Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Longsor di Ischia Tewaskan 7 Orang, Italia Umumkan Keadaan Darurat

Senin, 28 November 2022 | 07:40 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Mobil rusak terlihat di pantai Casamicciola pada 27 November 2022, menyusul hujan lebat yang menyebabkan tanah longsor di pulau Ischia, Italia selatan.

Roma, Beritasatu.com - Italia mengumumkan keadaan darurat di pulau selatan Ischia pada Minggu (27/11/2022) setelah tanah longsor menewaskan sedikitnya tujuh orang dan menyebabkan beberapa orang lainnya hilang.

Gelombang lumpur dan puing-puing menghantam kota kecil Casamicciola Terme pada Sabtu (26/11/2022) pagi, menimbun setidaknya satu rumah dan menyapu mobil ke laut, kata media lokal dan layanan darurat.

"Jumlah korban dari tanah longsor di Casamicciola telah meningkat menjadi tujuh orang tewas, sementara lima lainnya hilang," kata pemimpin kota Naples Claudio Palomba, Minggu malam.

Tahap pertama dana bantuan sebesar dua juta euro (US$2 juta) dikeluarkan pada akhir rapat kabinet darurat, yang menyatakan keadaan darurat, kata Menteri Perlindungan Sipil Nello Musumeci.

Media Italia sebelumnya melaporkan bahwa empat mayat telah ditemukan pada Minggu sore.

Lebih dari 200 penyelamat masih mencari orang hilang, sementara ratusan sukarelawan, berlutut di lumpur, sibuk membersihkan jalan-jalan kota.

Upaya penyelamatan terhambat oleh hujan dan angin kencang, yang juga menunda feri yang membawa bala bantuan dari daratan.

“ Tanah longsor, ada kerusakan toko, mobil, hotel dan itu sudah terjadi sembilan tahun lalu. Sekarang saya sedang membersihkan toko ibu mertua saya,” kata Salvatore Lorini, 45, kepada AFP.

Menteri Dalam Negeri Matteo Piantedosi sebelumnya memperingatkan. ada orang yang terjebak di lumpur, dan mengatakan itu adalah situasi yang "sangat serius".

Hujan deras mengirimkan lumpur melalui jalan-jalan Casamicciola Terme, sebuah resor spa dengan 8.000 penduduk di utara Ischia, sebuah pulau subur di dekat Capri yang dipadati turis di musim panas.

Pohon-pohon tumbang dan mobil-mobil rusak di pinggir jalan atau terendam dalam air, menurut wartawan AFP.

Batu-batu besar berserakan saat ekskavator berusaha membuka akses ke rumah, mobil, dan toko.

"Jika saya bisa, saya akan meninggalkan Casamicciola karena sekarang saya berjuang untuk tinggal, bahkan jika rumah saya selamat dari gempa, banjir," kata Iacono Maria, 64 tahun, kepada AFP.

Paus Fransiskus mengatakan dia berdoa untuk para korban, "mereka yang menderita dan semua yang telah berkontribusi untuk penyelamatan" dalam doa Angelusnya pada hari Minggu.

Dinas pemadam kebakaran mengatakan sebelumnya satu rumah terendam lumpur dan dua orang telah diselamatkan dari sebuah mobil yang tersapu ke laut.

Di daerah kota yang paling parah terkena dampak, setidaknya 30 keluarga terjebak di rumah mereka tanpa air atau listrik, dengan lumpur dan puing-puing menghalangi jalan, lapor kantor berita ANSA.

Para pejabat mengatakan mereka berharap untuk menemukan rumah sementara untuk bagi 150 dan 200 orang korban tanah longsor.

Otoritas setempat meminta warga Ischia untuk tetap di dalam agar tidak menghalangi operasi penyelamatan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI