Logo BeritaSatu

Emak-emak Rusia Bikin Petisi Antiperang Ukraina di Hari Ibu

Senin, 28 November 2022 | 09:05 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Moskwa, Beritasatu.com - Sekelompok ibu atau emak-emak dari tentara Rusia bergabung dengan kelompok aktivis membuat petisi antiperang online untuk menuntut penarikan pasukan Moskwa dari Ukraina pada hari Minggu (27/11/2022) yang bertepatan dengan perayaan Hari Ibu di Rusia.

Aksi ini diselenggarakan oleh kelompok Perlawanan Anti-Perang Feminis Rusia.

Advertisement

Petisi tersebut diterbitkan di Change.org dan ditujukan kepada anggota parlemen di komite Duma dan Dewan Federasi yang relevan. Petisi tersebut memperoleh lebih dari 1.500 tanda tangan pada pukul 17:45 waktu Moskow pada hari Minggu, dan jumlahnya terus meningkat.

"Selama sembilan bulan, apa yang disebut operasi militer khusus telah berlangsung, yang membawa kehancuran, kesedihan, darah dan air mata," demikian bunyi petisi tersebut.

"Segala sesuatu yang terjadi di Ukraina dan Rusia membuat hati kami khawatir. Terlepas dari kebangsaan, agama, atau status sosial kami, kami - para ibu Rusia, dipersatukan oleh satu keinginan: untuk hidup dalam damai dan harmoni, membesarkan anak-anak kami di bawah perdamaian langit dan tidak takut akan masa depan mereka."

“Di banyak daerah, keluarga yang dimobilisasi harus secara mandiri mengumpulkan perlengkapan untuk orang-orangnya yang akan dikirim untuk mati, membeli semuanya dengan biaya sendiri, bahkan rompi antipeluru. Siapa yang akan menafkahi keluarga yang kehilangan pencari nafkah? Kami tahu jawabannya, semua kesulitan ini akan menjadi beban tambahan di pundak para ibu yang sudah kelebihan beban!” petisi berlanjut.

Seruan itu menggambarkan para ibu dari wajib militer dan tentara yang dimobilisasi sebagai "dipaksa untuk secara memalukan mengetuk ambang batas administrasi kota", mencoba mengembalikan para laki-laki mereka ke rumah. Mereka mengadakan piket, menulis permohonan kolektif, mengajukan petisi, tetapi "tidak ada yang mendengar mereka. "

“Kami menentang partisipasi putra, saudara, suami, ayah kami dalam hal ini. Tugas Anda adalah melindungi hak dan kebebasan ibu dan anak, Anda tidak boleh menutup mata terhadap semua ini,” bunyi petisi tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: CNN

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah yang ditemukan telantar di pinggir rel di Dewi Sartika Depok mengaku dipukuli ibu kandungnya dengan tongkat bisbol. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mantan Winger Chelsea Christian Atsu Dilaporkan Terperangkap di Reruntuhan Gempa Turki

Christian Atsu, mantan pemain sayap Chelsea dan Newcastle yang kini berusia 31 tahun, menjadi salah satu korban yang terperangkap di reruntuhan gempa Turki.

NEWS | 6 Februari 2023

Besok, Kemenag Gelar Ujian Nasional bagi 6.727 Santri

Kemenag akan menggelar Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional atau yang disebut dengan Imtihan Wathani bagi santri, Rabu (7/2/2023).

NEWS | 6 Februari 2023

Gunting Jari Bayi 7 Bulan, Perawat di Palembang Jadi Tersangka

Polrestabes Palembang menetapkan perawat RS Muhammadiyah sebagai tersangka. Perawat itu gunting jari bayi berusia 7 bulan hingga putus. 

NEWS | 6 Februari 2023

Taruna Poltekpel Surabaya Tewas Dianiaya Senior

Muhammad Rio Ferdinan Anwar (19), seorang taruna Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya tewas diduga dianiaya oleh sejumlah seniornya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Mitos Jus Jambu Bisa Sembuhkan DBD, Ini Pendapat Ahli

Mengonsumsi jus jambu, sari kurma dan air daun pepaya ternyata bukan upaya untuk menyembuhkan demam berdarah.

NEWS | 7 Februari 2023

Salju, Cuaca Buruk Hambat Upaya Penyelamatan Korban Gempa Turki

Kondisi salju, hujan, dan beku menghambat operasi pencarian dan penyelamatan korban tewas akibat gempa Turki yang diperkirakan mencapai 1.800 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter di Sejumlah Perairan!

BMKG menyampaikan bahwa gelombang tinggi hingga 6 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia pada 7-8 Februari 2023.

NEWS | 7 Februari 2023

Prabowo Tegaskan Pujian kepada Jokowi Bukan untuk Menjilat

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan pujiannya kepada Presiden Jokowi bukan untuk menjilat. 

NEWS | 6 Februari 2023

Update: Jumlah Korban Gempa Turki Melebihi 1.800 Orang

Lebih dari 1.800 orang telah tewas dan ribuan lainnya terluka setelah gempa dengan magnitudo 7,8 melanda kawasan Turki dan Suriah pada Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

Bocah Telantar di Depok Mengaku Dipukul Ibu dengan Tongkat Bisbol

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE