Logo BeritaSatu

Henry Yosodiningrat Minta Jaksa Hadirkan Paksa 2 Saksi

Kamis, 24 November 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Cindy Layan / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Henry Yosodiningrat meminta jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan secara paksa dua saksi kasus obstruction of justice atau perintangan penyidikan terkait kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Henry merupakan penasihat hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria.

Dua saksi dimaksud, yakni Anggota Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Radite Hernawa dan Agus Saripul Hidayat. Ketidakhadiran Radite dan Agus dalam persidangan dinilai dapat merugikan terdakwa.

Advertisement

“Kalau kita enggak hadirkan, ini akan sangat-sangat merugikan terdakwa. Nah, sementara kita di sini kan seperti sering saya katakan untuk mencari kebenaran yang material apakah terdakwa ini memang bersalah atau tidak. Kalau enggak begitu nanti akan diperoleh separuh kebenaran. Saya sering kepada katakan separuh kebenaran itu lebih buruk dari seluruh kebohongan,” kata Henry Yosodiningrat usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (24/11/2022).

Hakim Ketua, Akhmad Suhel telah memutuskan sidang terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nur Patria dilanjutkan pada Kamis (1/12/2022). Rencananya, persidangan dihadiri tiga saksi, yakni Ketua RT kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta, Seno Sukarto, serta Radite dan Agus.

Keterangan dari Seno disepakati oleh tim kuasa hukum dan JPU untuk dibacakan berita acara pemeriksaan. Sebab, saksi menyertakan surat keterangan sakit dan tidak ada keterangan krusial yang diperlukan.

Hal tersebut berbeda dengan dua saksi lainnya yang tidak hadir tanpa alasan. Menurut Henry, Radite dan Agus merupakan saksi faktual sehingga penting dihadirkan. Sebagai kuasa hukum terdakwa, Henry meminta kedua saksi ini dihadapan secara paksa di muka persidangan. “Kami berkepentingan minta supaya dihadapkan bahkan kami minta tadi supaya dihadirkan secara paksa,” tegas Henry Yosodiningrat.

Dalam persidangan kasus ini, Ferdy Sambo didakwa melakukan perintangan penyidikan tewasnya Brigadir J. Hal tersebut dia lakukan bersama dengan Hendra Kurniawan, Arif Rachman Arifin, Chuck Putranto, Baiquni Wibowo, Agus Nurpatria, dan Irfan Widyanto.

Mereka didakwa melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 subsider Pasal 48 juncto Pasal 32 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP atau diancam dengan pidana dalam Pasal 233 KUHP subsider Pasal 221 ayat (1) ke-2 juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengtakan, oknum pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diduga mengoplos beras.

NEWS | 5 Februari 2023

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sulut hingga Senin 6 Februari

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sulut (Sulawesi Utara) hingga Senin (6/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Puluhan Prajurit Tahanan

Puluhan tawanan perang Rusia dan Ukraina telah kembali ke Tanah Air mereka setelah pertukaran tahanan, kata pejabat di kedua belah pihak, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE