Logo BeritaSatu

Banyak Guru Terjerat Pinjol karena Gali Lubang Tutup Lubang

Jumat, 25 November 2022 | 09:36 WIB
Oleh : Herman / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Pada Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November, kondisi guru di Indonesia masih memprihatinkan. Selain isu kesejahteraan, guru ternyata juga banyak yang menjadi korban pinjaman online (pinjol) ilegal karena praktik gali lubang tutup lubang, atau meminjam ke pinjol ilegal untuk menutupi utang di pinjol lainnya.

Menurut lembaga riset No Limit Indonesia seperti dikutip Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada 2021 profesi guru menjadi kalangan yang paling banyak terjerat praktik pinjol ilegal. Sebanyak 42% responden korban jeratan pinjol ilegal berprofesi sebagai guru.

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing menyampaikan, ada beberapa penyebab masyarakat terjebak dalam pinjol ilegal. Pertama, karena tingkat literasi yang masih rendah, sehingga banyak masyarakat yang tidak melakukan pengecekan legalitas dan terbatasnya pemahaman terhadap pinjol. Kedua, karena kebutuhan mendesak akibat adanya kesulitan keuangan.

"Adanya guru yang terjerat dalam pinjol ilegal biasanya disebabkan karena praktik gali lubang tutup lubang dari berbagai platform pinjol ilegal," sehingga tidak sadar ternyata pinjamannya semakin banyak," kata Tongam kepada Beritasatu.com, Jumat (25/11/2022).

Satgas Waspada Investasi meminta masyarakat termasuk para guru yang terlanjur menggunakan aplikasi pinjol ilegal agar mrlapir ke SWI melalui email waspadainvestasi@ojk.go.id untuk dilakukan pemblokiran. Apabila memiliki keterbatasan kemampuan untuk membayar, ajukan restrukturisasi berupa pengurangan bunga, perpanjangan jangka waktu, atau penghapusan denda.

"Apabila sudah jatuh tempo dan tidak mampu bayar, maka hentikan upaya mencari pinjaman baru untuk membayar utang lama," pesan Tongam.

Apabila sudah mendapatkan penagihan tidak beretika seperti teror, intimidasi, hingga pelecehan, disarankan untuk blokir semua nomor kontak yang mengirim teror. Beritahu ke seluruh kontak di HP bahwa apabila mendapatkan pesan tentang pinjol agar diabaikan.

"Segera lapor ke polisi dan lampirkan Laporan Polisi ke kontak penagih yang masih muncul," pesan Tongam.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyid menyampaikan, maraknya guru terlibat pinjol ilegal adalah fenomena puncak gunung es, bahwa kesejahteraan guru masih mewarnai persoalan guru yang tidak selesai.

"Semoga ini kemudian menjadi catatan penting kalau kesejahteraan guru ini berdampak pada kualitas guru,” kata Unifah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Marullah Matali Jadi Deputi Gubernur DKI, Berikut Tugasnya

Marullah Matali diangkat sebagai Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Tolak Keberatan Nikita Mirzani, Sidang Bakal Dilanjutkan

Sidang kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Dito Mahendra dengan terdakwa Nikita Mirzani bakal dilanjutkan.

NEWS | 5 Desember 2022

Ricky Rizal Sempat Kepo Saat Brigadir J dan Putri Bertemu di Kamar

Ricky Rizal sempat membeberkan rasa ingin tahu yang dia alami saat Putri Candrawathi bertemu dengan Brigadir J di rumah Magelang.

NEWS | 5 Desember 2022

Cari Anggota Geng, El Salvador Turunkan 10.000 personel Keamanan Tutup Kota

El Salvador menurunkan 10.000 personel tentara dan polisi untuk menutup sebuah kota, untuk mencari anggota geng jalanan.

NEWS | 5 Desember 2022

Hakim Sebut Alasan Ricky Rizal Amankan Senjata Brigadir J Tak Masuk Akal

Hakim PN Jaksel menilai alasan Ricky Rizal atau Bripka RR mengamankan senjata Brigadir J merupakan alasan yang tidak masuk akal. 

NEWS | 5 Desember 2022

Copot Sekda DKI, Heru: Jangan Salah Paham

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta semua pihak tidak salah paham terkait pencopotan Sekda DKI Jakarta, Marullah Matali.

NEWS | 5 Desember 2022

Cak Imin: Indonesia Perlu Buat Aliansi Berbasis Komoditas

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan Indonesia perlu bangun koalisi berbasis komoditas merespons kekalahan di WTO terkait pelarangan ekspor nikel.

NEWS | 5 Desember 2022

Anggota TNI Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Dewi Sartika Jaktim

Seorang anggota TNI tewas dalam kecelakaan beruntun di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (5/12/2022) siang.

NEWS | 5 Desember 2022

Balita Asal Depok Tewas di Apartemen, Diduga Dianiaya Pacar Ibunya

Balita perempuan berusia 2 tahun 9 bulan meninggal dunia di sebuah apartemen di Kalibata. Balita asal Depok itu diduga tewas dianiaya pacara ibunya. 

NEWS | 5 Desember 2022

Nilai Ricky Rizal Berbohong, Hakim: Kamu Enggak Sayang Anak?

Majelis hakim PN Jaksel sempat mengingatkan Ricky Rizal atau Bripka RR tentang anaknya. Hal ini karena hakim menilai Ricky Rizal berbohong dalam kesaksiannya.

NEWS | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE