Logo BeritaSatu

Kolaborasi BUMN, Pelindo Bantu Masyarakat Terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 07:16 WIB
Oleh : JNS

Cianjur, Beritasatu.com - Tergabung dalam setidaknya 58 perusahaan BUMN, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berkolaborasi dalam Posko Satgas Bencana BUMN di Cianjur. Posko yang telah dibangun bersama ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan primer bagi 40 desa dari 137 desa yang terdampak bencana gempa Cianjur.

Pada Jumat (25/11/2022) Menteri BUMN Erick Thohir juga turut turun langsung untuk meninjau kelengkapan fasilitas Posko Satgas Bencana BUMN di Cianjur, serta menyempatkan untuk berdialog dan menghibur masyarakat di Kampung Berenuk, Limabangansari, Cianjur.

Advertisement

“Selain kolaborasi 58 BUMN, kita juga mendorong sinergitas dengan Kementerian dan Lembaga lain, semoga bantuan dapat kami maksimalkan dan meringankan masyarakat yang terdampak,” jelas Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa Satgas Bencana BUMN terus berkoordinasi secara intensif dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan pemerintah daerah setempat. Menteri BUMN juga telah meminta Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia melakukan pemetaan terkait kebutuhan mendasar masyarakat terdampak.

Dalam hal ini, sebagai wujud Program Bakti BUMN Pelindo telah mengirimkan dua truk bantuan bermuatan barang-barang kebutuhan primer siap pakai seperti bahan makanan dan minuman instan, alat kebersihan diri, perlengkapan bayi dan balita, hingga kain kafan, serta enam orang relawan tanggap bencana yang terlatih dan bersertifikasi pada Selasa (22/11) lalu yang masih berjaga untuk melayani masyarakat Cianjur hingga hari ini. Bantuan ini disalurkan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo Group.

“Pelindo bersama BUMN lainnya berkolaborasi untuk memberikan aksi cepat penanggulangan bencana gempa di Cianjur. Tim Relawan Pelindo yang berada di Posko Satgas Bencana BUMN siap 1x24 jam untuk membantu proses evakuasi dan membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan,” ujar Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono.

Sebagai informasi, hingga saat ini Satgas BUMN terus mengirimkan bantuan untuk membantu korban gempa melalui 3 posko Utama Satgas BUMN, 9 posko bantuan, 4 posko kesehatan dan 4 dapur umum yang tersebar di berbagai titik wilayah yang terdampak bencana.

Selain itu juga, sebagai bentuk kolaborasi 58 BUMN, sampai saat ini Kementerian BUMN telah menurunkan sebanyak 349 relawan dan 61 tenaga kesehatan untuk membantu lebih dari 60 ribu pengungsi mendapatkan bantuan dan tempat tinggal sementara.

Dalam hal infrastruktur, Satgas BUMN telah mengirimkan 23 unit bantuan genset dan sanitasi, 33 bantuan alat berat, 17 unit ambulan, 2 unit rescue, dan 168 unit tenda.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Isu Reshuffle, Surya Paloh Temui Airlangga di DPP Golkar Siang Ini

Di tengah isu reshuffle, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengunjungi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hari ini, Rabu (1/2/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Isu Reshuffle Hari Ini, Gerindra Sebut Prabowo ke Istana 3 Kali Seminggu

Di tengah isu reshuffle, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga saat menjabat menteri pertahanan kerap ke Istana belakangan ini.

NEWS | 1 Februari 2023

Saat Wowon Serial Killer Peragakan Sosok Aki Banyu Tipu TKW

Tersangka pembunuhan berantai atau serial killer Wowon Erawan mengubah karakternya menjadi sosok fiktif bernama Aki Banyu untuk menipu TKW.

NEWS | 1 Februari 2023

Kasus Kanjuruhan, Jaksa Putar CCTV Polisi Tembakkan Gas Air Mata ke Tribun Penonton

Bukti rekaman cctv ini dengan tujuan ingin membuktikan sesuai dakwaan yang telah disusunnya bahwa memang ada tembakan ke arah tribun penonton.

NEWS | 1 Februari 2023

Eksklusif! Presiden Jokowi Sebut Pertimbangan Politis dalam Reshuffle

Tidak seperti biasanya, Presiden Jokowi menyebut ada pertimbangan politis dalam reshuffle selain performa kementerian.

NEWS | 1 Februari 2023

Top 5 News: Menteri Nasdem Tak Hadir Ratas hingga Serial Killer Wowon Terungkap

Dua menteri dari Nasdem tidak menghadiri ratas dan terbongkarnya pembunuhan berantai Wowon Cs merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 1 Februari 2023

Kabar Reshuffle, Ada Agenda Internal Jokowi Hari ini

Kabar perombakan atau reshuffle kabinet pada hari ini Rabu pon (1/2/2023) makin berhembus kencang.

NEWS | 1 Februari 2023

Putusan MK soal Pernikahan Beda Agama, Menko PMK: Agar Terang Benderang

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy berharap putusan MK soal pernikahan beda agama jadi yang terbaik.

NEWS | 1 Februari 2023

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Aneka Ciri-ciri Diabetes Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Ini Aneka Ciri-ciri Diabetes Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE