Logo BeritaSatu

Survei: Sekitar 70 Juta Orang Indonesia Pernah Bayar Uang Damai Saat Ditilang

Minggu, 27 November 2022 | 15:41 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.comIndikator Politik Indonesia dalam surveinya mengungkapkan temuan mengenai cukup banyak masyarakat yang membayar ke anggota polisi agar tidak ditilang, atau umum dikenal dengan istilah uang damai. Diperkirakan, ada sekitar 60 juta sampai dengan 70 juta orang Indonesia yang pernah membayar uang damai saat ditilang polisi.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan hasil surveinya bertajuk Kinerja Lembaga Penegak Hukum di Mata Publik dan Penanganan Kasus-Kasus Besar. Hasil survei disampaikan secara daring, Minggu (27/11/2022).

Advertisement

Mulanya, para responden ditanya soal pernahkah mereka membayar sejumlah uang yang disepakati ke anggota polisi yang bertugas supaya tidak ditilang. Ada 30,6% responden yang menjawab pernah membayar uang damai tersebut, sedangkan 68,4% responden menjawab tidak pernah, 1% memilih tidak tahu atau tidak menjawab.

“30,6% itu dari total populasi itu berarti populasinya kan sekitar yang punya hak pilih 200 jutaan lebih ya. Jadi kalau 30% itu ya berarti sekitar 60 sampai 70 juta orang yang pernah mengaku membayar sejumlah uang yang disepakati uang damai, secara khusus kalau berkaitan sama lalu lintas atau tugas kepolisian yang lain,” ujar Burhanuddin saat menyampaikan paparan hasil surveinya.

Selain itu, dalam survei itu, Indikator Politik Indonesia juga mencatat ada 25,3% responden yang mengaku pernah membayar uang ke polisi agar dipermudah dalam pembuatan atau perpanjangan SIM. Sementara 73,8% responden mengaku tidak pernah dan 0,9% lainnya tidak tahu atau tidak menjawab.

“Jadi ini menurut saya PR ya, mungkin DPR perlu mengingatkan. Bagaimana caranya praktik ini bisa dikurangi karena kita temukan ada korelasi antara mereka yang pernah bayar dengan trust kepada kepolisian,” ungkap Burhanuddin.

Survei nasional ini berlangsung pada tanggal 30 Oktober – 5 November 2022. Populasi survei yakni warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih dalam pemilu, yaitu berumur 17 tahun atau lebih, atau telah menikah saat survei berlangsung.

Penarikan sampel memakai metode multistage random sampling. Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.220 orang berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional dengan asumsi metode simple random sampling. Margin of error survei ini sekitar plus minus 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Responden terpilih pada survei ini diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara terlatih.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cak Imin Peringati 1 Abad NU Bersama Tuan Guru Turmudzi dan Ulama se-NTB

Cak Imin menghadiri Ijtima' Ulama Nusantara bersama Ulama se NTB yang dirangkai dengan peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama di Lombok Tengah.

NEWS | 1 Februari 2023

Jenazah Personel Polres Metro Kepulauan Seribu Dibawa ke Rumah Duka di Sunter

Polisi yang meninggal di Polres Metro Kepulauan Seribu di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, dibawa ke rumah duka di Sunter Agung.

NEWS | 1 Februari 2023

Ridwan Kamil Beri Lampu Hijau Istri Maju Pilwalkot Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memberi lampu hijau kepada istrinya, Atalia Praratya, maju dalam Pilwalkot Bandung.

NEWS | 1 Februari 2023

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro menyelidiki tewasnya anggota polisi didug berinisial Aipda I di Kantor Perwakilan Polres Metro Kepulauan Seribu, Selasa (31/1/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu seberat 40 kilogram.

NEWS | 31 Januari 2023

Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dua menteri dari Partai NasDem yang tidak hadir dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Negara hari ini.

NEWS | 31 Januari 2023

Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

Letda Inf Rian Alfeiro Putra Perdana dilaporkan tewas setelah terpeleset dan hanyut di Kali Yambi, Papua.

NEWS | 1 Februari 2023

Tertangkap Basah, Jambret HP Dihakimi Massa di Karawang

Seorang pemuda dihakimi warga setelah tertangkap basah menjambret HP atau ponsel di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang.

NEWS | 1 Februari 2023

Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) menggelar program menciptakan kampung kreatif.

NEWS | 1 Februari 2023

Menteri Muhadjir Dorong Kenaikan Biaya Haji Dilakukan Bertahap

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menaikkan biaya haji secara bertahap.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE