Logo BeritaSatu

Purnawirawan TNI AD Serahkan 141.000 Bibit Tanaman untuk IKN

Senin, 21 November 2022 | 14:58 WIB
Oleh : Rino Fajar Setiawan / FER

Bekasi, Beritasatu.com - Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) memberikan 141.000 bibit tanaman keras untuk Ibu Kota Negara (IKN). Penyerahan 65 jenis tanaman itu diberikan oleh PPAD melalui Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) di Kebun Bibit Cibubur, Jalan Kalimanggis, Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Ketua Umum PPAD, Letjen TNI (Purn) Doni Monardo dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Advertisement

Menurut Basuki, pemberian tanaman-tanaman ini mendukung penghijauan di IKN. Di mana dalam desain IKN, terdapat 70 persen akan dibuat ruang terbuka hijau (RTH) dan biru atau adanya 19 embung di sekitar kawasan tersebut.

Basuki menjelaskan, ratusan ribu tanaman dari 65 jenis itu juga akan ditempatkan pada badan jalan tol yang dibangun di IKN. Selain itu, dalam penanaman pohon tersebut akan melibatkan para ahli agar dapat tumbuh di wilayah yang berada di garis khatulistiwa.

"Dan ini pohonnya sudah tinggi-tingginya umurnya sudah 5-8 tahun saya kira ini adalah salah satu sumbangan yang sangat luar biasa. Ini sudah disiapkan tinggal di bawa mungkin agar tanamannya tidak stres seperti olahragawan pohon juga harus ada pengenalan suhu karena di sana benar-benar di garis khatulistiwa," kata Basuki.

Purnawirawan TNI AD Serahkan 141.000 Bibit Tanaman untuk IKN
Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) memberikan 141 ribu bibit tanaman keras untuk Ibu Kota Negara (IKN). Penyerahan 65 jenis tanaman itu diberikan oleh PPAD melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kebun Bibit Cibubur, Jalan Kalimanggis, Kelurahan Jatikarya, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin, 21 November 2022.

"Saya kira bukan luasnya tapi kita akan membangun jalan tol itu pasti kita akan tananam menurut saya pohon flamboyan, dan mungkin nanti pohon damar, supaya tematik. Kalau kapannya dipindahkan itu akan kami lihat dulu kalau jalan tol sudah terbentuk badan jalan baru akan kita tanam, sekitar bulan Januari atau Februari 2023," lanjutnya.

Sementara Doni Monardo mengatakan, pemberian tanaman ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat kepada pemerintah yang tengah mempersiapkan IKN. Tidak hanya dari wilayah Cibubur, kata Doni, bibit tanaman yang telah siap dipindahkan ke IKN akan diambil dari beberapa titik lainnya seperti Bandung, Tigaraksa Banten, dan para petani binaan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Pohon-pohon ini akan segera disiapkan untuk dipindahkan dan tentunya ini semua perlu proses karena pohonnya akarnya sebagian sudah masuk ke tanah sehingga dibutuhkan tenaga-tenaga yang terampil dan juga punya hati. Karena memindahkan pohon ini gak bisa memindahkan seperti barang mati, jadi begitu mendapatkan perlakuan yang tidak tepat bisa mati seketika. Insya allah pohonnya sudah siap tanam karena pohonnya sudah diatas tiga meter," kata Mantan Kepala BNPB itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Isu Reshuffle, Surya Paloh Temui Airlangga di DPP Golkar Siang Ini

Di tengah isu reshuffle, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengunjungi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hari ini, Rabu (1/2/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Isu Reshuffle Hari Ini, Gerindra Sebut Prabowo ke Istana 3 Kali Seminggu

Di tengah isu reshuffle, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga saat menjabat menteri pertahanan kerap ke Istana belakangan ini.

NEWS | 1 Februari 2023

Saat Wowon Serial Killer Peragakan Sosok Aki Banyu Tipu TKW

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan mengubah karakternya menjadi sosok fiktif bernama Aki Banyu untuk menipu TKW.

NEWS | 1 Februari 2023

Kasus Kanjuruhan, Jaksa Putar CCTV Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Tribun Penonton

Bukti rekaman cctv ini dengan tujuan ingin membuktikan sesuai dakwaan yang telah disusunnya bahwa memang ada tembakan ke arah tribun penonton.

NEWS | 1 Februari 2023

Eksklusif! Presiden Jokowi Sebut Pertimbangan Politis dalam Reshuffle

Tidak seperti biasanya, Presiden Jokowi menyebut ada pertimbangan politis dalam reshuffle selain performa kementerian.

NEWS | 1 Februari 2023

Top 5 News: Menteri Nasdem Tak Hadir Ratas hingga Serial Killer Wowon Terungkap

Dua menteri dari Nasdem tidak menghadiri ratas dan terbongkarnya pembunuhan berantai Wowon Cs merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 1 Februari 2023

Kabar Reshuffle, Ada Agenda Internal Jokowi Hari ini

Kabar perombakan atau reshuffle kabinet pada hari ini Rabu pon (1/2/2023) makin berhembus kencang.

NEWS | 1 Februari 2023

Putusan MK soal Pernikahan Beda Agama, Menko PMK: Agar Terang Benderang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berharap putusan MK soal pernikahan beda agama jadi yang terbaik.

NEWS | 1 Februari 2023

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mahfud MD Percaya Hakim Berikan Vonis yang Adil dalam Kasus Ferdy Sambo

Mahfud MD Percaya Hakim Berikan Vonis yang Adil dalam Kasus Ferdy Sambo

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE