Logo BeritaSatu

Twitter Tutup Kantor di Brussels, Uni Eropa Minta Klarifikasi

Jumat, 25 November 2022 | 10:18 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Brussels, Beritasatu.com - Keputusan Twitter untuk menutup kantornya di Brussel dan memberhentikan ribuan karyawan menimbulkan kekhawatiran dari Uni Eropa, yang meminta klarifikasi kepada perwakilan platform media sosial tersebut di Eropa.

Uni Eropa ingin perusahaan yang bermarkas di San Francisco, AS ini dapat mematuhi aturan baru Uni Eropa yang keras terhadap konten online ilegal, kata kepala kehakiman Uni Eropa Didier Reynders, Kamis (24/11/2022).

Reynders, yang bertemu dengan perwakilan Twitter di markas platform media sosial Eropa di Dublin, meminta klarifikasi dari perusahaan tersebut, kata seorang pejabat Komisi Eropa kepada Reuters.

"Perwakilan Twitter menegaskan kembali komitmen perusahaan untuk memastikan kepatuhan penuh terhadap aturan UE. Komisaris Reynders mencatatnya dan meminta Twitter untuk mewujudkan komitmen ini menjadi tindakan nyata," kata pejabat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Aturan baru yang dikenal sebagai Undang-Undang Layanan Digital, yang akan berlaku mulai Februari 2024, mengharuskan platform online berbuat lebih banyak untuk mengawasi internet terhadap konten ilegal atau berisiko didenda sebanyak 6 persen dari omzet global tahunan mereka.

Twitter telah memecat eksekutif puncak dan memberlakukan pemutusan hubungan kerja yang tajam dengan sedikit peringatan menyusul pengambilalihan perusahaan oleh miliarder Elon Musk bulan lalu. Sekitar setengah dari tenaga kerja, sekitar 3.700 karyawan, telah di-PHK sementara lebih dari 1.000 telah mengundurkan diri.

Dua karyawan terakhir Twitter yang berbasis di Brussel tidak lagi bekerja dengan perusahaan, kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters, yang berbicara tanpa menyebut nama. Tim yang berinteraksi dengan pejabat Komisi terkait masalah kebijakan dan regulasi, awalnya berjumlah enam orang.

Reynders juga memperingatkan Twitter dan perusahaan teknologi lainnya untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi ujaran kebencian di online setelah data terbaru menunjukkan bahwa mereka telah menghapus lebih sedikit konten tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Elon Musk Aktifkan Akun Tokoh Neo-Nazi, Rapper Ye Dibekukan

Elon Musk mengaktifikan kembali akun milik tokoh neo-Nazi neo-Nazi Andrew Anglin, sementara akun milik rapper Ye yang dikenal sebagai Kanye West malah dibekukan

NEWS | 5 Desember 2022

Sore hingga Malam, Sebagian Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dapat disertai kilat atau petir di sebagian wilayah Jakarta pada sore hingga malam hari

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru, Relawan Pertaruhkan Nyawa Evakuasi Warga

Awan panas guguran dari Gunung Semeru mengakibatkan sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diguyur hujan abu vulkanik.

NEWS | 5 Desember 2022

Perempuan Pelaku Penganiayaan Balita di Bantaeng Ditangkap

Setelah buron beberapa lama, HS, pelaku penganiayaan balita di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, akhirnya ditangkap polisi, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

5 Berita Terpopuler, Erupsi Gunung Semeru hingga Konser Rizky Febian

Bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur dan konser mini Rizky Febian di Stasiun MRT Hotel Indonesia menjadi berita terpopuler Beritasatu.com.

NEWS | 5 Desember 2022

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sreeya Sewu Indonesia Akan Rights Issue 500 Juta Saham

Sreeya Sewu Indonesia Akan Rights Issue 500 Juta Saham

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE