Logo BeritaSatu

Ganjar Pranowo: Anak Muda Jangan Golput saat Pemilu

Sabtu, 26 November 2022 | 15:24 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, mendorong generasi muda atau pemilih pemula agar tidak golput dalam penyelenggaraan pemilu. Menurutnya, suara anak muda sangat menentukan masa depan bangsa yang lebih baik.

“Saya sangat menghormati semua yang diberikan oleh siapapun. Pengalaman negara sedemokratis Amerika Serikat saja tidak semua rakyatnya memberikan suara. Tetapi ada satu yang mungin bisa diperhitungkan atau kita pertimbanggkan. Kita boleh tidak memilih, boleh tidak ikut menentukan. Tetapi kemudian ketika sebuah keputusan diambil, apakah kita bisa serta merta menerima?,” kata Ganjar Pranowo yang hadir secara virtual saat sesi diskusi #YourVoiceMatters dalam rangkaian kegiatan Ideafest 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Advertisement
Ganjar Pranowo: Anak Muda Jangan Golput saat Pemilu
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo hadir secara virtual dalam sesi diskusi yang menjadi rangkaian kegiatan Ideafest 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), 26 November 2022.

Ganjar mencontohnya adanya ide untuk beralih dari energi fosil ke energi renewable, atau menginginkan pendidikan dan fasilitas kesehatan yang jauh lebih baik.

“Semuanya itu butuh keputusan politik. Jadi semuanya kalau bisa ya memilih, semuanya bisa mempertimbangkan, data science-nya ada. Bahwa mungkin para elite atau mereka yang bersiap untuk kontestasi, berkelahi, atau follower-nya berkelahi, itu karena kedewasaan politik kita belum sampai pada batas yang seharusnya dan kita lagi belajar terus,” kata Ganjar.

Bila generasi muda tidak mau ikut menentukan nasib bangsa melalui suara yang diberikan, mereka bisa menjadi generasi yang apatis atau cuek terhadap kondisi sekitar. Padahal sebenarnya, menurut Ganjar, sesuatu yang tidak baik bisa diubah menjadi lebih baik melalui suara yang diberikan.

Dalam kesempatan ini, Ganjar juga menyampaikan karakter pemimpin yang paling dibutuhkan Indonesia adalah yang bisa mengayomi dan selalu mendengarkan aspirasi rakyat. Tanpa adanya karakter itu, ia meyakini pemimpin tersebut pasti akan ditinggalkan.

“Pemimpin itu menurut saya yang bisa bikin adem ayem, yang punya karakter mendengarkan dan mengajak. Jadi bagi yang tidak mau mendengar dan tidak mau mengayomi, pasti mereka akan ditinggalkan,” kata Ganjar.

Ia menambahkan, pemimpin juga harus bisa memahami dan menghargai adanya keberagaman di Indonesia. “Orang yang berbeda suku, agama, golongan, itu kan juga orang Indonesia. Dicubit sakit, kalau lapar ya makan, rasanya akan sama saja,” kata Ganjar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023

PSI Minta Pertumbuhan Sektor Pariwisata Juga Dinikmati UMKM

PSI berharap pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tumbuh signifikan selama 2022 turut dinikmati oleh UMKM. 

NEWS | 2 Februari 2023

Bermaksud Serang Sejumlah Sasaran di Singapura, Pelajar Pendukung ISIS Ditahan

Seorang pelajar berusia 18 tahun ditangkap berdasarkan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri, setelah berencana menyerang sejumlah sasaran di Singapura.

NEWS | 2 Februari 2023

Kerajinan Bambu Jombang Tembus Pasar Tiongkok dan Belanda

Perajin bambu asal Desa Pucangrejo, Kabupaten Jombang, sukses mengolah bambu menjadi kerajinan tangan bernilai tinggi dan menembus pasar ekspor.

NEWS | 2 Februari 2023

Kapolda Metro Jaya Mutasi Puluhan Kapolsek, Ini Daftarnya

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran melakukan mutasi jabatan puluhan kapolsek di jajaran Polda Metro Jaya. 

NEWS | 2 Februari 2023

DPR: Cegah Paham yang Berpotensi Munculkan Konflik Sosial

Maman Imanulhaq menilai, pencegahan penyebaran paham yang berpotensi menimbulkan konflik sosial harus dilakukan.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bioiesel B35 Butuh Peningkatan Fasilitas Blending dan Pembiayaan

Bioiesel B35 Butuh Peningkatan Fasilitas Blending dan Pembiayaan

EKONOMI | 29 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE