Logo BeritaSatu

Bongkar Suap Lukas Enembe, KPK Usut Penggunaan Pesawat Pribadi

Selasa, 22 November 2022 | 15:40 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut soal penggunaan private jet atau pesawat pribadi oleh Gubernur Papua Lukas Enembe. Pengusutan kali ini dalam rangka penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi dalam proyek infrastruktur di Papua yang menjerat Lukas Enembe sebagai tersangka.

Penggunaan pesawat pribadi oleh Lukas didalami melalui pemeriksaan Presiden Direktur PT Rio De Gabriello/Round De Globe, Gibbrael Issak sebagai saksi. Dia diperiksa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Advertisement

“Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan penyewaan dan penggunaan private jet oleh tersangka LE (Lukas Enembe),” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Selain itu, KPK juga sempat memeriksa Pokja Proyek Entrop Hamadi, Doren Wakerwa sebagai saksi. Dia diperiksa terkait adanya dugaan pertemuan antara Lukas dengan sejumlah kontraktor.

“Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan fasilitasi pertemuan antara tersangka LE dengan beberapa kontraktor yang mengerjakan proyek di Pemprov Papua,” ujar Ali.

Diketahui, KPK sempat menelusuri perjalanan Lukas Enembe ke banyak tempat menggunakan pesawat pribadi. Hal itu ditelusuri melalui pemeriksaan pilot pesawat RDG Airlines, Sri Mulyanto sebagai saksi, Selasa (4/10/2022).

“Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan penggunaan private jet oleh tersangka LE (Lukas Enembe) ke berbagai tempat,” kata Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

Sebelumnya, KPK menelusuri penyewaan private jet oleh Lukas dan keluarga. Hal itu ditelusuri melalui pemeriksaan Direktur Asia Cargo Airline Revy Dian Permata Sari sebagai saksi di Kantor KPK RI, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

“Saksi hadir didalami pengetahuan saksi di antaranya soal adanya beberapa kali sewa private jet yang dilakukan oleh LE (Lukas Enembe) dan keluarga,” ujar Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (28/9/2022).

KPK membenarkan Gubernur Papua Lukas Enembe berstatus sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. Dia menjadi tersangka berdasarkan aduan dari masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gunung Semeru Masih Siaga, Warga di Zona Merah Diminta Selalu Update Informasi

Warga yang beraktivitas di zona merah diminta selalu update informasi kondisi Gunung Semeru yang teramati mengalami peningkatan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Penghulu Dilibatkan Tekan Angka Stunting di Kabupaten Sigi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, melibatkan peran penghulu  dalam upaya menekan angka stunting.

NEWS | 29 Januari 2023

Jokowi Yakin Peran Penting ASEAN dalam Menghadapi Krisis Global

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, ASEAN masih penting dan relevan bagi masyarakat dan dunia terutama dalam menghadapi krisis global. 

NEWS | 29 Januari 2023

Cuaca Hari Ini 29 Januari 2023 di Jabodetabek: Bogor, Depok, dan Bekasi Hujan sejak Pagi hingga Malam

Cuaca hari ini di Bogor, Depok, dan Bekasi, akan dilanda hujan dengan intensitas ringan sepanjang hari sejak pagi hingga malam.

NEWS | 29 Januari 2023

Meresahkan Dosen, AI ChatGPT Lulus Ujian di Universitas AS

Kecerdasan buatan (artificial intelligence) ChatGPT ternyata mampu lulus ujian sarjana di universitas terkenal di AS.

NEWS | 29 Januari 2023

2 Hari Hilang, 6 Pendaki Gunung Lemongan Akhirnya Ditemukan

Usai dua hari menghilang lantaran tersesat, enam mahasiswa pendaki Gunung Lemongan di Jawa Timur akhirnya bisa ditemukan pada Sabtu siang (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Hadiri Harlah Ke-50 PPP, Erick Thohir Disambut Meriah

Kedatangan Erick Thohir di peringatan harlah ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Cilegon, Banten, Sabtu (28/1/2023) disambut hangat.

NEWS | 29 Januari 2023

Kebakaran Swalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

Sebuah bangunan swalayan di Jalan Sumber Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ludes dilahap api, Sabtu malam (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Top 5 News: Penipuan Undangan Digital hingga Mahasiswa UI Ditabrak

Penipuan undangan pernikahan digital di Whatsapp bisa menguras rekening korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Liga Premier Singapura Gunakan Teknologi VAR untuk Pertama Kalinya

Wasit di Liga Premier Singapura (SPL) akan mendapat bantuan ekstra di musim mendatang, dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gunung Semeru Masih Siaga, Warga di Zona Merah Diminta Selalu Update Informasi

Gunung Semeru Masih Siaga, Warga di Zona Merah Diminta Selalu Update Informasi

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE