Logo BeritaSatu

Korban Banjir Palangka Raya Mulai Terserang Penyakit

Minggu, 20 November 2022 | 10:21 WIB
Oleh : Fuad Iqbal Abdullah / FER

Palangka Raya, Beritasatu.com - Memasuki hari ke-6, ketinggian banjir yang merendam 17 kelurahan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, hingga Minggu (20/11/2022) masih belum surut. Ratusan warga korban banjir yang enggan untuk mengungsi ke posko pengungsian, mulai terserang penyakit gatal-gatal dan demam tinggi.

Tim medis yang terdiri dari BPBD, TNI, dan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Palangka Raya, langsung turun ke lokasi banjir untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga korban banjir door to door.

Advertisement

Tim medis harus berjuang menerjang genangan banjir dengan berjalan kaki, meski arus banjir masih cukup deras. Hal itu mereka lakukan tanpa pamrih, guna menolong warga korban banjir yang dilaporkan mulai terserang penyakit.

Salah satu warga korban banjir, Sofyan mengatakan, mulai mengalami keluhan penyakit gatal-gatal pada bagian kaki, lantaran selama 6 hari terakhir terpaksa beraktivitas di tengah genangan banjir, lantaran enggan untuk mengungsi.

"Iya tadi saat ada perawatnya, saya dan istri mengeluhkan penyakit gatal-gatal mas pada bagian kaki, kalau istri tadi ada sedikit demam dan alhamdulillah sudah dikasih obat sama petugas kesehatan itu," kata Sofyan.

Korban Banjir Palangka Raya Mulai Terserang Penyakit
Memasuki hari ke-6, ketinggian banjir yang merendam 17 kelurahan di 4 kecamatan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, masih belum surut. Ratusan warga mulai terserang penyakit gatal-gatal dan demam.

Sofyan mengaku sudah enam hari terakhir memilih tetap bertahan di dalam rumahnya dan enggan mengungsi, lantaran khawatir dengan keamanan barang-barang berharga yang ada di dalam rumah.

"Iya sebenarnya sudah ada niat ingin mengungsi sih mas, tapi kami khawatir dengan kondisi barang-barang yang ada di dalam rumah, kami takut hilang jadi ya terpaksa bertahan di dalam rumah," ujar Sofyan.

Menyikapi hal ini, Babinsa Kodim 1016 Palangkaraya, Sertu Kasanudin mengatakan, di kawasan Jalan Anoi ini memang masih ada ratusan warga yang memilih untuk tetap bertahan di dalam rumah, padahal pemerintah daerah setempat telah mendirikan posko pengungsian untuk menampung sementara bagi warga korban banjir.

"Di komplek pemukiman di Jalan Anoi kecamatan Jekan Raya ini memang masih banyak sekali warga yang enggan mengungsi, padahal pemerintah daerah sudah mendirikan posko pengungsian bagi warga korban banjir," kata Sertu Kasanudin.

Ia menambahkan mayoritas dari warga korban banjir memang mengeluhkan penyakit gatal-gatal dan demam. Tim medis pun juga telah memberikan obat-obatan bagi mereka yang tadi mengeluhkan sakit gatal-gatal dan juga demam.

"Iya tadi memang kebanyakan warga korban banjir mengeluhkan penyakit gatal-gatal dan demam, tetapi kami bersama tim medis juga telah memberikan obat-obatan gratis sesuai dengan keluhan mereka," ujar Sertu Kasanudin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lima Hari Hanyut, Bocah Perempuan di Malang Akhirnya Ditemukan

Warga Dusun Ngrancah di Malang, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan sesosok jasad bocah perempuan dalam kondisi mengapung di aliran Sungai Brantas

NEWS | 30 Januari 2023

Unik, Pesta Ulang Tahun Anjing Digelar ala Kekaisaran Tiongkok

Di Kota Surabaya terdapat enam ekor anjing ras mini pom-pom yang merayakan ulang tahunnya secara besar-besaran layaknya manusia.

NEWS | 30 Januari 2023

Top 5 News: Jalan Ambles di Grobogan hingga Juventus Jelang Lawan Monza

Kabar tentang jalur Semarang-Grobogan yang ambles sepanjang 25 meter menjadi berita terpopuler atau top news Beritasatu.com, Minggu (29/1/2023).

NEWS | 30 Januari 2023

Menpan RB Klarifikasi Anggaran Kemiskinan Rp 500 Triliun Habis untuk Rapat

Menpan RB menegaskan dirinya tidak pernah menyebutkan anggaran pengetatan kemiskinan Rp 500 triliun tersedot untuk rapat dan studi banding kemiskinan.

NEWS | 30 Januari 2023

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Selalu Tuai Kontroversi, Total Kekayaan Kanye West Berkurang

Selalu Tuai Kontroversi, Total Kekayaan Kanye West Berkurang

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE