Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

KPU Ungkit Tantangan untuk Baca Pola Perilaku Generasi Z

Jumat, 25 November 2022 | 21:59 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WIR
Anggota KPU August Mellaz dalam diskusi bertajuk Media Sosial Untuk Optimalisasi Tingkat Partisipasi Pemilih Millenial di Media Center KPU, Jakarta, Jumat 25 November 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Generasi Z memiliki pola perilaku yang cukup sulit dibaca dalam menerima suatu informasi. Hal itu pada akhirnya menjadi tantangan tersendiri bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) membaca pola perilaku generasi Z dalam rangka menyebarkan informasi, terutama seputar pelaksanaan pemilu.

Demikian disampaikan oleh anggota KPU August Mellaz dalam diskusi bertajuk Media Sosial Untuk Optimalisasi Tingkat Partisipasi Pemilih Millenial. Diskusi berlangsung di Media Center Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Mulanya, August menerangkan bahwa terjadi perubahan perilaku usai dua tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Hal ini karena ada perubahan kebijakan dari sebelumnya mayoritas kegiatan dilaksanakan secara daring demi menghindari penyebaran Covid-19, kini sudah mulai longgar sehingga agenda luring dimungkinkan.

Selain itu, mobilitas warga juga kembali berjalan normal. Penyebaran informasi pun pada akhirnya kembali dilakukan secara tatap muka.

"Oleh karena itu maka generasi Z posisinya nanti mobilitas dari rumah ke sekolah misalnya 30 menit. Pertanyaannya, apakah nanti informasi-informasi misalnya yang dalam bentuk baliho masih akan dibaca atau dilihat?," ungkap August dalam diskusi.

Hal itu karena, kalangan generasi Z sudah terbiasa berkegiatan secara daring lewat gadget-nya. Hal ini pada akhirnya menjadi tantangan tersendiri bagi KPU.

"Dalam konteks berangkat sekolah, saat di jalan dan begitu lampu merah, yang harusnya (saat) terpajang baliho tentang hari H (pemilu) 14 Februari 2024, itu mungkin enggak kebaca. Karena pada saat itu dia konsumsi informasinya lihat gadget," tutur August.

"Ini problem perilaku yang suka tidak suka, KPU harus mengunyahnya dengan baik," ungkapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI