Logo BeritaSatu

Putri Kim Jong-un Kembali Muncul, Panaskan Perdebatan Soal Suksesi

Minggu, 27 November 2022 | 21:09 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Pyongyang, Beritasatu.com - Putri Kim Jong-un pemimpin Korea Utara, kembali tampil di depan umum, kali ini dengan ilmuwan rudal dan berpose dengan tentara bersama sang ayah. Foto-foto baru ini seolah memanaskan perdebatan kalau anak perempuan berusia 10 tahun bernama Kim Ju-ae ini adalah penerus dari sang ayah.

Anak perempuan itu, yang diyakini sebagai anak kedua Kim bernama Ju Ae dan berusia sekitar 9 atau 10 tahun, pertama kali diperkenalkan ke dunia luar akhir pekan lalu dalam foto-foto media negara yang menunjukkan dia mengamati peluncuran rudal balistik antarbenua Korea Utara pada hari sebelumnya bersama orang tuanya dan lainnya.

Advertisement

Anak perempuan yang mengenakan mantel dan sepatu merah itu terlihat berjalan bergandengan tangan dengan Kim Jong-un melewati rudal besar yang dimuat di truk peluncuran dan melihat senjata yang melonjak.

Pada hari Minggu (27/11/2022), Kantor Berita Pusat resmi Korea Utara menyebut dia untuk kedua kalinya, mengatakan dia dan Kim Jong-un mengambil foto bersama dengan para ilmuwan, pejabat, dan lainnya yang terlibat dalam apa yang disebut peluncuran uji coba ICBM Hwasong-17.

KCNA menggambarkannya sebagai anak Kim Jong-un yang "paling dicintai" atau "berharga", gelar yang lebih terhormat daripada deskripsi sebelumnya tentang anak "(Kim) tercinta" pada foto 19 November.

Foto-foto yang dirilis media negara menunjukkan putrinya dengan mantel hitam panjang memegang lengan ayahnya saat keduanya berpose untuk difoto. Mengikuti ibunya Ri Sol Ju, yang tidak terlihat di salah satu foto hari Minggu, dia memiliki penampilan yang lebih dewasa daripada saat fotonya seminggu yang lalu.

Beberapa foto menunjukkan keduanya berdiri di tengah barisan tentara berseragam di depan rudal besar di atas truk peluncuran. Yang lain menunjukkan putri Kim Jong-un ini bertepuk tangan, berjabat tangan dengan seorang tentara atau berbicara dengan ayahnya ketika orang-orang bersorak di latar belakang.

“Ini tentu saja mengejutkan. Foto Kim Ju-ae berdiri di samping ayahnya saat dirayakan oleh teknisi dan ilmuwan yang terlibat dalam peluncuran ICBM terbaru akan mendukung gagasan bahwa ini adalah awal dari posisi dirinya sebagai calon penerus,” kata Ankit Panda, seorang ahli dari Carnegie Endowment untuk Perdamaian Internasional.

“Media negara yang menggarisbawahi cinta ayahnya untuknya semakin menggarisbawahi hal ini, menurut saya. Akhirnya, kedua penampilan publik pertamanya adalah dalam konteks senjata nuklir strategis, putri mahkota dari kemampuan pertahanan nasional Korea Utara. Menurut saya itu bukan kebetulan,” kata Panda.

Setelah penampilan publik pertamanya, dinas mata-mata Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa mereka menilai gadis dalam foto itu adalah anak kedua Kim Jong-un, yang berusia sekitar 10 tahun dan bernama Ju-ae. Badan Intelijen Nasional mengatakan penampilannya cocok dengan informasi bahwa dia lebih tinggi dan lebih besar dari gadis lain pada usia yang sama.

Ia juga mengatakan bahwa pengungkapannya tampaknya mencerminkan tekad Kim Jong-un untuk melindungi keamanan generasi masa depan Korea Utara dalam menghadapi kebuntuan dengan Amerika Serikat.

Media Korea Selatan sebelumnya berspekulasi Kim memiliki tiga anak, lahir pada 2010, 2013 dan 2017, dan anak pertama adalah laki-laki sedangkan yang ketiga adalah perempuan. Anak perempuan yang tidak diungkap kemungkinan besar adalah anak yang dilihat pensiunan bintang NBA Dennis Rodman selama perjalanannya ke Pyongyang tahun 2013.

Setelah kunjungan itu, Rodman mengatakan kepada surat kabar Inggris The Guardian bahwa dia dan Kim Jong-un memiliki "waktu santai di tepi laut" dengan keluarga pemimpin dan bahwa dia menggendong bayi perempuan Kim, bernama Ju-ae.

Korea Utara tidak menyebutkan tentang dua anak Kim yang dilaporkan. Tetapi spekulasi bahwa anak sulungnya adalah seorang anak laki-laki telah membuat beberapa ahli mempertanyakan bagaimana seorang anak perempuan dapat menjadi penerus Kim Jong-un mengingat sifat patriarkal masyarakat Korea Utara yang sangat didominasi laki-laki.

Baca selanjutnya
Kim adalah anggota generasi ketiga dari keluarga yang telah menjalankan Korea ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Yahoo/AP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

Ibu Bharada E, Rynecke Alma Pudihang menangis terharu karena banyak pendukung Bharada E yang meneriakan nama anaknya dalam ruang sidang.

NEWS | 2 Februari 2023

Penangkapan Anggota Geng Meningkat, El Salvador Buka Penjara Baru Kapasitas 40.000 Orang

Pihak berwenang di El Salvador telah membuka salah satu penjara baru terbesar di Amerika Latin, lebih dari dua kali lipat kapasitas penahanan negara itu.

NEWS | 2 Februari 2023

Didakwa Jual Sabu Hasil Sitaan, Teddy Minahasa Langsung Melawan

Teddy Minahasa melalui kuasa hukumnya langsung mengajukan eksepsi atau nota keberatan karena didakwa telah menjual sabu hasil sitaan. 

NEWS | 2 Februari 2023

Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

Pihak Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu memohon agar majelis hakim menggugurkan replik jaksa penuntut umum.

NEWS | 2 Februari 2023

Timbun Solar dari Berbagai SPBU, Warga Batam Dibekuk Polisi di Rembang

Polisi menangkap warga Batam bernama Jahudi di Rembang karena menimbun bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar dari berbagai SPBU. 

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Bantah Eliezer Tembak Yosua karena Loyalitas ke Ferdy Sambo

Kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E membantah tudingan jaksa yang menyebut Eliezer menembak Yosua atau Bharada E karena loyalitas kepada Ferdy Sambo.

NEWS | 2 Februari 2023

Hujan Deras, Terjadi Longsor di Jalur Wisata Kawasan Pacet dan Trawas Mojokerto

Hujan deras yang melanda Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (1/2/23) sore kemarin, menyebabkan terjadinya sejumlah tanah longsor.

NEWS | 2 Februari 2023

Bank Jago Syariah Luncurkan Produk Deposito Berbasis Aplikasi

PT Bank Jago Tbk melalui unit usaha syariah (Jago Syariah) meluncurkan produk Deposito Jago Syariah dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

Rynecke Alma Pudihang, ibu Richard Eliezer atau Bharada E, angkat bicara soal peluang anaknya divonis bebas dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua. 

NEWS | 2 Februari 2023

Hotman Paris Sebut Sidang Teddy Minahasa Prematur

Hotman Paris Hutapea menyebut sidang dugaan peredaran narkoba dengan terdakwa Irjen Teddy Minahasa prematur dan belum saatnya digelar. 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

Ibu Bharada E Terharu Nama Anaknya Menggema di Ruang Sidang

NEWS | 19 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE