Logo BeritaSatu

Gaji dan Kesejahteraan Guru Minim, Banyak Guru Terjerat Pinjol Ilegal

Jumat, 25 November 2022 | 10:11 WIB
Oleh : Herman / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Banyak guru terjerat pinjaman online (pinjol) ilegal diduga karena terdesak kebutuhan. Isu gaji dan kesejahteraan yang minim masih membayangi nasib para guru di Indonesia, terutama guru honorer.

Menurut lembaga riset No Limit Indonesia seperti dikutip Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada 2021 profesi guru menjadi kalangan yang paling banyak terjerat praktik pinjol ilegal. Sebanyak 42% responden korban jeratan pinjol ilegal berprofesi sebagai guru.

Pada Hari Guru Nasional yang jatuh setiap 25 November, Founder @gatherich Ken Handersen menyampaikan, banyaknya guru yang terjerat pinjol ilegal berkaitan erat dengan rendahnya literasi keuangan. Sebagian mungkin sudah memahami konsekuensi pinjaman online, namun tidak tahu kalau platform tempat meminjanya itu adalah pinjol ilegal.

Yang juga sangat terkait menurutnya adalah kesejahteraan guru yang masih minim, apalagi para guru honorer. Karena ada kebutuhan yang mendesak, di sisi lain penghasilannya tidak mencukupi, para guru terpaksa mencari pinjaman secara instan.

"Dengan adanya data banyaknya guru yang terjerat pinjol ilegal, ini harus disikapi serius oleh pemerintah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan para guru yang berperan besar dalam menentukan masa depan sumber daya manusia Indonesia," kata Ken Handersen kepada Beritasatu.com, Jumat (25/11/2022).

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Prof. Unifah Rosyid menyampaikan, guru terlibat pinjol adalah fenomena puncak gunung es, bahwa kesejahteraan guru masih mewarnai persoalan guru yang tidak selesai.

"Semoga ini kemudian menjadi catatan penting kalau kesejahteraan guru ini berdampak pada kualitas guru,” kata Unifah.

Menurutnya, guru sangat sulit untuk memenuhi tuntutan peningkatan kualitas. Pasalnya, guru honorer dengan gaji tidak layak, yakni kisaran Rp 300.000-Rp 500.000 tentu fokusnya terbagi. Harus memikirkan peserta didik dan bagaimana memenuhi kebutuhan keluarga di rumah. Sehingga tidak mengherankan guru terjerat pinjol untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing menyampaikan, ada beberapa penyebab masyarakat terjebak dalam pinjol ilegal. Pertama karena tingkat literasi yang masih rendah, sehingga banyak masyarakat yang tidak melakukan pengecekan legalitas dan terbatasnya pemahaman terhadap pinjol. Kedua karena kebutuhan mendesak akibat adanya kesulitan keuangan.

"Adanya guru yang terjerat dalam pinjol ilegal biasanya disebabkan karena praktik gali lubang tutup lubang dari berbagai platform pinjol ilegal, sehingga tidak sadar ternyata pinjamannya semakin banyak," kata Tongam.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Elon Musk Aktifkan Akun Tokoh Neo-Nazi, Rapper Ye Dibekukan

Elon Musk mengaktifikan kembali akun milik tokoh neo-Nazi neo-Nazi Andrew Anglin, sementara akun milik rapper Ye yang dikenal sebagai Kanye West malah dibekukan

NEWS | 5 Desember 2022

Sore hingga Malam, Sebagian Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dapat disertai kilat atau petir di sebagian wilayah Jakarta pada sore hingga malam hari

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru, Relawan Pertaruhkan Nyawa Evakuasi Warga

Awan panas guguran dari Gunung Semeru mengakibatkan sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diguyur hujan abu vulkanik.

NEWS | 5 Desember 2022

Perempuan Pelaku Penganiayaan Balita di Bantaeng Ditangkap

Setelah buron beberapa lama, HS, pelaku penganiayaan balita di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, akhirnya ditangkap polisi, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

5 Berita Terpopuler, Erupsi Gunung Semeru hingga Konser Rizky Febian

Bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur dan konser mini Rizky Febian di Stasiun MRT Hotel Indonesia menjadi berita terpopuler Beritasatu.com.

NEWS | 5 Desember 2022

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bikin Blunder Lawan Argentina, Kiper Australia Diejek Rekan Setimnya

Bikin Blunder Lawan Argentina, Kiper Australia Diejek Rekan Setimnya

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE