Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Blak-blakan, Airlangga Hartarto Ungkap Rahasia Kesuksesan KTT G-20 Bali

Rabu, 23 November 2022 | 22:33 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FFS
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat hadir sebagai bintang tamu dalam "Obrolan Malam Fristian" di BTV, Rabu, 23 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkap rahasia di balik kesuksesan KTT G-20 di Bali.

Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali yang dipimpin Presiden Joko Widodo telah usai pada Rabu (16/11/2022) lalu.

Forum internasional tersebut menghadirkan sejumlah komitmen yang telah disepakati oleh para anggota G-20 yang tertuang dalam Deklarasi Pemimpin G-20 atau G-20 Bali Leaders Declaration. Semua kesepakatan yang terjadi dalam KTT G-20 melewati proses yang cukup alot.

Hal itu diungkapkan oleh Airlangga Hartarto dalam acara live di BTV yang berlangsung Rabu (23/11/2022) malam.

Menurut Airlangga, kesepakatan hingga disahkannya G-20 Bali Leaders Declaration sebenarnya melewati proses yang cukup panjang, yakni selama sekitar satu tahun.

"Yang pertama proses sampai Leaders Declaration itu proses panjang satu tahun," kata Airlangga saat hadir sebagai bintang tamu dalam "Obrolan Malam Fristian" di BTV, Rabu (23/11/2022).

Sebelumnya, Airlangga Hartarto menuturkan, Indonesia bersama para anggota G-20 telah melakukan rapat yang jumlahnya lebih dari 440 kali.

"Kita punya rapat yang jumlahnya itu lebih dari 440. Jadi rapat itu lebih dari hari dalam satu tahun," ungkap dia.

"(Hasilnya) yaitu terdiri dari 10 working group dan 12 engagement group di bawah Track Sherpa yang sudah disepakati oleh pemimpin negara G-20," sambungnya.

Airlangga mengungkapkan, sebagian besar pertemuan working group tidak menghasilkan kesepakatan.

"Dari pertemuan working group, itu hampir semuanya menghasilkan yang namanya chers note yakni artinya tidak ada kesepakatan," tambah Airlangga.

Jadi, kata Airlangga Hartarto, pembahasan sangat alot sekali. Tidak adanya kesepakatan karena ada pembicaraan geo politik.

"Sedangkan argumen Indonesia selalu mengatakan bahwa G-20 adalah forum tertinggi untuk ekonomi. Bukan forum politik," tegas Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI