Logo BeritaSatu

BMKG: Sistem Sesar Cimandiri Diduga Penyebab Gempa Cianjur

Kamis, 24 November 2022 | 21:06 WIB
Oleh : Herman / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap dugaan sementara pemicu gempa Cianjur dengan magnitudo 5,6 magnitudo pada 21 November 2022 lalu. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan, dari data sementara yang berhasil dihimpun, sistem sesar Cimandiri menjadi penyebab gempa Cianjur.

“Tadinya saat awal pada 21 November 2022, kami tidak bisa memastikan itu sesar yang mana karena belum punya data yang lengkap. Jadi saat itu kami memperkirakan kalau bukan sesar Cimandiri, ya sesar Padalarang. Dengan terkumpulnya data, tampaknya baik episenter dan gempa-gempa susulan, itu mengklaster fokus ke arah sisi sistem sesar Cimandiri,” kata Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers dari Cianjur yang juga disiarkan secara daring, Kamis (24/11/2022).

Dwikorita memakai kata “sistem” karena BMKG menduga sesar Cimandiri bukan sesuatu yang sendirian atau satu patahan tunggal, melainkan satu sistem.

“Sehingga memang benar pusat gempanya itu tidak tepat di atas garis patahan. Itu ada dua kemungkinan. Yang pertama, ini juga dicocokkan dengan focal mekanismenya, patahan ini miring, geser tapi bidangnya itu ada kemiringan. Dengan adanya kemiringan bidang, proyeksi hiposenter yang ada di bawah permukaan, kalau diproyeksikan ke atas permukaan tanah, itu tidak tepat berada di garis sesar. Atau ada kemungkinan berkembang baru, tetapi sebagai bagian dari sistem patahan Cimandiri,” tambahnya.

Namun Dwikorita kembali menegaskan, BMKG hingga saat ini masih terus mengumpulkan data. Sehingga data yang disampaikan saat ini kemungkinan bisa berkembang

“Jadi sampai hari ini, datanya mengarah ke sistem sesar Cimandiri. Artinya bisa sesar yang lama, bisa yang baru, tetapi bagian dari sistem itu, tetapi bukan Padalarang,” tegas Dwikorita.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal dunia hingga Kamis (24/11/2022) petang mencapai 272 orang. Dari jumlah tersebut, yang sudah berhasil diidentifikasi by name by address ada sebanyak 165 orang. Sementara yang belum berhasil diidentifikasi ada sebanyak 107 jenazah. Selain itu ada 2.046 orang yang mengalami luka-luka, 62.545 orang yang mengungsi, dan 39 orang dinyatakan hilang.

BNPB juga mencatat ada sebanyak 56.311 rumah yang rusak, terdiri dari 22.267 rumah rusak berat, 11.836 rumah rusak sedang, dan 22.208 rumah rusak ringan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pengungsi Korban Gempa Cianjur Mencapai 108.720 Jiwa

Pengungsi korban gempa Cianjur mencapai 108.720 jiwa, hal itu dilaporkan tim gabungan pencarian dan penyelamatan gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 30 November 2022

Korban Helikopter Jatuh Baru Menikah

Kepergian Briptu Mochamad Lasminto, kopilot helikopter yang jatuh di Bangka Belitung, menyisahkan kesedihan mendalam bagi kedua orang tuanya.

NEWS | 30 November 2022

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ferdy Sambo: Adik-adik Ini Tidak Bersalah, Saya yang Salah

Ferdy Sambo: Adik-adik Ini Tidak Bersalah, Saya yang Salah

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE