Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Airlangga: Golkar dan PDIP Terbiasa Bersanding di Pemerintahan

Kamis, 24 November 2022 | 10:04 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / YUD
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat hadir sebagai bintang tamu dalam "Obrolan Malam Fristian" di BTV, Rabu, 23 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memandang positif hubungan yang telah terjalin antara pihaknya dengan PDI Perjuangan (PDIP). Dia bahkan menyebut Golkar dan PDIP sudah biasa bekerja sama mendukung pemerintahan.

“Artinya antara Golkar dan PDIP sudah biasa bersanding di pemerintahan,” kata Airlangga saat hadir sebagai bintang tamu dalam acara "Obrolan Malam Fristian" di BTV, Rabu (23/11/2022).

Airlangga menerangkan, hubungan baik antara Golkar dan PDIP sudah terjalin sejak lama. Dikatakan, ketika Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi presiden, Golkar menjadi salah satu parpol yang tergabung dalam koalisi pemerintahan.

Terkait koalisi, Airlangga menjelaskan bahwa sebelum era Reformasi, Golkar sudah terbiasa memenangi suara mayoritas dalam pemilu tanpa perlu bekerja sama dengan partai politik (parpol) lainnya. Hanya saja, hal itu berubah di era Reformasi yang ditandai dengan lahirnya berbagai parpol baru, sehingga Golkar perlu merespons perkembangan tersebut, salah satunya dengan membangun koalisi.

“Karena tujuan dari pemilu itu menghadirkan pemerintahan yang stabil. Pemerintahan yang stabil harus koalisi, makanya Golkar dari awal membentuk koalisi dulu,” kata Airlangga.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian itu menyampaikan, ada pertimbangan tersendiri dalam memutuskan untuk membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sejak dini bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). KIB dibentuk karena ingin membangun kesamaan visi, misi, ide, dan gagasan yang sama sejak dini.

Hanya saja, Airlangga belum menjelaskan lebih lanjut soal calon presiden (capres) yang hendak diusung KIB untuk Pilpres 2024 mendatang. Dia berdalih KIB masih ingin memperluas basis partai, sehingga belum mengambil keputusan soal capres. Dia menambahkan, KIB masih menunggu tambahan parpol lainnya untuk bergabung sebelum menetapkan keputusan akhir soal capres.

Airlangga menyampaikan, ada sejumlah parpol yang sudah memulai pembicaraan dengan KIB. Salah satunya adalah PDIP lewat Ketua DPP Puan Maharani. Airlangga dan Puan sendiri diketahui sempat mengadakan pertemuan di Monas beberapa waktu lalu. Namun demikian, Airlangga enggan menanggapi soal peluang dirinya dan Puan berduet untuk Pilpres 2024.

“Kita bicara secara partai. kita bicara pada saat Bu Mega menjadi pemimpin jadi presiden, Golkar pun masuk dalam koalisi itu,” ujar Airlangga.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI