Logo BeritaSatu

PBNU Ajak PITI Bersinergi Majukan Bangsa dan Negara

Kamis, 24 November 2022 | 18:02 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / WIR

Jakarta, Beritasatu.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak Pengurus Pusat Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) untuk menjalin sinergi untuk memajukan bangsa negara.

Hal itu terwujud saat PITI bersilaturahmi ke Kantor PBNU di Jakarta Pusat. Kedatangan PITI disambut sukacita langsung oleh Katib 'Aam PBNU, KH Ahmad Said Asrori.

Advertisement

Pertemuan tersebut tidak hanya menyiarkan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat PITI periode 2022-2027 yang resmi dilantik pada Oktober lalu, tapi juga ingin menjalin sinergi untuk memajukan bangsa negara.

“Pertemuan sangat berkesan bagi kami. Tentunya PITI berharap bisa mengambil peran dalam ikut membangun bangsa. NU merupakan organisasi islam paling tua, hampir 100 tahun. Motonya juga merawat jagat dan membangun peradaban,” ujar Sekjen DPP PITI, Lexyndo Hakim, di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Salah satu sinergi yang ditawarkan PITI antara lain di bidang pendidikan dan keilmuan, misalnya beasiswa prioritas bagi siapa pun yang ingin menempuh pendidikan jenjang S1, S2, hingga S3 di Tiongkok.

Selain itu, PITI yang sebagian besar pengurusnya berkecimpung dalam dunia entrepreneurship, siap kapan pun dibutuhkan untuk membagikan ilmunya.

Ketua Umum PITI, H Serian Wijatno, juga mengatakan bahwa banyak anggotanya berbisnis.

“Jadi, kami bisa berbagi ilmu entrepreneurship kepada teman-teman NU ataupun pesantren-pesantren,” ujar mantan atlet nasional bulu tangkis ini.

“Pertemuan kali ini sebagai awal. Kiranya lebih banyak arahan dari PBNU. Kiranya, PITI bisa memberikan sumbangsih, pemikiran, dan apa pun yang bisa memajukan bangsa dan negara,” tambah H Serian.

Sementara itu, gayung bersambut. PBNU ingin silaturahmi dengan PITI berkelanjutan ke depan dan menghasilkan sinergi apik. Tak hanya untuk mempererat antara komunitas muslim umumnya dan komunitas Tionghoa khususnya di Indonesia, tapi juga menjaga kerukunan dan nilai-nilai keberagaman.

“Semoga ada kelanjutan yang memberikan keberkahan. Para pengusaha di PITI ini bisa diundang ke pesantren, misalnya, saya juga ingin santri jadi pengusaha," ujar Katib 'Aam PBNU KH Said.

“Selain itu, silaturahmi ini untuk menjaga Bumi. Bahwa Bumi ini merupakan amanat dari Allah yang diciptakan untuk manusia. Boleh menikmati tapi jangan sampai merusak.”

“Jangan mengeksploitasi Bumi ini dengan cara tidak beradab. Makanya, pandangan hidup kami itu merawat jagat dan membangun peradaban,” tutur Said.

Silaturahmi PITI ke PBNU selain dihadiri oleh Ketua Umum PITI 2022-2027, H Serian Wijatno, juga didampingi Wakil Ketua Umum, Yus Kurnia dan Denny Sanusi, beserta Lexyndo Hakim (Sekjen) dan Pusanti Ding (Wasekjen).



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Makassar Mulai Terapkan KTP Digital Secara Bertahap

Penerbitan kartu tanda penduduk atau KTP digital diberlakukan secara bertahap di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Kanker Anak di Indonesia, Leukemia Masih Dominan

Saat ini, leukemia masih menjadi jenis kanker yang paling banyak menyerang anak-anak di Indonesia.

NEWS | 4 Februari 2023

Cuaca Buruk, Nelayan Hilang di Perairan Laut Karawang

Seorang nelayan, Zakaria dikabarkan hilang saat mencari ikan di perairan pantai utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Saat melaut, tengah terjadi cuaca buruk.

NEWS | 4 Februari 2023

Ini Berbagai Tantangan Pengobatan Kanker Anak

Pengobatan kanker anak di Indonesia saat ini masih menghadapi sejumlah tantangan, utamanya dari sisi jumlah tenaga kesehatan dan juga fasilitas kesehatan.

NEWS | 4 Februari 2023

Jembatan di Kupang Putus Dihantam Banjir Bandang, Aktivitas Warga Lumpuh

Jembatan Kapsali di Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) putus dihantam banjir bandang.

NEWS | 4 Februari 2023

Sejumlah Rumah di Cibitung Bekasi Teremdam Banjir Selama 1 Pekan

Sejumlah rumah warga di Kampung Utan, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terendam air 30 sentimeter selama 1 pekan terakhir.

NEWS | 4 Februari 2023

2023, DKI Targetkan Pasang Patok Batas 3.000 Bidang Tanah

DKI Jakarta menargetkan bisa memasang patok batas 2.000 hingga 3.000 bidang tanah dalam Gemapatas pada tahun 2023 ini.

NEWS | 4 Februari 2023

Penyakit Kanker Masih Pemicu Kematian Tertinggi di Dunia

Provinsi Sumatara Utara menjadi tuan rumah peringatan Hari Kanker Sedunia Tingkat Nasional 2023 yang digelar pada 4-5 Februari 2023.

NEWS | 4 Februari 2023

Cuaca Ekstrem, Dua Jalur Penyeberangan NTT Ditutup

Dua jalur penyeberangan dari Kupang ke dua daerah di wilayah Nusa Tenggara Timur sementara ditutup akibat cuaca ekstrem di NTT.

NEWS | 4 Februari 2023

Hutan Kota Pakansari, Wujud Program Pelestarian Lingkungan

Hutan Kota Pakansari yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor merupakan wujud dari program kolaborasi hijau sebagai bentuk pelestarian lingkungan.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Makassar Mulai Terapkan KTP Digital Secara Bertahap

Makassar Mulai Terapkan KTP Digital Secara Bertahap

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE