Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

UGM Pecahkan Rekor Mobil Listrik Paling Hemat Daya Se-Asia

Sabtu, 19 November 2022 | 20:56 WIB
Oleh : Adam Mardian / YUD
Mobil listrik Semar Proto ciptaan tim yang berisi 10 mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Yogyakarta, Beritasatu.com - Mobil listrik karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada, Semar Proto berhasil menjadi juara Asia sebagai kendaraan paling hemat energi. Semar Proto diciptakan oleh tim yang terdiri 10 mahasiswa UGM

Mobil yang diberi nama Semar Proto ini berhasil memecahkan rekor sebagai kendaraan listrik dengan konsumsi energi paling irit dalam kompetisi tahunan Shell Eco-Marathon 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, tanggal 11 hingga 15 Oktober lalu.

“Jadi kemarin kita itu juara I di protipe listrik di mana kita dapat hasil 586 koma sembilan kilometer per kWh, memecahkan rekor Asia buat kendaraan listrik terhemat yang sebelumnya dipegang tim HuaQi E-V dari China," ujar Abdul Adzim Iftikar Mardiansjah, Ketua Tim Semar Proto, Sabtu (19/11/2022).

Sebanyak 49 tim dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Nepal, India, Korea, Kazakhstan, Singapore, mengikuti kompetisi tahunan Shell Eco-Marathon 2022.

"Kemarin itu di kompetisi total ada 49 tim dari berbagai negara," imbuh Abdul.

Semar Proto dengan konfigurasi roda tiga, dua depan dan satu belakang tersebut, sukses meraih juara 1 di kategori Prototype Kelas Battery-Electric dengan rekor jarak tempuh 587 km/kWh. Pencapaian itu memecahkan rekor sebelumnya oleh tim HuaQi E-V dari China dengan jarak tempuh 501 kilometer per kWh.

Mobil Semar Proto merupakan kendaraan hemat energi yang dikembangkan dengan mesin konvensional. Memiliki koefisien drag 0,11 dan menggunakan bahan serat karbon untuk bodi mobil. Pemilihan bahan tersebut sebagai upaya untuk mensiasati bobot kendaraan sehingga berat totalnya hanya 27 kilogram.

Untuk penggeraknya, mobil Semar Proto ini menggunakan motor listrik DC berdaya 250 watt dan tegangan 48 Volt.

Shell Eco-Marathon 2022 diikuti oleh 49 tim yang terdiri dari 33 wakil Indonesia. Sementara 16 tim lainnya merupakan representasi dari India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI