Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Jokowi soal Pemimpin Berambut Putih, Pengamat Politik: Ganjar Pranowo

Sabtu, 26 November 2022 | 14:42 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / BW
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Jokowi mengatakan, ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat adalah rambutnya putih. Terkait hal itu, pengamat politik menilai, ciri-ciri itu adalah Ganjar Pranowo.

Hal itu diungkapkan Jokowi di hadapan ribuan relawan yang menghadiri silaturahmi acara bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022).

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik, Yunarto Wijaya mengungkapkan, berdasarkan analisisnya ciri-ciri yang disebutkan Jokowi tersebut, itu adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Ganjar Pranowo. Clear," kata Yunarto saat dikonfirmasi Beritasatu.com, Sabtu (26/11/2022)..

Dikatakan Yunarto, pernyataan Jokowi tersebut merupakan kode yang terus terang sebagai dukungannya untuk Pilpres 2024 nanti.

Menurut Yunarto, kode tersebut merupakan lanjutan dari kode yang pernah dibuat Jokowi di rapat kerja nasional (rakernas) pro Jokowi.

"Kode ini menurut saya juga ditujukan bukan hanya kepada relawan tetapi juga kepada partai-partai pendukungnya yang mungkin masih bertanya-tanya kepada siapa dukungan harus diberikan," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan ciri pemimpin yang memikirkan rakyatnya. Hal itu diungkapkan Jokowi saat menghadiri silaturahmi relawan Jokowi bertajuk Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Awalnya, Jokowi membeberkan ciri pemimpin yang dekat dengan masyarakat. Pemimpin tersebut bisa dilihat dari adanya kerutan wajah hingga rambut yang sampai memutih karena memikirkan rakyatnya.

"Perlu saya sampaikan, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan. Dari mukanya itu kelihatan. Dari penampilannya itu kelihatan. Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua. Ada. Ada Itu," kata Jokowi.

Di samping itu, Jokowi meminta relawan dan masyarakat untuk berhati-hati apabila sosok pemimpin lainnya berwajah bersih.

Jokowi pun mengulangi pernyataannya bahwa pemimpin yang memikirkan rakyatnya berambut putih.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya. Dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya. Kalau rambutnya putih semua, ya ini mikirin rakyat ini," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI