Logo BeritaSatu

Berenang di Laut Morotai, Sandiaga Prihatin Banyak Sampah

Sabtu, 26 November 2022 | 09:39 WIB
Oleh : Sahrudin Nurdin / FMB

Ternate, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjajal sensasi melompat ke laut untuk berenang di laut bebas atau open water swimming di Pulau Dodola, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Sensasi Menteri Sandiaga itu tak sendiri, Ia ditemani tiga orang lainnya harus berenang sejauh 800 meter hingga sampai ke pantai Pulau Dodola, yang merupakan salah satu pulau destinasi wisata unggulan di Morotai itu.

Advertisement

“Terima kasih sekali atas keindahan Pulau Morotai ini sangat bagus, tadi saya merasakan sensasi berenang di pantai lepas, di laut bebas yang disebut open water swimming dan di sini kita melihat memang satu keindahan alam,” kata Menparekraf Sandiaga, kepada BTV, Kamis (24/11/2022).

Menurut Sandiaga, Pulau Dodola harus terus dilestarikan agar keindahan pantainya tidak tercemar. Saat berenang, dia masih menemukan banyak sampah di laut, apalagi di kawasan obyek wisata, sehingga perlu adanya kolaborasi pemerintah dan masyarakat mengatasi persoalan sampah.

“ Indonesia bagian timur ini untuk bahu-membahu, bergotong royong, sampah itu harus diselesaikan di hulu. Jika kita melakukan reduce, reuse, recycle, semua tadi kita lihat ada sampah plastik, ada juga kayu-kayu, ada juga tutup botol. Kita harus pastikan bahwa kita memiliki sistem menangkal sampah dari hulu. Tapi kalau sudah sampai laut seperti ini kita harus memiliki kemampuan untuk mengorkestrasi kelompok-kelompok sadar lingkungan membersihkan pantai, pembersihan laut, dan meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian alam kita,” kata Menparekraf.

Selanjurnya Sandiaga bersama Pj Bupati Morotai Muhammad Umar Ali dan Forkopimda melakukan penanaman pohon casuari atau cemara laut di pesisir pantai Pulau Dodola sebagai bentuk memberikan perlindungan dari ancaman abrasi pantai dan juga untuk melindungi lingkungan Pulau Dodola.

"Karena kita menikmati alam kita harus melestarikan alam dengan menanam pohon kaswari yang sering disebut sebagai pinus pantai, atau cemara. Tentu ini adalah bagian dari parawisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Banyak yang melihat parawisata itu hanyalah bisa menyumbangkan sedikit dari geliat ekonomi sekitar 4,3%, tetapi 20 juta lapangan kerja jika ditambah dengan kegiatan kelestarian alam kita bisa menambah lebih dari 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PDUI Minta Masyarakat Bijak Pilih Kemasan Pangan

PDUI meminta masyarakat agar lebih bijak memilih kemasan pangan yang aman untuk menghindari bahaya keracunan EG dan DEG.

NEWS | 29 Januari 2023

Tandan Pisang Setinggi 2 Meter Hebohkan Warga Kudus

Warga di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dibuat heboh dengan adanya tandan pisang yang menjulur dari atas sampai ke bawah setinggi 2 meter.

NEWS | 29 Januari 2023

Jembatan Putus, 4 Anggota TNI dan Polri Hilang di Sungai Digoel Papua

Tiga anggota Polri dan satu anggota TNI dikabarkan hilang di Sungai Digoel, Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jalur Semarang-Grobogan Ambles Sepanjang 25 Meter

Jalur utama yang menghubungkan antara Kabupaten Grobogan dengan Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gubug, Grobogan, ambles.

NEWS | 29 Januari 2023

7 Pelaku Perusakan Bus Persis Solo Ditangkap Polisi

Polres Tangerang Selatan menangkap tujuh suporter yang diduga pelaku perusakan bus Persis Solo usai pertandingan melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Masuki Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada saat peralihan musim.

NEWS | 29 Januari 2023

Pura-pura Hendak Salat Duha, Pasangan Suami Istri Curi Kotak Amal Terekam CCTV

Pasangan suami istri yang berpura pura hendak menjalankan salat Duha terekam kamera pengawas CCTV mencuri uang dalam kotak amal masjid.

NEWS | 29 Januari 2023

Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

Sopir Audi A6 berinisial SG, tersangka kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini sedang diperiksa Polres Cianjur. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan lebat selama tiga hari ke depan.

NEWS | 29 Januari 2023

Banjir di Jalan Bangun Nusa Raya Cengkareng karena Drainase Buruk

Banjir yang kerap melanda Jalan Bangun Nusa Raya, Cengkareng, Jakarta Barat disebabkan sistem drainase yang buruk.  

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penyandang Disabilitas Menjadi Pengrajin Kaki Palsu

Penyandang Disabilitas Menjadi Pengrajin Kaki Palsu

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE