Logo BeritaSatu

Putri Kim Jong-un Kembali Muncul, Panaskan Perdebatan Soal Suksesi

Minggu, 27 November 2022 | 21:09 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Pyongyang, Beritasatu.com - Putri Kim Jong-un pemimpin Korea Utara, kembali tampil di depan umum, kali ini dengan ilmuwan rudal dan berpose dengan tentara bersama sang ayah. Foto-foto baru ini seolah memanaskan perdebatan kalau anak perempuan berusia 10 tahun bernama Kim Ju-ae ini adalah penerus dari sang ayah.

Anak perempuan itu, yang diyakini sebagai anak kedua Kim bernama Ju Ae dan berusia sekitar 9 atau 10 tahun, pertama kali diperkenalkan ke dunia luar akhir pekan lalu dalam foto-foto media negara yang menunjukkan dia mengamati peluncuran rudal balistik antarbenua Korea Utara pada hari sebelumnya bersama orang tuanya dan lainnya.

Advertisement

Anak perempuan yang mengenakan mantel dan sepatu merah itu terlihat berjalan bergandengan tangan dengan Kim Jong-un melewati rudal besar yang dimuat di truk peluncuran dan melihat senjata yang melonjak.

Pada hari Minggu (27/11/2022), Kantor Berita Pusat resmi Korea Utara menyebut dia untuk kedua kalinya, mengatakan dia dan Kim Jong-un mengambil foto bersama dengan para ilmuwan, pejabat, dan lainnya yang terlibat dalam apa yang disebut peluncuran uji coba ICBM Hwasong-17.

KCNA menggambarkannya sebagai anak Kim Jong-un yang "paling dicintai" atau "berharga", gelar yang lebih terhormat daripada deskripsi sebelumnya tentang anak "(Kim) tercinta" pada foto 19 November.

Foto-foto yang dirilis media negara menunjukkan putrinya dengan mantel hitam panjang memegang lengan ayahnya saat keduanya berpose untuk difoto. Mengikuti ibunya Ri Sol Ju, yang tidak terlihat di salah satu foto hari Minggu, dia memiliki penampilan yang lebih dewasa daripada saat fotonya seminggu yang lalu.

Beberapa foto menunjukkan keduanya berdiri di tengah barisan tentara berseragam di depan rudal besar di atas truk peluncuran. Yang lain menunjukkan putri Kim Jong-un ini bertepuk tangan, berjabat tangan dengan seorang tentara atau berbicara dengan ayahnya ketika orang-orang bersorak di latar belakang.

“Ini tentu saja mengejutkan. Foto Kim Ju-ae berdiri di samping ayahnya saat dirayakan oleh teknisi dan ilmuwan yang terlibat dalam peluncuran ICBM terbaru akan mendukung gagasan bahwa ini adalah awal dari posisi dirinya sebagai calon penerus,” kata Ankit Panda, seorang ahli dari Carnegie Endowment untuk Perdamaian Internasional.

“Media negara yang menggarisbawahi cinta ayahnya untuknya semakin menggarisbawahi hal ini, menurut saya. Akhirnya, kedua penampilan publik pertamanya adalah dalam konteks senjata nuklir strategis, putri mahkota dari kemampuan pertahanan nasional Korea Utara. Menurut saya itu bukan kebetulan,” kata Panda.

Setelah penampilan publik pertamanya, dinas mata-mata Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa mereka menilai gadis dalam foto itu adalah anak kedua Kim Jong-un, yang berusia sekitar 10 tahun dan bernama Ju-ae. Badan Intelijen Nasional mengatakan penampilannya cocok dengan informasi bahwa dia lebih tinggi dan lebih besar dari gadis lain pada usia yang sama.

Ia juga mengatakan bahwa pengungkapannya tampaknya mencerminkan tekad Kim Jong-un untuk melindungi keamanan generasi masa depan Korea Utara dalam menghadapi kebuntuan dengan Amerika Serikat.

Media Korea Selatan sebelumnya berspekulasi Kim memiliki tiga anak, lahir pada 2010, 2013 dan 2017, dan anak pertama adalah laki-laki sedangkan yang ketiga adalah perempuan. Anak perempuan yang tidak diungkap kemungkinan besar adalah anak yang dilihat pensiunan bintang NBA Dennis Rodman selama perjalanannya ke Pyongyang tahun 2013.

Setelah kunjungan itu, Rodman mengatakan kepada surat kabar Inggris The Guardian bahwa dia dan Kim Jong-un memiliki "waktu santai di tepi laut" dengan keluarga pemimpin dan bahwa dia menggendong bayi perempuan Kim, bernama Ju-ae.

Korea Utara tidak menyebutkan tentang dua anak Kim yang dilaporkan. Tetapi spekulasi bahwa anak sulungnya adalah seorang anak laki-laki telah membuat beberapa ahli mempertanyakan bagaimana seorang anak perempuan dapat menjadi penerus Kim Jong-un mengingat sifat patriarkal masyarakat Korea Utara yang sangat didominasi laki-laki.

Baca selanjutnya
Kim adalah anggota generasi ketiga dari keluarga yang telah menjalankan Korea ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Yahoo/AP

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sejumlah Kota Besar di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan

Sejumlah kota besar di Indonesia berpotensi diguyur hujan pada Selasa (7/2/2023) siang dan malam.

NEWS | 7 Februari 2023

Erick Thohir Ungkap Makna Baju Banser NU yang Dipakainya

Ketua Panitia Peringatan 1 Abad NU, Erick Thohir, mengungkapkan soal makna baju Banser NU yang dipakainya saat memberi sambutan.

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Korban Tewas Gempa Turki Lebih dari 3.800 Orang

Total korban tewas akibat gempa Turki dan Suriah hingga Selasa, 7 Februari 2023, lebih dari 3.800 orang.

NEWS | 7 Februari 2023

Perayaan 1 Abad NU, Exit Tol 1 Sidoarjo Lumpuh Antrean Hingga 2 Kilometer

Antrean panjang terjadi di exit tol 1 Sidoarjo, Jawa Timur, akibat penumpukan kendaraan massa yang akan menghadiri acara peringatan 1 abad NU.

NUSANTARA | 7 Februari 2023

Top 5 News: Gempa Turki hingga Jokowi soal Elektabilitas Prabowo

Kabar soal gempa di Turki yang menelan banyak korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Senin (6/2/2023).

NEWS | 7 Februari 2023

Jaksa Minta Hakim Tolak Keberatan Teddy Minahasa

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Jakbar menolak eksepsi atau keberatan Teddy Minahasa yang menjadi terdakwa penjualan barang bukti narkoba.

NEWS | 7 Februari 2023

PBNU Dorong Pemimpin Agama Wujudkan Perdamaian Dunia

Ketum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mendorong seluruh pemimpin agama mewujudkan perdamaian dunia. 

NEWS | 7 Februari 2023

Polisi Cari Ibu yang Aniaya dan Telantarkan Anaknya di Depok

Polres Metro Depok menyelidiki dan mencari ibu yang diduga menganiaya dan menelantarakan anaknya, Raya Aurel Rahma Visca. 

NEWS | 7 Februari 2023

Update: Gempa Turki Tewaskan 2.300 Orang, Penyelamatan Terus Dilakukan

Otoritas Turki mengkonfirmasi telah terjadi 1.541 korban tewas, dengan 810 korban lainnya dilaporkan di berada di kawasan Suriah, pasca gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

PKB Fasilitasi Aeshnina Azzahra Suarakan Keadilan Lingkungan

Jubir Milenial PKB Mikhael Sinaga mengatakan PKB akan memfasilitasi aktivis lingkungan Aeshnina Azzahra (15 tahun) untuk menyuarakan keadilan lingkungan. 

NEWS | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Asia Dibuka Positif, Saham-saham Adani Group Tumbang

Bursa Asia Dibuka Positif, Saham-saham Adani Group Tumbang

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE