Logo BeritaSatu

Korban Tewas Gempa Cianjur: Ridwan Kamil Sebut 162, BNPB Masih 62

Selasa, 22 November 2022 | 09:58 WIB
Oleh : Dwi Argo Santosa / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa berdasarkan data terakhir hingga Selasa (22/11/2022), jumlah korban meninggal gempa Cianjur mencapai 62 jiwa, 92 orang luka-luka. Sebelumnya diberitakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan jumlah korban yang tewas akibat gempa Cianjur sebanyak 162 orang.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, melalui keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com menyebutkan, penanganan bencana pascagempa M5.6 di Kabupaten Cianjur masih terus dilakukan tim gabungan, sejak terjadinya gempa pada Senin (21/11) kemarin yang berpusat di 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Advertisement

Pemerintah Kabupaten Cianjur mengeluarkan Surat Keputusan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur selama 30 hari dimulai tanggal 21 November 2022 hingga 20 Desember 2022 yang ditandatangani langsung oleh Bupati Cianjur Herman Suherman.

Pemutakhiran data sementara yang berhasil dihimpun, untuk wilayah Kabupaten Cianjur, korban meninggal dunia 62 jiwa, 92 orang luka-luka dan 5.405 warga mengungsi ke beberapa titik. Kerugian infrastruktur 3.257 unit rumah mengalami kerusakan.

Untuk wilayah Kabupaten Bandung satu orang mengalami luka sedang dan satu kepala keluarga atau lima jiwa terdampak. Kabupaten Sukabumi sebanyak 641 kepala keluarga terdampak, delapan di antaranya mengungsi, tercatat satu orang luka berat dan sembilan orang luka ringan. Dilaporlan 641 unit rumah mengalami kerusakan.

Sementara itu Kabupaten Bogor dilaporkan sebanyak 19 KK atau 78 jiwa terdampak, empat di antaranya mengungsi dan dua orang alami luka ringan. Lima belas unit rumah mengalami rusak ringan dan lima unit rumah mengalami rusak sedang.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Menko PMK Muhadjir Effendy bersama jajaran, Selasa pagi ini bertolak ke Kabupaten Cianjur guna melakukan peninjauan lapangan ke lokasi terdampak.

Korban Tewas Gempa Cianjur: Ridwan Kamil Sebut 162, BNPB Masih 62
Kondisi korban gempa Cianjur yang dirawat di RSUD Sayang Cianjur, Selasa, 21 November 2022.

Sementara itu seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil memastikan jumlah korban yang tewas akibat gempa Cianjur sebanyak 162 orang. Mayoritas korban adalah anak-anak, karena saat gempa Cianjur terjadi banyak anak yang masih berada di sekolah atau pesantren.

“Sebanyak 162 meninggal dunia dan 326 orang luka-luka. Mayoritas karena patah tulang dan tertimpa benda tajam,” ujar Ridwan Kamil dalam jumpa pers Senin (21/11/2022) malam.

Ridwan Kamil mengatakan, jumlah warga yang mengungsi saat ini lebih dari 13.000 orang. Sementara, bangunan yang rusak parah, antara 60-100 persen, sebanyak 2.345 unit.

“Skala gempa sedang, tetapi daya rusak yang besar. Ada sekitar tiga lokasi jalan nasional yang terisolasi, tetapi dari laporan sudah normal. Juga ada beberapa jalan kabupaten yang masih terisolasi,” ujar Ridwan Kamil.

Korban Tewas Gempa Cianjur: Ridwan Kamil Sebut 162, BNPB Masih 62
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (kanan) bersama dengan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menuju lokasi terdampak gempa Cianjur menggunakan helikopter.

Dia juga mengatakan, mayoritas korban yang meninggal dunia akibat gempa Cianjur adalah anak-anak. Hal itu terjadi karena saat gempa terjadi sekitar pukul 13.21 WIB, anak-anak itu sedang berada di sekolah atau pesantren.

Untuk menangani para korban, Pemprov Jabar telah menyiapkan tiga rumah sakit, yakni RSUD Sayang, RS Cimacan, dan RS Polri Bhayangkara. Selain itu, beberapa rumah sakit yang ada di luar Kabupaten Cianjur juga telah disiagakan.





Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tak Hanya Anak Muda, Penggemar Westlife dari Segala Usia

Westlife konser di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (9/2/2023). Tampak pengunjung yang datang dari beragam usia. Tidak saja muda, tetapi juga segala usia.

LIFESTYLE | 9 Februari 2023

KPK Bantah Kabar Lukas Enembe Telah Meninggal Dunia

KPK menegaskan bahwa kabar Lukas Enembe telah meninggal dunia adalah salah serta memastikan bahwa tersangka suap dan gratifikasi itu masih hidup.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Penegakan Hukum, KPK Sebut RUU Perampasan Aset Sangat Bagus

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai RUU Perampasan Aset sangat bagus dalam upaya penegakan hukum.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Firli Akui KPK Hadapi Kendala Besar dalam Menangani Kasus Lukas Enembe

Ketua KPK Firli Bahuri mengakui KPK menghadapi kendala besar dalam menangani kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe.

NEWS | 9 Februari 2023

Novel Baswedan Yakin Harun Masiku Tak Akan Ditangkap, KPK: Jangan Berprasangka

KPK meminta publik, termasuk Novel Baswedan tidak berprasangka negatif soal perkembangan pengejaran terhadap Harun Masiku dan buronan lainnya. 

NASIONAL | 9 Februari 2023

Pakar Sebut Hal Ini Jadi Pemicu Kasus Gangguan Ginjal Anak

Kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) pada anak kembali muncul karena belum tuntas penyelidikan dan evaluasi pada kasus GGAPA.

NASIONAL | 9 Februari 2023

TNI Belum Dapat Pastikan Keberadaan Pilot Susi Air

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sampaikan saat ini pasukan TNI masih terus mencari keberadaan pilot Susi Air Kapten Philips Marthen.

NASIONAL | 9 Februari 2023

KPK Benarkan Napi Kasus Korupsi Tanah Munjul Anja Runtuwene Meninggal

KPK membenarkan Wakil Direktur PT Adonara Propertindo Anja Runtuwene meninggal dunia. Anja merupakan terpidana kasus korupsi tanah Munjul. 

NASIONAL | 9 Februari 2023

Hasil PLN Mobile Proliga: Gagal di Kandang, Petrokimia Menang di Malang

Gresik Petrokimia menang di Malang dalam lanjutan kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023, Kamis (9/2/2023). Sebelumnya, saat di kandang mereka kalah.

SPORT | 9 Februari 2023

Polisi Tahan Perawat yang Gunting Jari Bayi di Palembang

Perawat RS Muhammadiyah Palembang yang menggunting jari bayi berusia 7 bulan ditahan polisi untuk 20 hari ke depan. 

NUSANTARA | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Sugeng Guruh Gautama


# Disney PHK Karyawan


# Gempa Turki


# Ferdy Sambo


# Capres PDIP


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Bantah Kabar Lukas Enembe Telah Meninggal Dunia

KPK Bantah Kabar Lukas Enembe Telah Meninggal Dunia

NASIONAL | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE