Logo BeritaSatu

Petani Sedih, Puluhan Hektare Tanaman Cabai Gagal Panen

Jumat, 25 November 2022 | 10:42 WIB
Oleh : Roy Triono / FER

Lampung, Beritasatu.com - Puluhan hektare tanaman cabai milik petani di Kampung Purwa Jaya, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung terancam gagal panen akibat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa pekan terakhir.

Salah seorang petani cabai, Ujang (56) mengatakan, mayoritas kondisi tanamanmereka rusak dan membusuk. Kondisi tersebut, menyebabkan para petani cabai mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Advertisement

"Tidak hanya cuaca ekstrem, serangan hama yang ikut menyerang juga menyebabkan tanaman cabai banyak yang membusuk, sehingga tidak dapat dipanen," kata Ujang kepada BTV, di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Jumat (25/11/2022).

Saat ini, kata Ujang, para petani hanya bisa pasrah dengan kondisi tanamannya yang rusak. "Pasalnya, mayoritas petani cabai telah berusaha dengan berbagai cara untuk memperbaiki kondisi tanaman," imbuhnya.

Selain masalah cuaca ekstrem dan serangan hama, tambah Ujang, tingginya harga pupuk dan obat-obatan pertanian membuat petani semakin mengeluh dan meratapi nasib.

"Mayoritas tanaman rusak dan nyaris tidak dapat dipanen. Kondisi tanaman rusak akibat tingginya intensitas hujan. Tanaman cabai rusak mulai dari batang hingga buah cabai yang membusuk," paparnya.

Ujang mengatakan, selain guyuran hujan deras dan cuaca ekstrem, kondisi cabai ini diperparah akibat serangan hama yang mengakibatkan buah cabai menjadi keriting kering dan membusuk.

"Kondisi ini mengakibatkan para petani cabai merugi karena terancam gagal panen,” tandasnya.

Menurut Ujang, kalangan petani cabai sudah berupaya untuk mengantisipasi kerusakan tanaman miliknya dengan cara memberikan pupuk organik, obat-obatan, dan upaya lainnya.

"Sayangnya, upaya tersebut sia-sia karena tanaman ternyata tetap rusak dan nyaris tidak dapat di panen. Saat ini, kami hanya berharap ada uluran tangan pemerintah untuk membantu petani cabai dalam mengurangi kerugian," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Gelar Bazar di Gedung DPR, PPP Akan Terus Perjuangkan UMKM

PPP menggelar bazar untuk ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. PPP akan memperjuangkan UMKM.

NEWS | 27 Januari 2023

9 Jenazah Korban Pembunuhan Berantai Wowon Cs Selesai Diautopsi

Sembilan jenazah korban pembunuhan berantai Wowon cs selesai diautopsi di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

NEWS | 27 Januari 2023

PUPR Sebut 22 Menara Hunian Pekerja di IKN Sudah Terbangun

Secara umum, sebanyak 22 tower atau menara Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah selesai terbangun.

NEWS | 27 Januari 2023

Nikita Mirzani Segera Temui Calon Mertua di London

Artis Nikita Mirzani akan segera terbang ke London, Inggris. Tujuan Nikita Mirzani ke London, adalah menemui calon mertuanya.

NEWS | 27 Januari 2023

Dinilai Jadi Pemicu, Putri Candrawathi Bisa Dijatuhi Hukuman Lebih Berat

Putri Candrawathi dinilai sebagai sosok pemicu dalam kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J sehingga bisa dijatuhi hukuman lebih berat.

NEWS | 26 Januari 2023

Tanah Longsor Timpa Rumah Warga di Jepara Jawa Tengah

Hujan lebat dengan intensitas yang cukup tinggi sejak beberapa hari terakhir mengakibatkan tanah longsor di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

NEWS | 27 Januari 2023

Menangis, TKW Korban Penipuan Wowon Cs Cari 2 Sahabat

Hanna, seorang TKW (tenaga kerja wanita) mencari dua sahabatnya yang ditipu oleh tersangka kasus pembunuhan berantai Wowon cs.

NEWS | 26 Januari 2023

Plt Bupati Mimika Tersangka Korupsi Pengadaan Pesawat Rp 43 Miliar

Kejati Papua menetapkan Plt Bupati Mimika, Johannes Rettop sebagai tersangka dalam kasus pengadaan pesawat dan helikopter tahun anggaran 2015.

NEWS | 26 Januari 2023

Terjun ke Politik, Kaesang Pangarep Diajak Gabung PKB

Juru bicara muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ais Shafiyah menyambut baik langkah Kaesang Pangarep yang mengaku tertarik terjun ke dunia politik.

NEWS | 26 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Pemilu, Mahfud MD: Pilih Wakil Sekaligus Program

Soal Pemilu, Mahfud MD: Pilih Wakil Sekaligus Program

BERSATU KAWAL PEMILU | 56 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE