Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Siaran Piala Dunia di TV Tiongkok Sensor Gambar Fan Tanpa Masker

Senin, 28 November 2022 | 08:03 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Para pengunjuk rasa berkumpul di jalan di Beijing, melakukan unjuk rasa atas kebakaran mematikan di Xinjiang, serta protes terhadap kebijakan nol-Covid Tiongkok yang keras, pada 28 November 2022.

Beijing, Beritasatu.com – Siaran TV pertandingan Piala Dunia Qatar di Tiongkok menyensor gambar jarak dekat para fan sepak bola tanpa masker di stadion, di saat banyak warga yang marah terhadap kebijakan nol-Covid di negara itu yang memicu aksi protes jalanan.

Tiongkok saat ini merupakan negara ekonomi besar terakhir yang masih berusaha untuk membasmi penyebaran domestik Covid-19 dengan penguncian (lockdown) cepat, karantina panjang, dan tes massal.

Diketahui, selama siaran langsung pertandingan babak grup di hari Minggu (27/11/2022) antara Jepang dan Kosta Rika , penyiar CCTV Sports mengganti gambar jarak dekar dari para fan tanpa masker yang mengibarkan bendera dengan gambar pemain, ofisial atau stadion sepak bola, demikian laporan AFP.

CCTV Sports kemudian mengambil dari jarak jauh penonton stadion di mana sulit untuk melihat wajah individunya, dan lebih sedikit kamera mengarah ke penonton dibandingkan dengan siaran langsung dari pertandingan yang sama di platform online termasuk Douyin, TikTok versi Tiongkok.

Tiongkok melaporkan rekor harian ketiga berturut-turut untuk kasus baru Covid-19

Peristiwa kebakaran mematikan di sebuah bangunan apartemen di Xinjiang telah memicu kemarahan atas kebijakan nol-Covid di Tiongkok.

Puluhan juta orang di kota-kota besar termasuk Beijing, Guangzhou, dan Chongqing telah dikurung di rumah mereka akibat kebijakan nol-Covid tersebut, kontras dengan kerumunan di Piala Dunia Qatar yang telah membuat marah banyak pengguna media sosial Tiongkok.

Surat terbuka yang mempertanyakan kebijakan Covid-19 negara itu dan menanyakan apakah Tiongkok "berada di planet yang sama" dengan Qatar di aplikasi perpesanan WeChat menjadi viral pada hari Selasa pekan lalu, sebelum lembaga sensor menghapusnya dari platform tersebut.

Ratusan orang turun ke jalan di Beijing dan Shanghai pada hari Minggu untuk memprotes kebijakan nol-Covid Tiongkok dalam curahan kemarahan publik yang jarang terjadi terhadap negara.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: AFP


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI