Logo BeritaSatu

Komisi II DPR Beberkan Sejumlah Poin di Perppu Pemilu

Senin, 21 November 2022 | 11:19 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDIP Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengungkapkan sejumlah poin dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu atau Perppu Pemilu. Poin penting, kata Rifqi, sapaan akrabnya, Perppu Pemilu untuk mengakomodasi provinsi daerah otonomi baru (DOB) di Papua agar bisa ikut Pemilu 2024.

"Isinya adalah penambahan dapil, penambahan kursi sebagai konsekuensi hadir daerah otonomi baru di Papua, yaitu Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan plus Undang-Undang baru Papua Barat Daya," ujar Rifqi kepada Beritasatu.com, Senin (21/11/2022).

Advertisement

Rifqi mengakui dalam proses pembahasan bersama DPR dengan pemerintah dan penyelenggara pemilu, terdapat lima poin yang bakal dimasukkan di dalam Perppu Pemilu. Pertama, penambahan jumlah anggota DPR dan DPD sebagai konsekuensi pembentukan empat provinsi DOB di Papua.

"Kedua, soal penampilan daerah pemilihan atau dapil yang juga merupakan konsekuensi hadirnya empat provinsi baru di Papua," tandas dia.

Ketiga, jadwal penetapan daftar calon tetap (DCT) dimajukan karena masa kampanye hanya 75 hari. Dengan demikian, KPU memiliki waktu mendistribusikan logistik pemilu. Keempat, penyeragaman masa jabatan KPU daerah dan terakhir soal nomor urut agar partai peserta Pemilu 2019, nomor urutnya tetap di Pemilu 2024.

"Kalau di Undang-Undang Pemilu sekarang nomor urut partai politik peserta pemilu ditentukan melalui pengundian, maka disepakati nanti nomor urut partai peserta Pemilu 2019 tetap, dan partai baru akan diundi," ungkap dia.

Terkait waktu penerbitan Perppu Pemilu, kata dia, hal tersebut tergantung kepada pemerintah. Hal ini mengingat perppu merupakan ranah pemerintah. Namun, dia meyakini perppu tersebut bakal diterbitkan dalam waktu tidak terlalu lama lagi.

"Itu ranahnya pemerintah, presiden. Yang jelas kita berterima kasih karena dilibatkan dalam proses pembahasan isu-isu krusial dalam Perppu Pemilu," kata Rifqi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Salju, Cuaca Buruk Hambat Upaya Penyelamatan Korban Gempa Turki

Kondisi salju, hujan, dan beku menghambat operasi pencarian dan penyelamatan korban tewas akibat gempa Turki yang diperkirakan mencapai 1.800 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan!

BMKG menyampaikan bahwa gelombang tinggi hingga 6 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia pada 7-8 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Prabowo Tegaskan Pujian kepada Jokowi Bukan untuk Menjilat

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan pujiannya kepada Presiden Jokowi bukan untuk menjilat. 

NEWS | 6 Februari 2023

Update: Jumlah Korban Gempa Turki Melebihi 1.800 Orang

Lebih dari 1.800 orang telah tewas dan ribuan lainnya terluka setelah gempa dengan magnitudo 7,8 melanda kawasan Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023

Tanggapi Pernyataan Erick Thohir, KPK Cek Dana Pensiun BUMN

KPK segera melakukan pengecekan terkait pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir yang menyebut 65 persen dana pensiun BUMN terindikasi bermasalah.

NEWS | 6 Februari 2023

Campak bisa Menular dengan Cepat, Apakah Perlu Isolasi?

Agar tidak menularkan sekaligus tertular virus lain, penderita campak sebaiknya menjalani perawatan di ruang khusus atau melakukan isolasi.

NEWS | 7 Februari 2023

Jaksa Tuntut Surya Darmadi Dihukum Penjara Seumur Hidup

Jaksa menuntut agar bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng dihukum penjara seumur hidup terkait kasus korupsi dan pencucian uang. 

NEWS | 6 Februari 2023

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Nikita Mirzani Kembali Dipolisikan

Artis Nikita Mirzani resmi dilaporkan penggiat media sosial Tengku Zanza Bella ke Polda Metro Jaya pada 3 Februari 2023 lalu.

NEWS | 6 Februari 2023

Polda Metro Akui Ada Kesalahan dalam Penetapan Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya mengakui adanya kesalahan dalam penetapan tersangka Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak pensiunan polisi. 

NEWS | 6 Februari 2023

Keras, Getaran Gempa Turki Terasa hingga Greenland!

Getaran gempa berkekuatan 7,8 magnitudo di Turki, Senin (6/2/2023) dirasakan hingga Greenland, Denmark.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PTPP Gandeng 5 BUMN Bentuk Usaha Patungan Beton Pracetak

PTPP Gandeng 5 BUMN Bentuk Usaha Patungan Beton Pracetak

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE