Logo BeritaSatu

Menkominfo: GPR Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Senin, 28 November 2022 | 00:22 WIB
Oleh : CAH

Yogyakarta, Beritasatu.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan Humas Pemerintah (Government Public Relations/GPR) memiliki peran utama yaitu sebagai jembatan komunikasi program kerja pemerintah kepada masyarakat.

Di tengah cepatnya laju persebaran informasi, peran GPR dalam menyediakan informasi yang akurat dan faktual bagi masyarakat dikatakan Johnny G Plate menjadi krusial. GPR disebutnya memiliki peran sentral dalam diseminasi informasi bagi masyarakat.

Advertisement

“Apakah jembatan ini kuat, tahan atau canggih, ada di pundak kita sekalian. Ada di pikiran, kecerdasan dan hati kita sekalian,” ujar Menkominfo dalam keynote speech-nya pada Anugerah Media Humas (AMH) 2022, yang diselenggarakan di Keraton Grand Ballroom Hotel Marriot Yogyakarta.

Sebagai penampung aspirasi publik dan pembentuk imej pemerintah, urgensi GPR menjadi lebih besar untuk dapat menyediakan informasi yang akurat dan meluruskan misinformasi yang tersebar di masyarakat. Sementara sebagai saluran komunikasi publik pemerintah, GPR juga harus mampu mengedukasi dan mengerahkan masyarakat untuk memilih sumber informasi yang kredibel sebagai acuan.

“Peran GPR menjadi lebih krusial karena bertanggungjawab untuk mentranslasikan kebijakan dan informasi pemerintah supaya dapat tersampaikan ke masyarakat dengan efektif dan efisien. Oleh karenanya, kehumasan yang berpusat kepada pengalaman manusia atau humanisme menjadi penting untuk selalu dikedepankan,” jelas Menkominfo melanjutkan.

Lebih lanjut dikemukakan Menkominfo, tantangan kehumasan akan makin beragam bahkan tak terprediksikan. Saat ini Indonesia dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti disrupsi teknologi digital, pandemi Covid-19, hingga konflik geopolitik geostrategis yang sangat dinamis.

“Sebentar lagi kita juga akan memasuki tahun politik, maka bertambah lagi tantangan yang harus dihadapi oleh teman-teman GPR sekalian. Tentu tidak mudah namun, tidak berarti tidak dapat kita kita atasi dan kita lakukan degan baik,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

16.000 Pekerja Bakal Masuk IKN, Badan Otorita Segera Hapus Kode Pos 6 Kecamatan

Menjelang masuknya 16.000 pekerja ke IKN, Badan Otorita IKN akan menghapus kode pos enam kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

NEWS | 5 Februari 2023

Respons Bamsoet soal Usulan Cak Imin Hapus Jabatan Gubernur

Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet merespons usulan Ketua Umum PKB, Cak Imin agar jabatan gubernur dihapus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Kode Etik di Laut China Selatan

Indonesia siap menjadi tuan rumah perundingan kode etik (code of conduct) di Laut China Selatan, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Kronologi Nenek di Sukabumi Dipolisikan Pelaku Pencabulan Cucunya

Kapolres Sukabumi, AKBP Zainal Abidin membeberkan kronologi nenek Sukabumi yang dipolisikan terdakwa kasus pencabulan terhadap cucunya. 

NEWS | 5 Februari 2023

PM Jepang Pecat Ajudan yang Anti-pasangan Sesama Jenis

PM Jepang Fumio Kishida pada Sabtu (4/2/2023), pecat ajudan yang mengatakan tidak ingin hidup berdampingan dengan pasangan sesama jenis.

NEWS | 5 Februari 2023

Bripka Madih Merasa Dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara, Bripka Madih yang viral atas kasus polisi peras polisi mengaku dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri. 

NEWS | 5 Februari 2023

Bersihkan Pengaruh Pro-Rusia, Zelensky Cabut Kewarganegaraan Sejumlah Politisi

Zelensky mencabut kewarganegaraan beberapa mantan politisi berpengaruh pada sebagai langkah terbaru untuk "membersihkan" negara dari pengaruh pro-Rusia.

NEWS | 5 Februari 2023

Diperas Polisi Jadi Alasan Bripka Madih Mundur dari Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih mengaku mengundurkan diri sebagai anggota Polri lantaran kasus polisi peras polisi. 

NEWS | 5 Februari 2023

Semakin Banyak Keluarga Kaya Tiongkok Pindahkan Hartanya ke Singapura

Singapura kini melihat semakin banyak masuknya keluarga kaya Tiongkok yang ingin melindungi harta kekayaan mereka dari Partai Komunis Tiongkok,

NEWS | 5 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Dipanggil Polda Metro Jaya

Bripka Madih dipanggil Polda Metro Jaya terkait kasus polisi peras polisi. Bripka Madih mengaku diperas penyidik terkait kasus sengketa tanah keluarganya.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
16.000 Pekerja Bakal Masuk IKN, Badan Otorita Segera Hapus Kode Pos 6 Kecamatan

16.000 Pekerja Bakal Masuk IKN, Badan Otorita Segera Hapus Kode Pos 6 Kecamatan

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE