Logo BeritaSatu

PKB Terjunkan Tim Khusus Bantu Korban Gempa Cianjur

Rabu, 23 November 2022 | 09:46 WIB
Oleh : CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin membentuk dan mengirimkan tim khusus untuk melakukan aksi tanggap bencana gempa Cianjur sekaligus membantu para korban. Tim khusus itu di bawah kepemimpinan Ketua Fraksi PKB DPR, Cucun Ahmad Syamsurijal.

“Kami berangkat ke lokasi gempa di Cianjur untuk menyampaikan duka mendalam dari Gus Muhaimin atas bencana yang dirasakan saudara-saudara kami di Cianjur. Kami menyiapkan beberapa kebutuhan untuk situasi tanggap bencana,” kata Cucun di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Advertisement

Cucun mengatakan gempa Cianjur sangat menyesakkan karena menyebabkan 268 korban meninggal yang mayoritas adalah anak-anak.

“Tentu ini menjadi keprihatinan kita bersama. Maka sebisa mungkin kita lakukan upaya membantu untuk meringankan beban psikologis para korban,” ujarnya.

Dia mengungkapkan setelah kejadian Gempa Cianjur, Muhaimin langsung mengumpulkan jajaran pengurus DPP PKB. Menurutnya, saat itu para pengurus DPP PKB sebagian besar berkumpul karena baru saja menghadiri “launching” pembentukan lembaga saksi PKB dalam Pemilu 2024.

“Saat itu juga Gus Muhaimin memimpin doa khusus dan menginstruksikan membentuk tim peduli gempa Cianjur untuk mengonsolidasikan bantuan dari kader baik yang di legislatif maupun eksekutif,” katanya.

Untuk bantuan tahap pertama terkumpul 1.500 paket sembako, tim tenaga medis, ratusan paket obat-obatan dan uang tunai Rp100 juta. DPP PKB juga menginstruksikan pembentukan Posko Bencana di beberapa titik di Cianjur dan sekitarnya.

“Bantuan ini akan disalurkan melalui DPC PKB Cianjur dan Relawan Gus Muhaimin yang akan turun membantu dari proses tanggap bencana hingga proses rehabilitasi nanti,” ujarnya.

Cucun meminta agar semua pihak waspada terhadap potensi terjadinya bencana di berbagai wilayah di Indonesia. Menurut dia, sesuai dengan prediksi BMKG, potensi bencana di akhir tahun cukup tinggi seperti hidrometrologi maupun bencana lain.

“Kita harus meningkatkan kewaspadaan di akhir dan di awal tahun karena biasanya potensi bencana di waktu-waktu itu cukup tinggi terjadi,” katanya.

Dia berharap pemerintah dan para pemangku kepentingan waspada terhadap potensi bencana tersebut.

Cucun memimpin rombongan tim dengan didampingi Wakil Ketua Komisi VII DPR Marwan Dasopang, anggota Komisi VIII Maman Imanul Haq, Lukman Hakim, Nurhuda Yusro, dan anggota Fraksi PKB DPR asal Cianjur Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz. Selain itu Ketua DKN Garda Bangsa Tomy Kurniawan, Bendahara DKN Garda Bangsa Rano Alfath.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Korban Gempa Turki Lebih dari 3.800 hingga OJK Bakal Pangkas 600 BPR

Korban meninggal akibat gempa Turki lebih dari 3.800 orang menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Selasa (7/2/2023).

NEWS | 8 Februari 2023

BSKDN Bakal Bahas Aspirasi Publik Soal Pemerintahan Desa

BSKDN Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal menggelar lokakarya untuk membahas aspirasi publik soal pemerintahan desa.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Muncul ke Publik Setelah 36 Hari, Kim Jong-un Minta Korut Bersiap Perang

Pemimpin Korut (Korea Utara) Kim Jong-un muncul di hadapan publik setelah tak terlihat di depan umum, yang menimbulkan spekulasi tentang kesehatannya.

NEWS | 8 Februari 2023

Gagal Ginjal Akut Kembali Terdeteksi, IDI: Monitoring Pemakaian Obat Harus Diperketat

Ketua Umum IDI mengatakan, kesadaran atas efek samping obat sirup merupakan hal yang penting untuk di monitor guna mencegah kasus gagal ginjal akut.

NASIONAL | 8 Februari 2023

MRCCC Siloam Minimalisasi Kesenjangan Perawatan Pasien Kanker

MRCCC Siloam Semanggi meminimalisasi kesenjangan perawatan pasien kanker serta menekankan kesetaraan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis.

NASIONAL | 7 Februari 2023

510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan

Tim kesehatan Puskesmas Wagir mendapat laporan banyak mahasiswa yang mengalami diare saat berada di lokasi perkemahan.

NEWS | 7 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Pelabuhan Iskenderun Turki Terbakar Pascagempa, Operasional Dihentikan

Puluhan kontainer kargo terbakar sejak Senin (6/2/2023) petang hingga Selasa (7/2/2023) di kota pelabuhan Iskenderun yang dilanda gempa dahsyat.

NEWS | 8 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Bareskrim Kirim Sampel ke BPOM

Bareskrim Polri mengirimkan sampel ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dua kasus baru gagal ginjal akut yang ditemukan di DKI Jakarta.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Ibunya Tewas, Bayi Baru Lahir Selamat dari Puing-puing Gempa Dahsyat

Keajaiban setelah bayi baru lahir ditemukan dalam kondisi selamat dari puing-puing akibat gempa dahsyat di sebuah rumah di Suriah utara.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Artis Pendatang Baru, Lee Ha Eum Gabung Starhaus Entertainment

Artis Pendatang Baru, Lee Ha Eum Gabung Starhaus Entertainment

LIFESTYLE | 34 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE