Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Pemilu 2024, Cak Imin Optimistis PKB Raih 100 Kursi DPR

Senin, 21 November 2022 | 13:00 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di acara peluncuran lembaga saksi pemenangan nasional DPP PKB di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin, 21 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan partainya menargetkan meraih 100 kursi di parlemen pada Pemilu 2024. Cak Imin optimistis PKB bisa meraih target tersebut.

"Pileg kita menargetkan dari daerah pemilihan yang kosong, kita optimis 100 kursi," ujar Cak Imin di acara peluncuran lembaga saksi pemenangan nasional DPP PKB di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Pada Pemilu 2019, PKB meraih sebanyak 58 kursi di DPR dengan perolehan suara 13.570.970 atau 9,69 persen. Terdapat 33 dapil yang belum diisi pada pesta demokrasi lima tahun lalu.

"Itu mengisi 33 dapil kosong yang sedang kita kerjakan. Kita optimis kita bisa mengisi," tegasnya.

Cak Imin pun menilai peran saksi penting dalam mengawal suara PKB pada Pemilu 2024. Menurutnya, satu suara bagi PKB sangat penting untuk dikawal, karena merupakan amanah rakyat.

"Lembaga saksi pemenangan nasional, lembaga yang sangat strategis untuk mengawal perolehan suara di setiap Pemilu, baik pileg maupun pilpres yang diakhiri dengan pilkada," ungkap Cak Imin.

Lebih lanjut, Cak Imin menegaskan pihaknya akan menurunkan saksi pada setiap TPS, terutama pada level kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi. Menurutnya, TPS merupakan ujung tombak pemenangan partai.

"Level TPS ini jadi ujung tombak, mengawal agar penghitungan di paling ujung setelah pemungutan suara benar-benar terjaga dan aman, kita menginginkan Pemilu tahun 1999 terulang dengan baik, dimana seluruh pihak menjadi pengawas dan menjadi saksi dari transparansi pelaksanaan pemilu," jelas Cak Imin.

PKB, tutur Cak Imin, mempunyai kewajiban menjaga transparansi, kebebasan, kejujuran, dan keterbukaan dalam pelaksanaan Pemilu. Apalagi, saat ini tersisa waktu 13 bulan untuk mempersiapkan partai menghadapi Pemilu 2024.

"Kita akan terus melatih menyiapkan seluruh personel yang bekerja efektif di dalam menjalankan tugas, mengawal, menyaksikan, menghitung, dan merekap sampai di tingkat nasional," kata Cak Imin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI