Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

DPR Bakal Sahkan RUU KUHP Sebelum Masa Reses

Sabtu, 26 November 2022 | 16:30 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya berencana segera menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP). Rencananya, kata Dasco, RUU KUHP disahkan sebelum masa reses DPR.

"Insyaallah sebelum kami memasuki masa reses di masa sidang ini RUU KUHP akan disahkan di paripurna DPR,” ujar Dasco sebagaimana dikutip Sabtu (26/11/2022).

Dasco mengatakan sudah berkoordinasi dengan Ketua DPR Puan Maharani untuk melakukan rapat pimpinan memutuskan waktu paripurna pengesahan RUU KUHP. Setelahnya, pihaknya akan melakukan rapat badan musyawarah (Bamus) untuk memutuskan jadwal paripurna.

“Ya menurut hasil komunikasi dengan Ibu Ketua DPR (Puan Maharani) bahwa dalam waktu dekat kami akan rapat pimpinan. Jadi, itu harus disinkronkan antara pimpinan DPR, pimpinan fraksi, dan alat kelengkapan dewan (AKD),” tegas Dasco.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan mayoritas fraksi, dalam rapat terakhir dengan pemerintah pada Kamis (24/11/2022) lalu, menerima pengesahan RUU KUHP tingkat 1 dengan sejumlah catatan. Untuk itu, dia berharap DPR dan pemerintah dapat bekerja sama untuk mensosialisasikan RKUHP terbaru.

“Sosialisasi mengenai hal-hal krusial supaya masyarakat mengerti. Karena ada beberapa pasal sebenarnya sudah kami harmonisasikan, harusnya enggak jadi polemik,” kata Dasco.

Diketahui, anggota DPR akan kembali memasuki masa reses pada 16 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023. Selain RUU KUHP, DPR juga harus melakukan fit and proper test untuk menentukan panglima TNI baru menggantikan Jenderal Andika Perkasa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI