Logo BeritaSatu

Kirab Obor Pospenas Singgah di Ponpes Girikesumo Mranggen

Selasa, 22 November 2022 | 09:44 WIB
Oleh : JNS

Demak, Beritasatu.com - Rombongan Kirab Obor Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX Tahun 2022, singgah di Pondok Pesantren Girikesumo Mranggen, Kabupaten Demak, Senin (21/11/2022).

Tiba di halaman Masjid Ageng Girikesumo, obor Pospenas kemudian diterima Bupati Demak Eisti'ana didampingi Pengasuh Ponpes Girikusumo KH Munif Zuhri dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen.

Advertisement

Obor Pospenas yang ambil dari sumber Api Abadi Mrapen Grobogan itu, kemudian disematkan di panggung oleh Bupati Demak. Setelah mendapat pengarahan dan doa restu dari KH Munif Zuhri, selanjutnya Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen menyerahkan kembali obor Pospenas kepada santri untuk melanjutkan kirab menuju Ponpes Al Mas'udiyah Bandungan, Kabupaten Semarang dan berakhir di Stadion Manahan Surakarta.

Wagub Taj Yasin mengatakan, kedatangan Kirab Obor dan Pawai Santri Nusantara yang merupakan rangkaian Kirab Obor Pospenas IX di Ponpes Girikesumo adalah sangat tepat. Selain silaturahmi sekaligus meminta doa restu dari kiai supaya kegiatan berjalan lancar, para peserta akan mendapat pengarahan dan pemahaman tentang pentingnya menjaga sportivitas, kreasi, inovasi, seni, budaya, dan sebagainya.

"Dan sudah tepat apabila pekan olahraga dan seni yang berbasis ponpes tingkat nasional sowan dan dimintakan doa kepada beliau (KH Munif). Beliau berpesan sportivitas, apalagi ini pekan olahraga yang berbasis ponpes yang sejak awal sebelum mengikuti Pospenas sudah diajarkan nilai-nilai sportivitas, bahkan nilai-nilai itu sering dijalankan setiap hari," terangnya.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Girikesumo KH Munif Zuhri mengatakan dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat. Karena justru dengan jiwa yang kuat akan menciptakan tubuh yang sehat. Jiwa yang kuat adalah jiwa yang sanggup mengatasi segala permasalahan hidup dengan penuh kesabaran dan insan yang selalu dilandasi dengan syukur atas apa yang berikan Allah.

Menurutnya, orang yang hatinya bersih akan menumbuhkan pemikiran yang bersih.dan menghasilkan energi positif, kemudian budi luhur tumbuh, kreativitas, serta inovatif berkembang hingga melahirkan putra-putri yang baik di tengah kehidupan sosial, sehingga jiwa generasi muda Indonesia kuat dan sehat.

"Maka dari itulah saya berkeyakinan, bahwa peserta Pospenas memiliki jiwa yang besar mengingat para peserta adalah santri-santri, olahragawan, dan seniman yang dididik dalam lingkup pesantren dan menjunjung tinggi nilai moral serta mengutamakan jiwa bersih, sehat, kuat, dan mulia," katanya.

KH Munif berpesan agar semua peserta Pospenas menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, berlomba dalam ketangkasan, berani, dan dengan jatidiri santri. Selain itu juga mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam karya seni yang bertanggungjawab.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PPP Minta Pemerintah Hati-hati soal Polemik Biaya Haji

Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani meminta pemerintah untuk melakukan kajian mendalam mengenai usulan kenaikan biaya haji.

NEWS | 5 Februari 2023

Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap di 2022 Capai 94,3 Persen

Gunardi mengungkapkan, terdapat 13 provinsi yang memiliki cakupan imunisasi dasar di atas angka nasional.

NEWS | 5 Februari 2023

Penjelajah Antariksa NASA Tangkap Gambar Beruang di Permukaan Mars

Para ilmuwan NASA telah menemukan penemuan tak terduga di permukaan planet Mars, sebuah formasi yang membentukan gambar menyerupai wajah beruang.

NEWS | 5 Februari 2023

Anggota DPR Sarankan AKBP (Purn) Eko Minta Maaf ke Keluarga Hasya UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menyarankan agar AKBP (Purn) Eko Setia Budi meminta maaf ke keluarga mendiang Muhammad Hasya Athallah.

NEWS | 5 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Ungkap Warga Manggarai Risih Dicap Kampung Tawuran

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengungkapkan warga Manggarai sudah risih wilayahnya dicap sebagai kampung tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Seluruh Kecamatan di Jaksel Rawan Tawuran, Ini Daftarnya

Polda Metro Jaya membeberkan 10 kecamatan di Jakarta Selatan rawan tawuran. Terdapat 14 titik di 10 kecamatan itu yang kerap menjadi lokasi tawuran. 

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Suami Kapak Istri di Tangerang, Ayah Bantah Nani Selingkuh

Terkait kasus suami kapak istri di Tangerang, Naning Hermawan, ayah korban Nani Hermawan membantah anaknya selingkuh. 

NEWS | 5 Februari 2023

DPR Desak Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Hasya Mahasiswa UI

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani mendesak Polda Metro Jaya mencabut status tersangka Hasya Athallah Saputra yang tewas ditabrak AKBP (Purn) Eko Setia Budi.

NEWS | 5 Februari 2023

Begini Rekayasa Lalin Saat Resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo

Polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Delta Sidoarjo saat puncak peringatan harlah 1 abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 5 Februari 2023

Resepsi 1 Abad NU, Pemkab Sidoarjo Siapkan 1.278 Toilet

Pemkab Sidoarjo melakukan sejumlah persiapan menjelang resepsi puncak peringatan Harlah 1 Abad NU atau Nahdlatul Ulama di Stadion Delta Sidoarjo. 

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Heru Budi Sebut Stunting Bisa Jadi Penyebab Awal Tawuran

Heru Budi Sebut Stunting Bisa Jadi Penyebab Awal Tawuran

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE