Logo BeritaSatu

Ini Sura dan Sulu, Maskot Pemilu 2024 Pilihan KPU

Jumat, 25 November 2022 | 15:40 WIB
Oleh : Muhammad Aulia, Ichsan Ali / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengumumkan maskot Pemilu 2024 terpilih berdasarkan pada hasil seleksi. Maskot terpilih dinamakan Sura dan Sulu karya dari mahasiswi jurusan DKV Universitas Pradita bernama Stephanie (19).

Maskot ini berupa gambar dua burung Jalak Bali bernama Sura (jantan) dan Sulu yang betina. Sura merupakan singkatan dari Suara Rakyat, sementara Sulu adalah singkatan dari Suara Pemilu.

Terlihat, maskot pilihan KPU ini menggambarkan dua burung Jalak Bali warna mayoritas putih serta dilengkapi warna hitam, abu-abu, ungu, dan biru muda. Kedua maskot ini juga memegang alat coblos.

Anggota KPU, August Mellaz menerangkan proses penilaian telah dilakukan mulai 22 Agustus 2022 sampai 22 Oktober 2022. Ada 540 orang yang mengirimkan desain. KPU total menerima 681 desain maskot dari mereka.

Ratusan desain itu lalu dinilai dewan juri beranggotakan Indah Tjahyawulan (Rektor Institut Kesenian Jakarta), Caroline Sunarko (Deputi Program Desain Grafis dan Bussines Development Manager Multimedia Nusantara Polytechnic) dan Saut Irianto Manik (Dosen IKJ). Sedangkan juri khusus yakni August Mellaz dan anggota KPU lainnya Betty Epsilon Idroos.

Ketentuan yang diperhatikan dalam penilaian desain yakni keaslian, kreativitas, komunikatif, inspiratif, dan mencerminkan totalitas serta identitas ke-Indonesiaan. Juri lalu menetapkan 26 desain maskot Pemilu 2024. Dari 26 desain, kemudian terpilih 10 desain yang masuk ke babak final.

"Dari hasil penilaian dengan beberapa kriteria, akhirnya diputuskan ada satu orang pemenang terbaik, yaitu maskot dengan nama Sura, Suara Rakyat dan Sulu, Suara Pemilu karya dari Stephanie," kata August saat jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (25/11/2022).

August menjelaskan, maskot ini bakal diluncurkan perdana pada acara konsolidasi nasional yang diselenggarakan oleh KPU.

"Dengan melibatkan lebih dari 6 ribu personel penyelenggara pemilu di Ancol pada tanggal 1 sampai 3 Desember 2022," ungkap August.

Sementara itu, Stephanie menyampaikan alsannya memakai burung Jalak Bali sebagai maskotnya. Dia menjelaskan, makhluk hidup memiliki kedekatan dengan manusia.

"Kalau pakai makhluk hidup bisa lebih aktif dan lebih dekat dengan manusia jadi saya menggunakan makhluk hidup. Itu karena ada revisi dari beberapa pihak jadi saya ganti dengan burung Jalak Bali," ungkapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Elon Musk Aktifkan Akun Tokoh Neo-Nazi, Rapper Ye Dibekukan

Elon Musk mengaktifikan kembali akun milik tokoh neo-Nazi neo-Nazi Andrew Anglin, sementara akun milik rapper Ye yang dikenal sebagai Kanye West malah dibekukan

NEWS | 5 Desember 2022

Sore hingga Malam, Sebagian Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Petir

BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dapat disertai kilat atau petir di sebagian wilayah Jakarta pada sore hingga malam hari

NEWS | 5 Desember 2022

Erupsi Gunung Semeru, Relawan Pertaruhkan Nyawa Evakuasi Warga

Awan panas guguran dari Gunung Semeru mengakibatkan sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diguyur hujan abu vulkanik.

NEWS | 5 Desember 2022

Perempuan Pelaku Penganiayaan Balita di Bantaeng Ditangkap

Setelah buron beberapa lama, HS, pelaku penganiayaan balita di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, akhirnya ditangkap polisi, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

5 Berita Terpopuler, Erupsi Gunung Semeru hingga Konser Rizky Febian

Bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur dan konser mini Rizky Febian di Stasiun MRT Hotel Indonesia menjadi berita terpopuler Beritasatu.com.

NEWS | 5 Desember 2022

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Siap Menikah, Kaesang Pangarep Latihan Ijab Kabul Selama 6 Bulan

Siap Menikah, Kaesang Pangarep Latihan Ijab Kabul Selama 6 Bulan

LIFESTYLE | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE