Logo BeritaSatu

Dukung Aksi Protes, Pesepakbola Mantan Pemain Timnas Iran Ditangkap

Jumat, 25 November 2022 | 11:05 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Teheran, Beritasatu.com - Iran pada Kamis (24/11/2022) menangkap seorang pesepakbola profesional asal Kurdi, Voria Ghafouri yang mendukung aksi protes yang telah mengguncang negara itu sejak September, kata kantor berita Fars.

Voria Ghafouri, seorang tokoh blak-blakan yang telah 28 kali membela timnas Iran hingga 2019, ditangkap setelah sesi latihan klub atas tuduhan bahwa dia menyebarkan "propaganda" melawan republik Islam itu, lapor kantor berita Fars.

Dia adalah salah satu tokoh paling menonjol yang ditangkap dalam penumpasan protes berskala luas, di tengah pengawasan ketat terhadap perilaku tim nasional di Piala Dunia Qatar.

Timnas Iran menahan diri dari menyanyikan lagu kebangsaan pada pertandingan pertama mereka melawan Inggris pada hari Senin lalu.

Tapi kekhawatiran juga tumbuh atas tindakan keras pihak berwenang di wilayah Kurdi, barat Iran dari mana Ghafouri berasal, dengan kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan puluhan telah tewas selama seminggu terakhir saja.

Ghafouri ditahan setelah sesi latihan dengan klubnya Foolad Khuzestan dengan tuduhan "menodai reputasi tim nasional dan menyebarkan propaganda melawan negara", kata kantor baru Fars.

Kelompok hak asasi yang berfokus pada Kurdi, Hengaw, yang berbasis di Norwegia, juga mengatakan dia telah ditangkap, memposting foto pemain tersebut dengan pakaian tradisional Kurdi.

Mantan pemain sepak bola internasional Iran Ali Karimi, pendukung protes yang blak-blakan lainnya, juga mengunggah foto Ghafouri yang sama di akun Twitternya untuk mendukung pemain tersebut.

"Untuk Voria yang terhormat," tulisnya.

Tindakan keras Iran menjadi sorotan di dewan HAM PBB

Iran telah menyaksikan lebih dari dua bulan demonstrasi yang dipicu oleh kematian dalam tahanan wanita muda Mahsa Amini, 22 tahun, yang berasal dari Kurdi, setelah dia ditangkap polisi susila karena dugaan pelanggaran aturan berpakaian ketat negara untuk wanita.

Protes telah membesar menjadi gerakan luas melawan teokrasi yang berkuasa.

Ghafouri di akun media sosialnya sangat mendukung protes tersebut dan juga dilaporkan mengunjungi daerah berpenduduk Kurdi di Iran untuk mengungkapkan solidaritas dengan keluarga korban tindakan keras.

Dia mendapat pujian khusus karena mengunjungi putri muda seorang wanita yang terbunuh dalam protes dan memberinya tablet sebagai hadiah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Elon Musk Aktifkan Akun Tokoh Neo-Nazi, Rapper Ye Dibekukan

Elon Musk mengaktifikan kembali akun milik tokoh neo-Nazi neo-Nazi Andrew Anglin, sementara akun milik rapper Ye yang dikenal sebagai Kanye West malah dibekukan

NEWS | 5 Desember 2022

Sore hingga Malam, Sebagian Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dapat disertai kilat atau petir di sebagian wilayah Jakarta pada sore hingga malam hari

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru, Relawan Pertaruhkan Nyawa Evakuasi Warga

Awan panas guguran dari Gunung Semeru mengakibatkan sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diguyur hujan abu vulkanik.

NEWS | 5 Desember 2022

Perempuan Pelaku Penganiayaan Balita di Bantaeng Ditangkap

Setelah buron beberapa lama, HS, pelaku penganiayaan balita di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, akhirnya ditangkap polisi, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

5 Berita Terpopuler, Erupsi Gunung Semeru hingga Konser Rizky Febian

Bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur dan konser mini Rizky Febian di Stasiun MRT Hotel Indonesia menjadi berita terpopuler Beritasatu.com.

NEWS | 5 Desember 2022

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Akibat Gagal Panen, Harga Beras di Kalsel Naik Drastis

Akibat Gagal Panen, Harga Beras di Kalsel Naik Drastis

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE