sabtu (19/11/2022).

Gedung Putih mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian dari Net Zero World Initiative, sebuah proyek yang diluncurkan pada KTT iklim Glasgow tahun lalu di mana AS bermitra dengan sektor swasta dan dermawan untuk mempromosikan energi bersih.

Advertisement

Thailand tidak memiliki tenaga nuklir, karena warganya khawatir setelah bencana Fukushima 2011 di Jepang.

Gedung Putih mengatakan akan menawarkan bantuan teknis kepada negara Asia Tenggara itu untuk menyebarkan teknologi pengembangan reaktor modular kecil, yang dibuat oleh pabrik dan portabel. Reaktor semacam itu umumnya dianggap lebih aman karena tidak memerlukan campur tangan manusia untuk dimatikan dalam keadaan darurat.

"Kami benar-benar berharap dapat bekerja sama dengan Thailand untuk memanfaatkan manfaat dari reaktor modular kecil dan sumber energi bersih yang andal," kata seorang pejabat senior AS yang bepergian dengan Kamala Harris, berbicara tanpa menyebut nama.

Sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan bahwa para ahli AS akan bekerja dengan Thailand dalam penggelaran reaktor, yang akan memiliki "standar keselamatan, keamanan, dan nonproliferasi tertinggi" dan membanggakan tapak lahan yang lebih kecil daripada alternatif.

Saingan AS, Tiongkok dan Rusia, serta Argentina, juga sedang mengembangkan reaktor modular kecil, yang prototipenya sedang dalam tahap desain.

Gedung Putih tidak memberikan batas waktu tetapi mengatakan akan mendukung Thailand, yang sangat rentan terhadap perubahan iklim, dalam tujuannya menjadi netral karbon pada tahun 2065.

Kamala Harris, yang mengunjungi sekutu AS untuk KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), akan membahas inisiatif tenaga nuklir dalam pertemuan Sabtu (19/11/2022) malam dengan Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha.

Gedung Putih juga mengumumkan inisiatif dengan Thailand untuk meningkatkan keamanan internet generasi kelima dan proyek untuk membangun pusat perawatan kanker "kelas dunia" di provinsi Chonburi timur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Antar Langsung Surat SP3 Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Orang Tua: Aneh

Orang tua mahasiswa UI yang tewas ditabrak menyebut surat SP3 diberikan secara langsung oleh polisi ke rumahnya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Hentikan Penyelidikan Satu Keluarga Dikurung di Dalam Rumah

Juru parkir di Bandar Lampung yang mengurung istri dan 8 orang anaknya di kontrakan telah dipulangkan dan polisi menyatakan penyelidikan dihentikan.

NEWS | 31 Januari 2023

Diguyur Hujan, Atap SDN Bejelo Lombok Tengah Ambruk Lagi

Hujan lebat yang terus mengguyur membuat atap SDN Bejelo Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah NTB ambruk lagi. 

NEWS | 31 Januari 2023

AS Bakal Akhiri Kondisi Darurat Covid-19 pada 11 Mei

Pemerintahan Presiden Joe Biden pada Senin (30/1/2023) mengatakan, siap mengakhiri kondisi darurat Covid-19 pada 11 Mei.

NEWS | 31 Januari 2023

KIB Dinilai Koalisi Paling Solid, Ini Alasannya

PARA Syndicate menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP adalah koalisi yang paling solid dibandingkan koalisi lainnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Pleidoi Ditolak Jaksa, Ferdy Sambo Cs Akan Tanggapi Hari Ini

Selain Ferdy Sambo, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf juga akan menjalani sidang dengan agenda yang sama dalam perkara pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J tersebut.

NEWS | 31 Januari 2023

Bencana Hidrometeorologi Basah Tak Lepas dari Faktor Populasi

Menurut BNPB, dengan populasi tinggi, pasti di situ bencana hidrometeorologi basah cukup dominan

NEWS | 31 Januari 2023

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PPP Ungkap Kebiasaan Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

PPP Ungkap Kebiasaan Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE