Logo BeritaSatu

Bareskrim Musnahkan Barang Bukti Sabu-sabu Rp 400 Miliar

Rabu, 23 November 2022 | 10:35 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri memusnahkan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 269,7 kg di Gedung Bareskrim Polri, Selasa (22/11/2022). Bila dirupiahkan, barang haram tersebut bernilai sekitar Rp 400 miliar dengan asumsi harga sabu, Rp 1,5 juta per gram.

Menurut Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Krisno Halomoan Siregar, total jiwa yang dapat diselamatkan sebanyak 1.078.828 jiwa.

Advertisement

Barang bukti sabu tersebut disita dari tujuh orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dan juga hasil dari kerja sama dengan Bea dan Cukai.

"Ada tujuh orang tersangka dengan total barang bukti yang didapat jenis sabu," kata Krisno Halomoan Siregar di Gedung Bareskrim Polri, Selasa (22/11/2022).

Barang bukti dan tujuh tersangka itu terdiri dari empat kasus. Dua di antaranya merupakan hasil tangkapan bersama Bea dan Cukai.

Kasus pertama pada 14 September 2022 di Riau dengan tersangka Safwan Supradi alias Awan dan barang bukti sabu sebanyak 21.283 gram.

Kasus kedua bersama Bea dan Cukai pada 7 Oktober 2022 dengan tersangka Fatahillah di wilayah Aceh. barang bukti yang disita sejumlah 179.000 gram sabu.

Kasus ketiga dengan Bea dan Cukai di Perairan Aceh Tamiang dengan barang bukti yang didapat 50.000 gram sabu.

Tersangka yang ditangkap dalam kasus ini adalah Marzani AR, Muhammad Reza, T Zulyandi, dan Hendra Khomani.

Kasus keempat penangkapan di Sumatera Utara dengan tersangka Candra Saputra alias Carles. Dari tangan tersangka, aparat berhasil menyita barang bukti sabu seberat 19.424 gram.

Pemusnahan tersebut turut dihadiri juga oleh anggota Komisi III DPR RI sekaligus Ketua Panitia Kerja (Pania) UU Narkotika Pangeran Khairul Saleh dan I Wayan Sudirta.

Pemusnahan barang bukti narkoba menjadi perhatian publik manakala Kapolda Sumbar yang batal diangkat menjadi Kapolda Jatim, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, gara-gara diduga terlibat kasus narkoba.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menetapkan 11 orang tersangka dalam pengungkapan kasus dugaan peredaran narkoba yang melibatkan sejumlah anggota aktif Polri.

Perkara ini bermula dari penangkapan Polres Metro Jakarta Pusat terhadap seorang HE dan MS dengan barang bukti sabu yang dikemas dalam dua buah kantong plastik sebanyak 44 gram sabu-sabu pada beberapa waktu lalu.
BACA JUGA
AKBP Dody Ingin Jadi JC Terkait Kasus Teddy Minahasa, Ini Kata Hotman Paris

Setelah dikembangkan, HE dan MS mendapatkan sabu dari seseorang bernama Abeng yang ditangkap anggota Polres Metro Jakarta Pusat.

Abeng mengaku mendapatkan sabu dari petugas Polsek Kalibaru, Tanjung Priok, Ajun Inspektur Dua Achmad Darmawan (AD).

Dalam pengembangan, AD mengakui dapat sabu dari Kapolsek Kalibaru Komisaris Kasranto. Untuk mendapatkan barang sabu itu, Kasranto mengaku berhubungan dengan anggota dari Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat Ajun Inspektur Satu Janto S.

Setelah semuanya diusut, maka perkara ini berawal dari penukaran sabu hasil pengungkapan kasus narkoba dengan barang bukti 41,4 kilogram senilai Rp 62,1 miliar oleh Polda Sumatera Barat pada Mei 2022.

Ketika itu, Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa memerintahkan Dody mengganti 5 kilogram sabu tersebut dengan tawas. Perintah lainnya sabu itu agar diserahkan kepada Linda Pudjiastuti untuk dijual.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kesehatan Memburuk, Ferry Irawan Ajukan Penundaan Penahanan

Kesehatan memburuk, aktor Ferry Irawan mengajukan penundaan penahanan. Ferry Irawan ditahan di Polda Jatim atas kasus KDRT terhadap Venna Melinda.

NEWS | 2 Februari 2023

Wowon Serial Killer Bunuh Istri dan Mertua karena Sakit Hati

Wowon Erawan tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Bekasi mengaku membunuh istrinya Wiwin Winarti dan mertuanya, Noneng karena sakit hati. 

NEWS | 2 Februari 2023

Hadir di BSD, Kampus Hacktiv8 Siap Cetak Talenta Mahir IT

Hacktiv8 Coding Bootcamp membuka kampus barunya di Kawasan BSD Green Office Park, Tangerang Selatan, Banten, untuk mencetak talenta information technology (IT)

NEWS | 2 Februari 2023

Anggota DPRD Pekalongan dan Mantan Camat Ditangkap karena Kasus Narkoba

BNNK Batang menangkap anggota DPRD Pekalongan berinisial JZ dan mantan Camat Karanganyar

NEWS | 2 Februari 2023

Diiming-imingi Rp 5.000, Tiga Bocah Jadi Korban Kekerasan Seksual di Bogor

Diiming-imingi uang jalan Rp 5.000, tiga bocah menjadi korban kekerasan seksual yang dilakukan seorang pemilik warung kelontong di Bogor, Jawa Barat.

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Optimistis Richard Eliezer Akan Divonis Ringan

Kuasa hukum optimistis Bharada Richard Eliezer atau Bharada E akan divonis ringan karena statusnya sebagai justice collaborator perkara pembunuhan Brigadir J.

OTOMOTIF | 2 Februari 2023

Amphuri Sebut Kenaikan Biaya Haji 2023 Hal yang Wajar

DPP Amphuri menilai usulan biaya haji 2023 naik menjadi Rp 69 juta yang disampaikan Kementerian Agama (Kemenag) merupakan hal yang wajar. 

NEWS | 2 Februari 2023

8 Murid SDN 04 Pariaman Sumbar Keracunan Minuman Saset

Sebanyak delapan murid SDN 04 Kota Pariaman, Sumatera Barat Sumbar keracunan diduga karena minumanan saset yang dijual di depan sekolah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Orang Tua Pastikan Datang di Sidang Vonis Bharada E

Orang tua Bharada E, Sunandang Junus Lumiu dan Rynecke Alma Pudihang memastikan bakal datang di sidang vonis anaknya.

NEWS | 2 Februari 2023

PKB Undang Para Ulama, Ketua MUI : Tak Hanya Bicara Soal Isu Agama Tapi Dunia

Ketua Majelis Ulama (MUI) Pusat, M Cholil Nafis mengatakan pertemuannya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak hanya bahas soal isu sektoral keagamaan

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Juara Bertahan Lavani Awali Putaran Kedua Proliga 2023 dengan Kemenangan

Juara Bertahan Lavani Awali Putaran Kedua Proliga 2023 dengan Kemenangan

SPORT | 48 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE