Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Kemenkominfo Kirim 18 Pemenang IdenTIK ke Ajang AICTA 2023

Selasa, 22 November 2022 | 16:17 WIB
Oleh : Emanuel Kure / FER
Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto.

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan penghargaan kepada karya terpilih kompetisi Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK). Sebanyak 18 karya terpilih dari enam kategori berkesempatan mengikuti kompetisi Asean ICT Awards (AICTA) 2023.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, mengatakan, program Indonesia Enterpreneur TIK merupakan ajang untuk mengidentifikasi karya TIK anak bangsa yang kreatif.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh dewan juri yang dipimpin Profesor Eko Budiardjo,” kata Bonifasius Wahyu Pudjianto, di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Menurut Bonifasius, Indonesia memiliki ekosistem perusahaan rintisan atau startup untuk menciptakan solusi dari berbagai permasalahan bangsa.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya karya TIK yang bermunculan dan sukses mendapatkan pembiayaan dari investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

“IdenTIK diharapkan dapat membentuk karya TIK yang mampu memberikan solusi sekaligus mendorong sektor ekonomi digital Indonesia agar berdaya saing di tingkat regional ASEAN maupun global,” ungkap Bonafisius.

Menurut Bonafisius, digitalisasi telah menjadi denyut nadi untuk menjadi pendorong dari segi ekonomi, sosial dan budaya di hampir semua negara, baik itu lingkup regional, ASEAN hingga pasifik dan global. Sejauh ini, digitalisasi mengubah kehidupan masyarakat sehari-hari dari cara berkomunikasi hingga gaya hidup.

"Saya ucapkan selamat kepada para pemenang karya terpilih IdenTIK 2022. Diharapkan dapat terus berinovasi menciptakan dan mengembangkan karya khususnya di bidang pemanfaatan teknologi. Dengan teknologi yang mumpuni kita merdeka dalam berkarya. Dengan kolaborasi kita ciptakan inovasi. Selamat mengikuti kegiatan hari ini,” tambah Bonifasius.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri IdenTIK 2022, Eko K Budiardjo menerangkan, saat ini Indonesia tengah memasuki revolusi industri 4.0 yang juga berdampak pada peningkatan volume ekonomi digital. Karena itu, talenta digital perlu menghasilkan karya-karya yang unggul.

"Menghasilkan karya yang baik harus ada bukti, ada lawannya, ada sparring-nya untuk dikatakan hebat. Untuk itu kompetisi ini tagline kita adalah Road to Asia. Ternyata kita tidak sekadar mampu menjelaskan memastikan tapi kita juga mampu meyakinkan dewan juri selanjutnya dari program IdenTIK. Ini merupakan peluang yang besar sekali. Pertanyaannya adalah, mampukah kita menggarap peluang yang ada ini sebagai karya anak bangsa yang gemilang,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI