Logo BeritaSatu

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Sabtu, 26 November 2022 | 22:56 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Taipei, Beritasatu.com – Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa, menyusul kekalahan pemilihan lokal pada Sabtu (26/11/2022).

Pemilih di Taiwan sangat memilih oposisi Kuomintang, atau KMT dalam beberapa pemilihan besar di seluruh pulau yang memiliki pemerintahan sendiri dalam pemilihan di mana kekhawatiran tentang ancaman dari Tiongkok mengambil lebih banyak masalah lokal.

Advertisement

Tsai telah berbicara berkali-kali tentang "menentang Tiongkok dan membela Taiwan" dalam kampanye untuk partainya. Tetapi kandidat partai Chen Shih-chung, yang kalah dalam pertempuran untuk Wali Kota Taipei, hanya mengangkat masalah ancaman Partai Komunis beberapa kali sebelum dia dengan cepat beralih kembali ke masalah lokal.

Tsai mengajukan pengunduran dirinya pada Sabtu (26/11/2022) malam, sebuah tradisi setelah kekalahan besar, dalam pidato singkat di mana dia juga berterima kasih kepada para pendukungnya.

“Saya harus memikul semua tanggung jawab,” katanya. “Menghadapi hasil seperti ini, ada banyak area yang harus kita tinjau secara mendalam.”

Sementara pengamat internasional dan partai yang berkuasa telah berusaha untuk menghubungkan pemilihan dengan ancaman eksistensial jangka panjang yang merupakan tetangga Taiwan, banyak ahli lokal tidak berpikir Tiongkok, yang mengklaim pulau itu sebagai wilayahnya untuk dianeksasi secara paksa jika perlu, memiliki peran besar untuk dimainkan kali ini.

“Masyarakat internasional telah menaikkan taruhannya terlalu tinggi. Mereka telah meningkatkan pemilihan lokal ke tingkat internasional ini, dan kelangsungan hidup Taiwan,” kata Yeh-lih Wang, seorang profesor ilmu politik di Universitas Nasional Taiwan.

Selama kampanye, ada beberapa penyebutan tentang latihan militer berskala besar yang menargetkan Taiwan yang diadakan Tiongkok pada bulan Agustus sebagai reaksi atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

“Jadi saya pikir jika Anda bahkan tidak bisa mengangkat masalah ini di Taipei,” kata Wang. "Kamu bahkan tidak perlu mempertimbangkannya di kota-kota di selatan."

Kandidat dari KMT memenangkan kursi Wali Kota di Taipei, ibu kota Taiwan, serta di kota Taoyuan, Taichung dan New Taipei.

Warga Taiwan memilih wali kota, anggota dewan kota, dan pemimpin lokal lainnya di 13 kabupaten dan di sembilan kota. Ada juga referendum untuk menurunkan usia pemilih dari 20 menjadi 18 tahun, yang dikalahkan, menurut media setempat.

Chiang Wan-an, Wali Kota Taipei yang baru , mengumumkan kemenangan Sabtu malam dalam rapat umum besar. “Saya akan membiarkan dunia melihat kehebatan Taipei,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNA/AP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Presidensi G20 Indonesia Sukses, Jokowi: Modalnya Membangun Trust

Indonesia pada 2022 telah sukses memegang Presidensi Group of 20 (G20), forum kerja sama 20 ekonomi utama dunia.

NEWS | 31 Januari 2023

Turunnya Nilai Manfaat Dana Haji, Penyebab Biaya Haji Naik

Pakar kebijakan publik UPN Veteran, Achmad Nur Hidayat mengatakan, rencana kenaikan biaya haji dipicu turunnya nilai manfaat dana haji yang semakin kecil.

NEWS | 31 Januari 2023

Jadi Ketua ASEAN 2023, Jokowi: Ini Fokus Indonesia

Indonesia kembali menjadi ketua ASEAN tahun 2023 di tengah rivalitas antarnegara yang semakin tajam. Presiden Jokowi menegaskan, dalam kepemimpinan di ASEAN

NEWS | 31 Januari 2023

Keluarga Ungkap Sosok Selvi, Mahasiswi Korban Tabrak Lari di Cianjur

Eva Patimah, bibi mahasiswi Cianjur Selvi Amelia Nuraini, mengungkap sosok ponakannya yang menjadi korban tabrak lari di Cianjur

NEWS | 31 Januari 2023

Minyakita Langka di Rangkasbitung, Harga Naik Rp 1.000

Minyak goreng Minyakita sudah tidak lagi ditemukan di sejumlah pasar tradisional yang ada di wilayah Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

NEWS | 31 Januari 2023

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap DPO Kasus Narkoba dari Malaysia

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri berhasil menangkap satu daftar pencarian orang (DPO) atas nama Akbar Antoni (AA) dari Malaysia

NEWS | 31 Januari 2023

Ganjar Ingin NU Terus Berkontribusi dalam Perkuat Kehidupan Berbangsa

Ganjar Pranowo ingin Nahdlatul Ulama atau NU terus berkontribusi dalam memperkuat kehidupan berbangsa.

NEWS | 31 Januari 2023

Presiden Jokowi Mengaku Heran Ditanya Reshuffle Terus

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku heran mendapat pertanyaan tentang reshuffle kabbinet  setiap kali bertemu wartawan.

NEWS | 31 Januari 2023

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ribuan Botol Miras Ilegal

Kantor Bea Cukai Kalbagbar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berhasil mengagalkan penyelundupan puluhan ribu botol minuman keras (miras) ilegal tanpa cukai.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Jabar Tak Kaitkan Skandal Kompol D dalam Kasus Kecelakaan di Cianjur

Polda Jabar tak mengaitkan skandal Kompol D dalam penyidikan kasus kecelakaan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur BI Ungkap Lima Faktor Penguat Nilai Tukar Rupiah

Gubernur BI Ungkap Lima Faktor Penguat Nilai Tukar Rupiah

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE