Logo BeritaSatu

Hotman Paris Ungkap Kejanggalan Kasus Irjen Teddy Minahasa

Rabu, 23 November 2022 | 17:15 WIB
Oleh : Pudja Lestari/ Vinnilya Huanggrio / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Hotman Paris Hutapea, kuasa hukum mantan Kapolda Sumatera Barat, Irjen Teddy Minahasa mengungkap kejanggalan kasus peredaran narkoba yang menjerat kliennya.

Hotman Paris menjelaskan, dalam pesan singkat yang dikirimkan pada 24 September 2022, Teddy sudah memerintahkan AKBP Doddy Prawiranegara selaku Kapolres Bukittinggi untuk menarik semua barang bukti dari peredaran. Teddy juga memerintahkan AKBP Doddy untuk menghentikan semua rencana penyergapan undercover. Namun, katanya, penyidik menemukan sabu seberat 3,3 kilogram dari rumah Anita dan rumah Doddy.

Advertisement

“Dia sudah perintahkan sejak 24 September tarik semua barang sabu itu. Jangan lagi dipakai untuk penyergapan, tarik semua. Kalau dua minggu kemudian ditemukan masih beredar di rumah Doddy maupun di rumah Anita, itu bukan salah kapolda, dong,” jelas Hotman.

Hotman pun menuding AKBP Doddy Prawiranegara berlindung di balik dalih perintah atasan agar terlepas dari tanggung jawab atas kasus dugaan peredaran narkoba yang menjeratnya sebagai tersangka.

Hotman menjelaskan pangkat AKBP yang disandang Doddy setara dengan pangkat letnan kolonel di militer. Seharusnya dengan pangkat tinggi tersebut, Doddy dapat memilah perintah atasan.

“Kalau benar seorang letnan kolonel disuruh berdagang sabu kok sekarang dia masih mau?. Coba-coba ngeles seolah-olah dia tidak bersalah,” jelas Hotman.

Diberitakan, penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya melakukan konfrontasi terhadap Irjen Teddy Minahasa dengan AKBP Doddy Prawiranegara Rabu (23/11/2022) pagi. Konfrontasi ini dilakukan lantaran Teddy dan Doddy disebut memberikan pernyataan berbeda kepada penyidik.

Hingga kini, konfrontasi masih berlangsung di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya. Dalam konfrontasi ini, penyidik juga menghadirkan pengusaha bernama Anita alias Linda dan Samsul Maarif atau Arif yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka.

Penyidik Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menyatakan Teddy diduga memerintahkan AKBP Doddy untuk menyisihkan barang bukti narkoba jenis sabu dari hasil pengungkapan kasus yang kala itu akan dipublikaskan ke publik. Polres Bukittinggi itu awalnya hendak memusnahkan 40 kilogram sabu, namun Teddy diduga meminta AKBP Doddy untuk menyisihkan sabu barang bukti tersebut sebanyak 5 kilogram dan menukarnya dengan tawas.

Dari hasil penyidikan sementara, sebanyak 1,7 kilogram sabu telah berhasil diedarkan, sedangkan 3,3 kilogram sisanya kini telah disita oleh penyidik.

Atas kasus ini Teddy disangkakan melanggar Pasal 114 ayat (3) subsider Pasal 112 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) juncto Pasal 55 UU Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman maksimal hukuman mati.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua Matakin Ingatkan Pentingnya Edukasi untuk Pelihara Indonesia yang Toleran

Ketua Matakin Liem Liliany Lontoh mengingatkan pentingnya edukasi untuk memelihara Indonesia yang toleran.

NEWS | 3 Februari 2023

Ketua MUI Cholil Nafis Usul Ada Kawasan Halal di Jakarta

Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis menyarankan adanya kawasan halal di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu. 

NEWS | 3 Februari 2023

Polisi Norwegia Larang Pembakaran Al-Quran Saat Aksi Protes

Polisi Norwegia pada hari Kamis (2/2/2023) melarang rencana protes anti-Islam termasuk pembakaran Al-Qur'an pada minggu ini untuk alasan keamanan

NEWS | 3 Februari 2023

GKBRAy Paku Alam X Bangga Batik Buatannya Diterima Paus Fransiskus

GKBRAy Adipati Paku Alam X bangga dan terharu setelah mengetahui bahwa Paus Fransiskus sempat memakai batik tulis buatannya.

NEWS | 3 Februari 2023

Plt Ketum PPP Silaturahmi ke Ponpes Tgk Chiek Oemar Diyan Aceh

Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono bersilaturahmi ke Ponpes atau Dayah Modern Tgk Chiek Oemar Diyan di Aceh, Kamis (2/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

170 Mahasiswa dari 9 Perguruan Tinggi Raih Beasiswa Teladan

Sebanyak 170 mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi meraih beasiswa Teladan 2023 dari Tanoto Foundation. 

NEWS | 3 Februari 2023

Pria Berseragam ASN Aniaya Tukang Martabak di Bandar Lampung

Seorang pria berseragam ASN menganiaya tukang martabak di Bandar Lampung. Pemukulan oleh ASN itu terjadi di Jalan Gajah Mada, Tanjung Karang Timur. 

NEWS | 3 Februari 2023

DMI Tegaskan Tolak Penggunaan Masjid untuk Kampanye Politik Praktis

Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) menolak penggunaan masjid untuk kampanye politik praktis.

NEWS | 3 Februari 2023

Denny Indrayana Minta KPK Tindaklanjuti Laporannya soal Mafia Tanah di Kalsel

Denny Indrayana meminta KPK segera menindaklanjuti laporannya soal mafia tanah di Kota Baru, Kalimantan Selatan. 

NEWS | 3 Februari 2023

Kecelakaan Maut di Tol Tebing Tinggi-Medan, 2 Orang Tewas

Dua orang meninggal dunia dalam kecelakaan maut di Jalan Tol Tebing Tinggi-Medan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (2/2/2023). 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PLN Mobile Proliga 2023: Samator Tak Berdaya Hadapi STIN BIN di Gresik

PLN Mobile Proliga 2023: Samator Tak Berdaya Hadapi STIN BIN di Gresik

SPORT | 15 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE