Logo BeritaSatu

Parpol Diminta Usung Capres yang Berkomitmen Jaga NKRI dan Kebinekaan

Minggu, 20 November 2022 | 09:40 WIB
Oleh : Yustinus Paat / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus mengingatkan partai politik (parpol) untuk memastikan mengusung kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang berkomitmen merawat NKRI dan kebinekaan. Menurut Petrus, hal ini penting agar pesta demokrasi tidak disusupi dan dimanfaatkan oleh kelompok radikal dan intoleran.

“Parpol punya mempunyai peran besar memastikan Pilpres 2024 digelar secara damai dan aman dengan mengusung pasangan capres-cawapres yang memiliki komitmen merawat NKRI dan kebhinekaan,” kata Petrus kepada wartawan, Minggu (20/11/2022).

Advertisement

Dia mengatakan peran partai sangat penting. Sebab, hanya partai yang dapat mengusung pasangan capres-cawapres pada pilpres. Petrus merujuk pada Pasal 222 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur presidential threshold (Pres-T) atau ambang batas pencapresan. Ketentuan itu menyebutkan partai atau gabungan partai harus memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional pemilu sebelumnya agar dapat mengusung capres-cawapres.

“Capres 2024 haruslah capres yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga NKRI, merawat kebinekaan, menjaga integrasi nasional dan yang mampu melanjutkan program pembanguan Presiden Jokowi,” katanya.

Menurut Petrus, komitmen ini penting karena ancaman gerakan radikalisme dan intoleransi sudah nyata di Indonesia. Gerakan itu, bahkan sempat berpeluang merusak keutuhan NKRI dengan memanfaatkan momentum Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 dan Pilpres 2019.

“Ini yang perlu disadari para kandidat capres 2024 bahwa kelompok radikal dan intoleran akan memanfaatkan setiap momentum politik untuk masuk ke kekuasaan,” ujarnya.

Baca selanjutnya
Oleh karena itu, menurut Petrus, Garda Nasionalis menggelar diskusi bertema “Menghadapi ...


hal 1 dari 3 halaman

Halaman: 123selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Gelar Bazar di Gedung DPR, PPP Akan Terus Perjuangkan UMKM

PPP menggelar bazar untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. PPP akan memperjuangkan UMKM.

NEWS | 27 Januari 2023

9 Jenazah Korban Pembunuhan Berantai Wowon Cs Selesai Diautopsi

Sembilan jenazah korban pembunuhan berantai Wowon cs selesai diautopsi di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 Januari 2023

PUPR Sebut 22 Menara Hunian Pekerja di IKN Sudah Terbangun

Secara umum, sebanyak 22 tower atau menara Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah selesai terbangun.

NEWS | 27 Januari 2023

Nikita Mirzani Segera Temui Calon Mertua di London

Artis Nikita Mirzani akan segera terbang ke London, Inggris. Tujuan Nikita Mirzani ke London, adalah menemui calon mertuanya.

NEWS | 27 Januari 2023

Dinilai Jadi Pemicu, Putri Candrawathi Bisa Dijatuhi Hukuman Lebih Berat

Putri Candrawathi dinilai sebagai sosok pemicu dalam kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J sehingga bisa dijatuhi hukuman lebih berat.

NEWS | 26 Januari 2023

Tanah Longsor Timpa Rumah Warga di Jepara Jawa Tengah

Hujan lebat dengan intensitas yang cukup tinggi sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan tanah longsor di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

NEWS | 27 Januari 2023

Menangis, TKW Korban Penipuan Wowon Cs Cari 2 Sahabat

Hanna, seorang TKW (tenaga kerja wanita) mencari dua sahabatnya yang ditipu oleh tersangka kasus pembunuhan berantai Wowon cs.

NEWS | 26 Januari 2023

Plt Bupati Mimika Tersangka Korupsi Pengadaan Pesawat Rp 43 Miliar

Kejati Papua menetapkan Plt Bupati Mimika, Johannes Rettop sebagai tersangka dalam kasus pengadaan pesawat dan helikopter tahun anggaran 2015.

NEWS | 26 Januari 2023

Terjun ke Politik, Kaesang Pangarep Diajak Gabung PKB

Juru bicara muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ais Shafiyah menyambut baik langkah Kaesang Pangarep yang mengaku tertarik terjun ke dunia politik.

NEWS | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Super Saudi, Ronaldo Gagal Bawa Al Nassr ke Final

Piala Super Saudi, Ronaldo Gagal Bawa Al Nassr ke Final

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE