Logo BeritaSatu

Armada Kendaraan Listrik Siap Layani Pengunjung TMII

Minggu, 20 November 2022 | 13:41 WIB
Oleh : Ricki Harahap, Bella Evanglista / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Taman Wisata Candi sebagai pengelola resmi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menerapkan sejumlah fasilitas baru untuk menambah daya tarik. Salah satunya, pemanfaatan kendaraan listrik untuk melayani mobilitas pengunjung.

Perwakilan pengelola TMII, Haryanto mengatakan, setelah selesai direvitalisasi, saat ini TMII menggunakan kendaraan listrik untuk melayani mobilitas pengunjung.

Advertisement

"Khusus di TMII semua moda akan menggunakan kendaraan listrik, kendaraan yang tidak menggunakan bahan bakar fosil, " kata Haryanto kepada B-Universe di TMII, Jakarta, Minggu (20/11/22).

Saat ini, kata haryanto, jumlah kendaraan listrik milik TMII yang beroperasi sebanyak 10 unit. Jumlah ini akan terus ditambah menjadi 30 kendaraan listrik, dan ditargetkan terpenuhi pada Maret 2023 mendatang.

"Untuk masa uji coba ada 10 unit kendaraan listrik. Nantinya akan kita tingkatkan lagi menjadi sekitar 30 unit dan terus ditambah. Rencananya, masing masing anjungan akan punya moda yang sesuai kebutuhannya," jelasnya.

Armada Kendaraan Listrik Siap Layani Pengunjung TMII
Fasilitas kendaraan listrik melayani pengunjung Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Haryanto menambahkan, nantinya akan disediakan ambulans dan kargo dengan menggunakan kendaraan listrik. "Semua kebutuhan yang ada di dalam TMII, rencananya akan dipenuhi dengan moda kendaraan listrik," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan kalkulasi penghematan pengeluaran dengan menggunakan kendaraan listrik.

Untuk melintasi jarak 30 kilometer menggunakan motor berbasis Bahan Bakar Minyak (BBM), pengendara perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 10.000 untuk membeli 1 liter bensin Pertalite.

"Namun dengan motor listrik, pengendara hanya perlu mengeluarkan 10% dari biaya tersebut. "Motor listrik cuma perlu 1 kilowatt seharga Rp 1.600," jelas Arifin.

Selain pengeluaran bahan bakar yang berkurang, kendaraan listrik juga menghemat biaya perawatan. Berbeda dengan kendaraan BBM yang membutuhkan penggantian oli secara berkala, kendaraan listrik hanya membutuhkan perawatan baterai.

Pemerintah saat ini tengah menggencarkan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Kendaraan listrik yang ramah lingkungan mampu mengurangi emisi karbon hingga lebih 50%. Hal tersebut mendukung komitmen Indonesia menuju net zero emission di tahun 2060.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sudinkes Jakpus Catat Peningkatan Kasus Campak pada Anak

Sempat menurun pada akhir tahun 2022 lalu, kasus penyakit campak di wilayah Jakarta Pusat kembali mengalami peningkatan pada awal tahun 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Kasus Perintangan Penyidikan, Ini yang Memberatkan Arif Rachman Arifin

Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut agar majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman 1 tahun  penjara pada Arif Rachman Arifin

NEWS | 27 Januari 2023

Pasukan Israel Serang Tepi Barat, 10 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel menyerang wilayah Tepi Barat yang menewaskan 10 warga Palestina pada Kamis (26/1/2023).

NEWS | 27 Januari 2023

Vape Masuk Perda KTR Surabaya, Sanksi Denda Diterapkan

Ery Cahyadi menyatakan, Pemkot Surabaya akan memberikan sanksi tegas bagi para perokok, baik penguna rokok konvensional maupun rokok elektrik atau vape.

NEWS | 27 Januari 2023

Keluarga Mahasiswa UI yang Ditabrak Pertanyakan SP3

Keluarga mahasiswa UI yang tewas ditabrak, Muhammad Hasya Athallah Saputra, mempertanyakan terbitnya SP3 kasus tersebut.

NEWS | 27 Januari 2023

Wali Kota Depok Sebut Larangan Vape Sudah Diatur dalam Perda KTR

Pemkot Depok mengeklaim larangan vape atau rokok elektrik sudah diterapkan sejak ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 02 Tahun 2020.

NEWS | 27 Januari 2023

Kasus Perintangan Penyidikan, Arif Rachman Arifin Dituntut 1 Tahun Penjara

JPU menuntut Arif Rachman Arifin dihukum penjara 1 tahun karena terlibat dalam perintangan penyidikan kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Kualitas Udara Kota Bangkok Tak Sehat, Warga Disarankan Tetap di Rumah

Kualitas udara di Kota Bangkok telah mencapai tingkat tidak sehat dengan penduduk di ibu kota Thailand disarankan untuk menghindari atau mengurangi aktivitas di luar.

NEWS | 27 Januari 2023

Mahasiswa Hasya Tewas Ditabrak Pensiunan Polisi Malah Tersangka, Iluni UI Turun Gunung

Mahasiswa UI Hasya Athalah tewas diduga ditabrak oleh pensiunan polisi di Jagakarsa, Jakarta Selatan ditetapkan tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Sebulan Terendam Banjir, 3.700 Hektare Sawah di Kudus Puso

Hampir sebulan lamanya, ribuan hektare lahan sawah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terendam banjir.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dituntut 1 Tahun Penjara, Arif Rachman Arifin Menyesali Perbuatannya

Dituntut 1 Tahun Penjara, Arif Rachman Arifin Menyesali Perbuatannya

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE