Logo BeritaSatu

Aksi Protes Kebijakan Nol-Covid Tiongkok Menyebar ke Seluruh Negeri

Minggu, 27 November 2022 | 20:27 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Beijing, Beritasatu.com – Aksi protes kebijakan nol Covid Tiongkok meluas setelah warga marah akibat kebijakan yang mengurung jutaan orang di dalam rumah. Aksi protes telah menyebar ke Shanghai dan kota-kota lain, karena isu pembatasan itu dinilai warga mungkin telah memperburuk jumlah korban tewas dalam kebakaran apartemen di barat laut.

Polisi Shanghai menggunakan semprotan merica terhadap sekitar 300 pengunjuk rasa, menurut seorang saksi mata. Mereka berkumpul Sabtu malam untuk meratapi kematian sedikitnya 10 orang dalam kebakaran apartemen pekan lalu di Urumqi di wilayah Xinjiang di barat laut.

Advertisement

Video yang diunggah di media sosial yang mengatakan mereka difilmkan di Nanjing di timur, Guangzhou di selatan dan setidaknya lima kota lainnya menunjukkan pengunjuk rasa bergumul dengan polisi dalam pakaian pelindung putih atau membongkar barikade yang digunakan untuk menutup lingkungan. Saksi mata mengatakan protes terjadi di Urumqi, tetapi The Associated Press tidak dapat mengkonfirmasi rincian video lainnya.

Pemerintah Presiden Xi Jinping menghadapi kemarahan yang meningkat atas kebijakan "nol-Covid" yang telah menutup akses ke daerah-daerah di seluruh Tiongkok dalam upaya untuk mengisolasi setiap kasus pada saat pemerintah negara lain melonggarkan kontrol dan mencoba hidup dengan virus.

Kontrok itu membuat tingkat infeksi Tiongkok lebih rendah daripada Amerika Serikat dan negara lain. Tetapi Partai Komunis yang berkuasa menghadapi keluhan yang semakin meningkat tentang biaya ekonomi karena bisnis tutup dan keluarga diisolasi selama berminggu-minggu dengan akses terbatas ke makanan dan obat-obatan.

Beberapa pengunjuk rasa ditampilkan dalam video yang berteriak agar Presiden Tiongkok Xi Jinping mundur atau partai yang berkuasa menyerahkan kekuasaan.
Para pemimpin partai bulan lalu berjanji untuk membuat pembatasan yang tidak terlalu mengganggu dengan melonggarkan karantina dan aturan lainnya, tetapi kemudian mengatakan mereka tetap berpegang pada "nol Covid".

Sementara itu, peningkatan infeksi yang mendorong kasus harian di atas 30.000 untuk pertama kalinya telah menyebabkan otoritas lokal memberlakukan pembatasan yang dikeluhkan warga melebihi aturan yang diizinkan oleh pemerintah nasional.

Kematian akibat kebakaran di Urumqi memicu luapan pertanyaan marah secara online tentang apakah petugas pemadam kebakaran yang membutuhkan waktu tiga jam untuk memadamkan api atau korban yang mencoba melarikan diri mungkin dihalangi oleh pintu yang terkunci atau kontrol lainnya. Pihak berwenang membantahnya, tetapi bencana tersebut menjadi titik fokus kemarahan publik tentang pembatasan anti-penyakit, propaganda dan penyensoran partai yang berkuasa.

Di Shanghai, pengunjuk rasa berkumpul di Jalan Urumqi Tengah pada tengah malam dengan bunga, lilin, dan tanda bertuliskan "Urumqi, 24 November, mereka yang meninggal beristirahat dengan damai," menurut seorang peserta yang hanya akan menyebutkan nama keluarganya, Zhao.

Zhao mengatakan salah satu temannya dipukuli oleh polisi dan dua disemprot merica. Dia mengatakan polisi menginjak kakinya ketika dia mencoba menghentikan mereka membawa temannya pergi. Dia kehilangan sepatunya dan pergi tanpa alas kaki.

Menurut Zhao, pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan termasuk "Xi Jinping, mundur, Partai Komunis, mundur", "Buka kunci Xinjiang, buka kunci Tiongkok", "tidak ingin PCR (tes), ingin kebebasan" dan "kebebasan pers".

Sekitar 100 polisi berdiri berbaris untuk mencegah pengunjuk rasa berkumpul atau pergi, kata Zhao. Dia mengatakan bus dengan lebih banyak polisi tiba kemudian.

Pengunjuk rasa lain, yang hanya menyebutkan nama keluarganya, Xu, mengatakan ada ribuan demonstran yang lebih besar, tetapi polisi berdiri di jalan dan membiarkan mereka lewat di trotoar.

Pengguna internet memposting video dan akun di media sosial Tiongkok dan asing yang menunjukkan protes di Shanghai, Nanjing, Chengdu dan Chongqing di barat daya dan Urumqi dan Korla di Xinjiang.

Baca selanjutnya
Sebuah video yang mengatakan diambil di Urumqi menunjukkan pengunjuk rasa meneriakkan, ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Arab News/AP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rois Syuriah PBNU: 1 Abad NU, Momen Warga Nahdliyin Berlomba Raih Prestasi

Menurut Rois Syuriah PBNU, Prof M Nuh, warga Nahdliyin bisa mengetahui manfaat yang paling besar bagi masyarakat jika mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat.

NEWS | 5 Februari 2023

Berkumpul dan Pergelaran Seni Meriahkan Cap Go Meh di Palu

Perayaan Cap Go Meh kali ini bertemakan merajut kebersamaan dan tingkatkan keharmonisan, adalah wujud suka cita dengan membaur bersama.

NEWS | 5 Februari 2023

Top 5 News: Polisi Peras Polisi hingga Penembakan Calon Anggota DPD RI

Kelanjutan kasus polisi peras polisi dan potensi AI bahayakan manusia merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 5 Februari 2023

Petugas Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair ke Lapas

Petugas lapas Narkotika Kelas II-A Kota Samarinda, Kalimantan timur, berhasil mengagalkan upaya penyelundupan sabu cair ke dalam lapas.

NEWS | 5 Februari 2023

Oknum Pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang Oplos Beras Pemerintah

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo mengtakan, oknum pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) diduga mengoplos beras.

NEWS | 5 Februari 2023

BMKG: Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Sulut hingga Senin 6 Februari

BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Sulut (Sulawesi Utara) hingga Senin (6/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Tahun Ini Pemprov Bali Tambah 469 Titik Wi-Fi Gratis

Pemprov Bali menambah 469 titik Wi-Fi gratis tahun 2023 untuk mendukung perkembangan teknologi informasi, terutama dalam menghadirkan layanan publik.

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) menghentikan dua proyek reklamasi di Kepri (Kepulauan Riau) milik PT BSSTEC dan PT MPP, Jumat (3/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rois Syuriah PBNU: 1 Abad NU, Momen Warga Nahdliyin Berlomba Raih Prestasi

Rois Syuriah PBNU: 1 Abad NU, Momen Warga Nahdliyin Berlomba Raih Prestasi

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE