Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Sabtu, 26 November 2022 | 21:47 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Perwakilan guru dari seluruh Indonesia saat menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 yang mengusung tema tema; “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”, di JI EXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu 26 November 2022. 

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyebutkan, lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar. Adapun platform Merdeka Mengajar. ini untuk meningkatkan kualitas guru di seluruh Tanah Air.

“Semua ini tentunya berkat gotong royong kita semua. Berkat keberanian ibu dan bapak guru dalam berkarya dan berinovasilah sekarang Merdeka Belajar bisa menjadi sebuah gerakan,” ucapnya.

Hal ini disampaikan Nadiem pada acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 yang mengusung tema tema; “Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar”, di JI EXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Nadiem menuturkan, Merdeka Belajar yang sudah berjalan selama tiga tahun terakhir. Untuk itu, ia berharap harus menjadi lebih besar lagi dan bisa dirasakan manfaatnya oleh semua murid, semua guru, semua sekolah di seluruh Indonesia.

“Keberanian kita untuk berinovasi harus semakin ditingkatkan lagi sebagai bekal kita melompat ke masa depan,” kata Nadiem.

Sementara itu, pada momentum HGN 2022, Yulia Yasmina, Chief Administration Officer PT Trakindo Utama (Trakindo) menegaskan komitmen Trakindo mendukung kemajuan pendidikan melalui implementasi program yang bermanfaat bagi sekolah di setiap jenjang pendidikan.

Ia menuturkan, Trakindo telah menghadirkan program Generasi Trakindo, yaitu program pendidikan yang bekerja sama dengan institusi pendidikan di jenjang SD. Program ini berupaya mendukung penguatan pendidikan karakter, kecakapan hidup, dan budaya inovasi di sekolah-sekolah dasar dengan menempatkan siswa sebagai fokus kegiatan.

Dalam pelaksanaannya, dukungan yang diberikan meliputi penerapan program pengembangan sekolah yang terstruktur, intervensi berbentuk pelatihan dan pendampingan berbasis sekolah, dengan fokus pada perbaikan tata kelola sekolah, penyiapan lingkungan pembelajaran, pembudayaan karakter, integrasi pembelajaran project based learning (PJBL) dan challenge-based learning (CBL), serta pelibatan orang tua dan masyarakat dalam membangun budaya inovasi lewat intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Selain itu, juga mewujudkan komitmen dalam melakukan penguatan pendidikan berkesinambungan dengan generasi Trakindo untuk SMP, dan program CO-OP Trakindo untuk tingkat SMK dan pendidikan tinggi vokasi.

“Ini merupakan bentuk keselarasan antara komitmen berkelanjutan terhadap misi perusahaan yaitu, menciptakan lapangan kerja berkualitas untuk sebanyak-banyaknya masyarakat,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI