Logo BeritaSatu

Mendagri Jepang Mundur, Sebulan 3 Menteri Tinggalkan Kabinet Kishida

Senin, 21 November 2022 | 12:13 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Tokyo, Beritasatu.com - Mendagri Jepang mengundurkan diri pada Minggu (20/11/2022) sehubungan dengan skandal pendanaan, menjadi menteri ketiga yang mundur dari kabinet Kishida dalam waktu kurang dari sebulan.

Elektabilitas PM Fumio Kishida anjlok, setelah pembunuhan mantan perdana menteri Shinzo Abe pada Juli lalu, yang mengungkapkan hubungan yang dalam dan lama antara politisi Partai Liberal Demokrat yang berkuasa dan Gereja Unifikasi.

Advertisement

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Minoru Terada mengajukan pengunduran dirinya ke Kishida setelah media melaporkan bahwa perdana menteri bersiap untuk memecatnya. Kantor Kishida tidak dapat dihubungi untuk mengomentari laporan tersebut.

Terada, yang dikecam karena beberapa skandal pendanaan, mengakui bahwa salah satu kelompok pendukungnya telah menyerahkan dokumentasi pendanaan yang seolah-olah ditandatangani oleh orang yang telah meninggal.

Kishida mengatakan dia telah menerima pengunduran diri Terada untuk memprioritaskan pertemuan dengan parlemen, termasuk pembahasan anggaran tambahan kedua untuk tahun fiskal yang berakhir Maret.

Ditanya tentang fakta bahwa tiga menteri telah mengundurkan diri sejak 24 Oktober, Kishida mengatakan dia ingin meminta maaf.

"Saya merasakan tanggung jawab yang berat," katanya kepada wartawan, menambahkan bahwa dia berencana untuk secara resmi menunjuk pengganti Terada pada Senin pagi. Dia kemungkinan akan mencalonkan Takeaki Matsumoto, mantan menteri luar negeri, kata televisi publik NHK.

Setelah memimpin LDP ke kemenangan pemilu beberapa hari setelah Shinzo Abe ditembak mati saat kampanye, Kishida secara luas diperkirakan akan menikmati "tiga tahun emas" tanpa perlu pemilihan nasional hingga 2025.

Tersangka pembunuh Abe mengatakan, ibunya bangkrut oleh Gereja Unifikasi dan menyalahkan Abe karena mempromosikannya. LDP telah mengakui banyak anggota parlemen memiliki ikatan dengan gereja tetapi tidak ada hubungan organisasional dengan partai tersebut .

Sebagian besar pemilih juga tidak menyetujui keputusan Kishida untuk mengadakan pemakaman kenegaraan untuk Abe, yang berlangsung pada akhir September.

Menteri revitalisasi ekonomi Daishiro Yamagiwa mengundurkan diri pada 24 Oktober karena hubungannya dengan kelompok agama, dan Kishida mendapat kecaman atas apa yang dilihat para pemilih sebagai penanganan situasi yang tertunda dan canggung.

Kemudian, menteri kehakiman Yasuhiro Hanashi pada pertengahan November juga mundur karena komentar yang dianggap meremehkan tanggung jawab pekerjaannya, khususnya penandatanganan eksekusi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Singapura Buka Penuh Perbatasan Senin Depan, Tak Perlu Tunjukkan Tes Covid-19

Singapura akan membuka secara penuh perbatasannya mulai Senin depan pada 13 Februari, ketika negara itu menurunkan peringatan penyakitnya ke level terendah.

NEWS | 9 Februari 2023

Inspiratif, Anggota Bhabinkamtibmas di Depok Jajakan Kopi Gratis Sambil Berkeliling

Aipda Mohadi menyambangi warganya satu persatu sambil membuatkan kopi panas dari motornya yang sudah dimodifikasi.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Jokowi: Pemberitaan yang Bertanggungjawab Jadi Tantangan Insan Pers

Jokowi menyebut tantangan utama insan pers saat ini adalah membuat pemberitaan bertanggung jawab.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Ibunda: Hasya Seharusnya Berlaga di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup IV 2022

Mahasiswa UI Muhammad Hasya Atallah Saputra, menurut ibundanya, seharusnya tampil di Kejurnas Taekwondo Kapolri Cup IV 2022, November tahun lalu.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

KPK: Kabar Soal Harta Firli Bahuri di Swiss Disita Hoax

KPK memastikan kabar yang menyebutkan harta Ketua KPK Firli Bahuri di Swiss disita, adalah hoax atau bohong.

NEWS | 9 Februari 2023

Putusan Sela, Hakim Teruskan Sidang Kasus Narkoba Teddy Minahasa

Majelis hakim menolak eksepsi kuasa hukum dari terdakwa kasus narkoba Irjen Pol Teddy Minahasa, dan memutuskan untuk tetap mereuskan perkara.

NEWS | 9 Februari 2023

Terlibat Jaringan JI, Seorang Pria di Lampung Ditangkap Densus 88

Pria berinisial JD, terduga teroris ditangkap Densus 88 Anti Teror karena diduga terlibat jaringan Jemaah Islamiyah (JI)

NEWS | 9 Februari 2023

Jokowi Sebut Sistem AI dan Algoritma Dorong Konten Recehan dan Korbankan Jurnalisme

Presiden Jokowi mengatakan sistem IA dan algoritma mendorong konten-konten recehan, sensasional lebih banyak muncul, mengorbankan visi jurnalisme

NASIONAL | 9 Februari 2023

Ibunda Hasya Tolak Damai dengan AKBP Purn Eko

Keluarga Hasya Atallah Saputra lega karena status tersangka Hasya telah dicabut. Namun, ibunda Hasya menolak damai dengan AKBP (Purn) Eko Setio.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

Produk Korea Mi Instan Ramyun Black Tofu Kimchi Ditarik di Taiwan dan Thailand

Nongshim menghadapi pengawasan dari kelompok konsumen di Korea menyusul penarikan kembali mi instan Shin Ramyun Black Tofu Kimchi di Taiwan dan Thailand.

INTERNASIONAL | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
30% dari 57 Juta Pelaku Mikro Ditargetkan Raih Akses Perbankan

30% dari 57 Juta Pelaku Mikro Ditargetkan Raih Akses Perbankan

EKONOMI | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE