Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Persoalan Papua Harus Jadi Prioritas Panglima TNI Baru

Minggu, 27 November 2022 | 23:38 WIB
Oleh : Yustinus Paat / LES
Ketua Badan pengurus Centra Initiative dan Peneliti Senior Imparsial Al Araf.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Badan pengurus Centra Initiative dan Peneliti Senior Imparsial Al Araf menilai, salah satu skala prioritas dari Panglima TNI baru adalah persoalan pengamanan di Papua. Menurut Al Araf, Panglima TNI baru harus mengubah pendekatan keamanan represif di tanah Papua menjadi pendekatan persuasif.

"Buat saya yang paling sangat penting dan jangka pendek yang harus diselesaikan mengubah pendekatan keamanan di Papua dari represif menjadi persuasif," ujar Al Araf di sela-sela diskusi bertajuk 'Panglima TNI Baru Dan Pekerjaan Rumah Sektor Pertahanan' di Kantor DPP Partai Perindo, Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (27/11/2022).

Menurut Al Araf, salah satu dari kepala staf TNI bakal menggantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Sayangnya, kata dia, masa jabatan mereka hanya kurang lebih satu tahun karena setelahnya mereka akan memasuki masa pensiun.

"Dengan situasi tersebut, panglima TNI baru harus benar-benar menentukan skala prioritas. Salah satu peningkatan keamanan di Papua. Kedepankan dialog," imbuh dia.

Selain itu, kata Araf, Panglima TNI baru juga perlu fokus mendukung agenda reformasi TNI, misalnya reformasi peradilan militer.

"Fokus evaluasi TNI aktif yang masuk jabatan sipil yang itu melanggar UU TNI, modernisasi alutsista dan peningkatan kesejahteraan prajurit," tandas dia.

Lebih lanjut, Al Araf meminta DPR serius menggunakan kewenangannya dalam melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI yang diajukan Presiden Jokowi. Dia mengingatkan agar fit and proper test bukan sekedar formalitas, tetapi benar-benar menggali visi, misi dan komitmen calon Panglima TNI.

"Menjadi sangat penting untuk DPR agar tetap menggunakan kewenangannya untuk melakukan proses fit and proper test secara obyektif dalam rangka mewujudkan tni yang profesional," pungkas Al Araf.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI