Logo BeritaSatu
Kongres KUPI II 2022,

Wagub Jateng Dukung Peran Perempuan dalam Majukan Negara

Jumat, 25 November 2022 | 11:55 WIB
Oleh : JNS

Semarang, Beritasatu.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen mendukung peran perempuan dalam memajukan negara.

Hal itu disampaikannya, saat membuka Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II 2022 di Kampus III UIN Walisongo Semarang, Rabu (23/11/2022). Wagub menyebut ulama perempuan wajib memiliki ilmu pengetahuan dan memberikan kontribusi membangun bangsa dan negara.

Taj Yasin mencontohkan kisah Sayyidah Khadijah yang merupakan istri pertama Nabi Muhammad SAW. Kata dia, Khadijah menikah dengan Muhammad SAW sebelum kenabiannya muncul. Menurutnya, hal itu dilakukan Khadijah lantaran dia sudah memiliki ilmu pengetahuan yang cukup.

"Maka kalau saat ini para bu Nyai, para cendekia, perempuan, ingin mengangkat kembali bahwa perempuan ikut andil dalam peradaban, penyampaian terhadap agama ya itu sudah wajar," kata Taj Yasin di hadapan ratusan ulama perempuan dan delegasi dari 31 negara.

Wagub menambahkan dirinya sangat senang Jateng dipilih sebagai konferensi ulama perempuan dari 31 negara ini. Dia mengungkap ajang internasional ini sudah dijadwalkan sejak tahun 2021. Namun, acara terpaksa diundur karena pandemi Covid-19.

Kepada delegasi dari 31 negara, Taj Yasin juga mengajak kepada mereka agar bisa berwisata di Jateng. Beberapa obyek wisata disebutnya untuk menarik perhatian ulama perempuan dari luar negeri.

"Salah satunya adalah Kota Lama. Jangan bicara Kota Lamanya, namun bagaimana peradaban di sana. Kalau jalan ke selatan sedikit ada Alun-alun Semarang. Di sana toleransi sangat kuat. Di belakang masjid, ada kampung arab. Di samping kampung arab ada pecinan, setelah itu ada kaum jawa. Mereka bersama-sama membangun peradaban, toleransi khususnya di Semarang, dan itu patut dikunjungi," papar Wagub.

Direktur Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia Dwi Rubyanti Kholifah mengatakan KUPI II ini diikuti oleh lebih dari seribu peserta. Mereka, lanjutnya, akan berdiskusi selama empat hari untuk membicarakan peran perempuan dalam membangun kebijakan yang melindungi perempuan.

"Para peserta akan mempelajari pengalaman Indonesia dalam membangun gerakan di bawah ulama perempuan," kata Ruby.

Sebagai informasi, KUPI II digelar mulai 23-26 November 2022. Pembukaan KUPI dilaksanakan di Kampus III UIN Walisongo Semarang. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilaksanakan di PP Hasyim Asy'ari Jepara pada 24 hingga 26 November 2022.

Delegasi luar negeri yang datang antara lain dari negara Burundi, Kanada, Mesir, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Hungaria, India, Kenya, Indonesia, Malaysia, Maroko, Pakistan,Filipina, Suriah, Sri Lanka, Thailand, Belanda, Tunisia, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erupsi Gunung Semeru, Relawan Pertaruhkan Nyawa Evakuasi Warga

Erupsi Gunung Semeru, Relawan Pertaruhkan Nyawa Evakuasi Warga

NEWS | 58 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE