Logo BeritaSatu

Sebut Pemimpin Berambut Putih, Sinyal Kuat Jokowi Dukung Ganjar

Sabtu, 26 November 2022 | 14:11 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah memberikan sinyal kuat mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Sinyal kuat itu disampaikan dalam sambutan di acara relawan Jokowi bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Saat itu, Jokowi mengatakan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah adanya kerutan di wajah dan rambutnya putih. Presiden Jokowi bahkan sampai dua kali mengatakan soal sosok pemimpin berambut putih itu. Sementara, dari tiga nama bakal calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi, hanya Ganjar Pranowo yang rambutnya berwarna putih.

Advertisement

"Presiden Jokowi secara eksplisit menyampaikan kodenya kembali soal ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat, yang berulang kali menyebut memiliki rambut putih. Artinya dari ketiga kandidat capres terkuat yang kini bertengger di peringkat teratas, yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies, hanya Ganjar yang memiliki penampakan rambut putih mencolok," kata Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro kepada Beritasatu.com, Sabtu (26/11/2022).

Agung menyatakan, bukan kali ini saja Jokowi memberikan sinyal mendukung Ganjar di Pilpres 2024. Saat acara Projo pada 20 Mei 2022 lalu, Jokowi menyebut tokoh yang diundang di acara tersebut mungkin yang akan didukungnya di pilpres. Sementara saat itu, capres yang diundang hanya Ganjar.

Agung menilai, hal yang wajar jika Jokowi mendukung Ganjar karena keduanya merupakan kader tulen PDIP. Bedanya, Jokowi tak bisa maju lagi sebagai capres, sementara Ganjar unggul dibanding capres-capres lain sebagaimana Jokowi saat akan berlaga di pilpres.


"Di titik inilah, dukungan Presiden Jokowi semakin logis karena peluang menang Ganjar sementara ini membesar kecuali ada situasi luar biasa yang membuat Ganjar tak bisa maju ke arena pilpres," katanya.

Menurut Agung, dukungan kepada Ganjar akan memberikan efek bagi peta capres karena Jokowi masih memiliki magnet elektoral. Hal tersebut terkonfirmasi dalam survei litbang Kompas periode 24 September sampai dengan 7 Oktober 2022. Hasil survei itu menyebutkan, capres yang didukung oleh Jokowi memberi pengaruh bagi pemilih sebanyak 15,1%.

Raihan angka ini tentu penting bila kelak kompetisi pilpres berlangsung kompetitif. Hasil survei itu juga makin menguatkan posisi tawar Jokowi sebagai salah satu king maker.

"Walaupun angka dukungan tadi beririsan dengan pemilih yang sejak awal sudah melabuhkan pilihannya kepada Ganjar yang terekam dalam beragam temuan lembaga survei," katanya.

Baca selanjutnya
Dalam kesempatan ini, Agung mengatakan, bagi Ganjar dan relawannya, dukungan Jokowi ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Antar Langsung Surat SP3 Kasus Mahasiswa UI Tewas Ditabrak, Orang Tua: Aneh

Orang tua mahasiswa UI yang tewas ditabrak menyebut surat SP3 diberikan secara langsung oleh polisi ke rumahnya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Hentikan Penyelidikan Satu Keluarga Dikurung di Dalam Rumah

Juru parkir di Bandar Lampung yang mengurung istri dan 8 orang anaknya di kontrakan telah dipulangkan dan polisi menyatakan penyelidikan dihentikan.

NEWS | 31 Januari 2023

Diguyur Hujan, Atap SDN Bejelo Lombok Tengah Ambruk Lagi

Hujan lebat yang terus mengguyur membuat atap SDN Bejelo Desa Bonjeruk, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah NTB ambruk lagi. 

NEWS | 31 Januari 2023

AS Bakal Akhiri Kondisi Darurat Covid-19 pada 11 Mei

Pemerintahan Presiden Joe Biden pada Senin (30/1/2023) mengatakan, siap mengakhiri kondisi darurat Covid-19 pada 11 Mei.

NEWS | 31 Januari 2023

KIB Dinilai Koalisi Paling Solid, Ini Alasannya

PARA Syndicate menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP adalah koalisi yang paling solid dibandingkan koalisi lainnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Pleidoi Ditolak Jaksa, Ferdy Sambo Cs Akan Tanggapi Hari Ini

Selain Ferdy Sambo, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf juga akan menjalani sidang dengan agenda yang sama dalam perkara pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J tersebut.

NEWS | 31 Januari 2023

Bencana Hidrometeorologi Basah Tak Lepas dari Faktor Populasi

Menurut BNPB, dengan populasi tinggi, pasti di situ bencana hidrometeorologi basah cukup dominan

NEWS | 31 Januari 2023

5 Top News: Kabar Reshuffle, Tuntutan Bharada E hingga Tewasnya Mahasiswi Ditabrak

Selain berita mengenai perombakan kabinet atau reshuffle, berita soal tuntutan Bharada E dan juga tewasnya mahasiswi ditabrak di Cianjur mendapat perhatian besar,

NEWS | 31 Januari 2023

PKB Tunggu Parpol Pilihan Kaesang

Wakil Sekjen PKB itu berharap rencana Kaesang terjun ke politik menjadi momentum bagi para generasi Z dan milenial mengambil pilihan masuk di politik praktis.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Pulangkan Puluhan Aremania

Dari 107 orang yang sebelumnya diamankan, setelah diperiksa ternyata mereka mengaku tidak ikut dalam aksi demonstrasi di kantor Arema FC.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Witan Sulaeman Gabung Persija dengan Kontrak 3,5 Tahun

Witan Sulaeman Gabung Persija dengan Kontrak 3,5 Tahun

BOLA | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE