Logo BeritaSatu

Update Gempa Cianjur: Hujan Sulitkan Pencarian 39 Korban Hilang

Jumat, 25 November 2022 | 04:59 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi di Cianjur hingga Kamis (24/11/2022) petang mencapai 272 orang. Masih ada 39 orang yang dinyatakan hilang. Pencarian korban yang hilang tersebut saat ini masih terkendala cuaca hujan dan juga timbunan tanah longsor yang tinggi di kawasan gempa Cianjur.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengungkapkan, dari 39 orang yang masih hilang tersebut, 32 orang merupakan warga Desa Cijedil, sedangkan tujuh warga lainnya kebetulan sedang melintas di desa yang tertimbun longsor tersebut.

“Memang dalam pencarian, kalau masih berhari-hari ini kita berharap ada yang selamat. Buktinya kemarin ada yang ditemukan selamat. Jadi ini masih menggunakan tenaga orang, sementara (kondisinya) longsor, cuaca hujan dan ketinggian longsornya juga tidak rendah,” ungkap Suharyanto dalam konferensi pers dari Cianjur yang disiarkan secara daring, Kamis (24/11/2022).

Suharyanto mengungkapkan, kemungkinan besok mulai dikerahkan alat berat. Namun, kondisi jalan untuk dilalui alat berat juga tidak mudah dan bisa membahayakan operator alat berat.

“Tentu saja jangan sampai pakai alat berat, yang pertama ternyata masih ada yang selamat, justru dengan alat berat ini membahayakan. Yang kedua justru bisa membahayakan si operator alat berat itu sendiri. Jadi ini harus dipastikan keselamatannya,” kata Suharyanto.

<em>Update</em> Gempa Cianjur: Hujan Sulitkan Pencarian 39 Korban Hilang
Petugas kesehatan dari Kesehatan Daerah Militer (kesdam) 3 Siliwangi memberikan pelayanan kesehatan terhadap pengungsi korban gempa di Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabuaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu 23 November 2022.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, pasca kejadian gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada 21 November 2022, gempa susulan memang masih terjadi, namun semakin lemah. Cianjur saat ini justru menghadapi potensi longsor dan banjir bandang akibat curah hujan yang tinggi.

“Yang perlu diwaspadai, terutama potensi hujan yang semakin meningkat curah hujannya. Puncak musim hujan di bulan Desember 2022 bahkan bisa berlanjut hingga Januari 2023. Yang dikhawatirkan adalah longsor dan banjir bandang,” kata Dwikorita Karnawati.

Karenanya, Dwikorita mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam mendirikan tenda.

“Jadi yang berada di bantaran sungai, di lembah sungai, kemudian di dekat lereng gunung, mohon dalam mendirikan tenda jangan terlalu dekat dengan pinggir lembah. Semakin ke arah lapang, itu semakin aman. Dan juga jangan terlalu dekat dengan lereng karena masih mungkin terguyur hujan akhirnya longsor atau terkena getaran akhirnya runtuh,” kata Dwikorita.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KRL Anjlok Lagi di Menteng, Penumpang Turun di Tengah Jalan

KRL dengan nomor KA 5144C yang anjlok di Kampung Bandan Jakarta Utara, anjlok lagi di perlintasan Menteng Jaya Jakarta Pusat saat akan dievakuasi ke Manggarai.

NEWS | 27 November 2022

SMRC: Ganjar Unggul Jauh dari Pesaingnya di Pilpres 2024

Survei SMRC menemukan pada kelompok pemilih yang tahu semua bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo unggul jauh dari para pesaingnya di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Survei: Masyarakat Percaya Ada Praktik Setoran di Polri

Indikator Politik Indonesia dalam surveinya menemukan adanya pandangan publik yang percaya adanya praktik setoran dari bawahan ke atasan di Polri. 

NEWS | 27 November 2022

Kasus Teddy Minahasa, Survei: Publik Endus Persaingan Tak Sehat di Polri

Survei Indikator Politik Indonesia menemukan persepsi publik adanya persaingan tidak sehat di internal Polri usai kasus peredaran narkoba Irjen Teddy Minahasa.

NEWS | 27 November 2022

Survei SMRC: Ganjar Pranowo Teratas, Prabowo dan Anies Bersaing

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Ganjar Pranowo meraih dukungan terbanyak sebagai presiden.

NEWS | 27 November 2022

Bawaslu: Ada Dugaan Pelanggaran Verifikasi Faktual di Sulbar

Bawaslu mengungkap ada dugaan pelanggaran verfikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik (parpol) di Sulawesi Barat (Sulbar).

NEWS | 27 November 2022

Gempa Cianjur, BNPB Fokus Penanganan Pengungsi dan Distribusi Logistik

BNPB memastikan masih akan terus melakukan pencarian dan evakuasi korban gempa Cianjur yang hingga hari ini belum ditemukan.

NEWS | 27 November 2022

Brigade: Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) memekikkan tagline perjuangan Jokowi di Hati, Ganjar Pranowo Dinanti saat deklarasi dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

NEWS | 27 November 2022

Puluhan Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Booster Kedua

Puluhan warga lanjut usia (lansia) antusias mengikuti vaksinasi booster kedua yang diselenggarakan Puskesmas Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 November 2022

Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi, Brigade Siap Menangkan Ganjar

Barisan Ganjar Terdepan (Brigade) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 karena dinilai layak melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

NEWS | 27 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dituding Pengaruhi Wasit, Pelatih Timnas Iran Ngamuk

Dituding Pengaruhi Wasit, Pelatih Timnas Iran Ngamuk

SEMESTA BOLA 2022 | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE