Logo BeritaSatu

Terungkap, Perintah Ferdy Sambo agar Kasus Brigadir J Tak Dibuat Ramai

Senin, 21 November 2022 | 12:18 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Ferdy Sambo yang saat itu menjabat Kadiv Propam Polri sempat memerintahkan AKBP Ridwan Soplanit selaku Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel agar kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J tidak dibuat ramai. Sambo berdalih kasus tewasnya Brigadir J merupakan aib keluarganya, sehingga meminta isunya tidak menyebar ke berbagai pihak.

Hal itu disampaikan Ridwan saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Senin (21/11/2022). Duduk sebagai terdakwa dalam persidangan kali ini, yakni Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf.

Advertisement

Mulanya Ridwan menyampaikan, dirinya tengah berada di TKP tewasnya Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo di Jalan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Ketika Ridwan akan meninggalkan TKP, Ferdy Sambo memberi perintah agar kasus tewasnya Brigadir J tidak dibuat ramai.

"Pak FS (Ferdy Sambo) sempat sampaikan bahwa 'ini kamu untuk kejadian ini jangan ramai-ramai. Jangan dulu ngomong ke mana-mana, karena ini terkait dengan aib keluarga, masalah pelecehan istri saya.' Itu yang sempat ditekankan ke saya dengan nada yang sangat tegas Yang Mulia," ungkap Ridwan.

Majelis hakim sempat menanyakan kepada Ridwan soal yang dia mengerti dari instruksi eks Kadiv Propam Polri itu. Dia mengaku memahami perintah Sambo itu supaya kasus tewasnya Brigadir J tidak disampaikan di luar garis komando kepolisian.

Kemudian, Ridwan mengaku menghubungi jajarannya di Polres Jaksel untuk melakukan olah TKP. Ridwan ketika itu belum menghubungi Polda Metro Jaya maupun Bareskrim Polri terkait kasus tewasnya Brigadir J.

Diketahui, Bharada E, Kuat, dan Ricky didakwa melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Selain ketiganya, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi didakwa ikut terlibat dalam pembunuhan tersebut. Mereka didakwa melanggar Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kemenlu: Tidak Ada WNI Jadi Korban Bom di Masjid Pakistan

Ledakan di masjid, yang penuh dengan jemaah, itu terjadi di kawasan Police Lines dan menewaskan 100 orang, 97 di antaranya adalah polisi.

NEWS | 1 Februari 2023

Status Literasi Digital Masyarakat Indonesia Meningkat di Tahun 2022

Skor tersebut menunjukkan bahwa Literasi Digital masyarakat Indonesia berada pada kategori “sedang”.

NEWS | 1 Februari 2023

Reshuffle Rabu Pon? Jokowi Tertawa Lebar

Ditemani Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jokowi menjawab soal reshuffle sambil tertawa lebar.

NEWS | 1 Februari 2023

Cekcok dengan Istri, Seorang Ayah di Temanggung Tega Cabuli Anaknya

Polres Temanggung, Jawa Tengah mengamankan seorang ayah pelaku pencabulan. Korban adalah anak kandung pelaku dan masih di bawah umur.

NEWS | 1 Februari 2023

Sumbar Uji Coba Pembatasan BBM Subsidi dengan QR Code

Provinsi Sumatera Barat mulai menerapkan program pembelian BBM subsidi tepat untuk bahan bakar solar bersubsidi dan Pertalite. P

NEWS | 1 Februari 2023

Permukiman dan Pertanian di Embaloh Hulu Terendam Banjir Hingga 1,5 M

Permukiman penduduk dan lahan pertanian di beberapa bagian wilayah Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terendam banjir.

NEWS | 1 Februari 2023

Indeks Persepsi Korupsi Menurun, KPK Sebut Butuh Terobosan

Indonesia memperoleh skor indeks persepsi korupsi (IPK) 34 per 100 untuk tahun 2022.

NEWS | 1 Februari 2023

7 TKW Jadi Target Pembunuhan Wowon Selanjutnya

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan alias Aki menargetkan 7 TKW sebagai korban berikutnya yang akan dibunuh.

NEWS | 1 Februari 2023

Korban Bom di Masjid Pakistan Naik Jadi 100 Orang Tewas

Jumlah korban tewas akibat bom di masjid di Peshawar, barat laut Pakistan, naik menjadi sedikitnya 100.

NEWS | 1 Februari 2023

Sri Sultan HB X Akan Sambut Kedatangan Utusan Paus Fransiskus

Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menyambut hangat kunjungan utusan Paus Fransiskus, Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot MCCJ.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bisnis Kemasan Diproyeksikan Cerah, Flexypack Jajal IPO

Bisnis Kemasan Diproyeksikan Cerah, Flexypack Jajal IPO

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE