Logo BeritaSatu

Surpres Calon Panglima TNI Akan Diterima DPR Sore Ini

Senin, 28 November 2022 | 10:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Surat presiden (surpres) soal calon Panglima TNI dijadwalkan akan diterima Dewan Perwakilan Rakyat Senin (28/11/2022) pukul 16.00 WIB. Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengakui ada informasi surat presiden (surpres) mengenai calon Panglima TNI kemungkinan masuk ke DPR.

Jika supres diterima masuk hari ini, kata Dave, tahapan fit and proper test calon Panglima TNI mungkin akan digelar Rabu pekan ini.

Advertisement

"Rabu sudah dapat digelar, bila hari ini surat masuk dan diproses di bamus (Badan Musyawarah) untuk segera diagendakan rapur pembacaan surat," ujarnya pada Senin (28/11/2022).

Dave menginginkan panglima TNI yang akan datang mampu membuat gebrakan dan inovasi bagi prajurit TNI dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Menurut Dave, Panglima TNI saat ini yakni Jenderal Andika Perkasa telah banyak mengerjakan hal dalam rangka memajukan dan terus mereformasi TNI.

Masa pensiun Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tinggal menghitung hari. Nama Kepala Stap Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Yudo Margono disebut-sebut menjadi kandidat yang paling kuat untuk menggantikan posisi Andika Perkasa sebagai panglima TNI.

Di tempat terpisah, Kamis (24/11/2022), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono memberikan petunjuk mengenai penggantian Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) setelah masa jabatan Jenderal Andika Perkasa berakhir pada 21 Desember 2022. Kasal mengatakan bahwa dia akan memberitahukan kepada publik setelah nanti dilantik.

"Sekarang, saya tidak berandai-andai dalam pergantian panglima TNI itu, namun setelah dilantik nanti, saya sampaikan juga," kata Yudo Margono.

Menurut pengamat militer Connie Rahakundini, setelah pensiun Andika Perkasa dinilai cocok untuk mengemban tugas sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Marsekal (Purn) Hadi Tjahyanto. Kemudian Hadi Tjahyanto dinilai sudah saatnya mengemban tugas sebagai Menteri Pertahanan, jika Prabowo Subianto fokus untuk andil dalam bursa Capres pada Pemilu mendatang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Bripka Madih, DPR Sebut Masih Ada Oknum Pemeras di Polri

Kasus polisi peras polisi yang menimpa anggota Provos Bripka Madih kini tengah menyita perhatian publik luas.

NEWS | 5 Februari 2023

Ibu Muda di Jambi Jadi Tersangka Pelecehan Anak, Sudah Ada 17 Korban

Polisi menetapkan seorang ibu muda di Jambi sebagai tersangka pelecehan anak. Korban pelecehan ibu muda itu terus bertambah dan kini mencapai 17 anak. 

NEWS | 5 Februari 2023

Soal Balon Mata-mata Tiongkok di AS, Pakar: Ini Amatir!

Penerbangan balon mata-mata Tiongkok di atas udara Amerika Serikat telah menandai taktik spionase yang lebih agresif, meskipun ceroboh dan amatir.

NEWS | 5 Februari 2023

16.000 Pekerja Bakal Masuk IKN, Badan Otorita Segera Hapus Kode Pos 6 Kecamatan

Menjelang masuknya 16.000 pekerja ke IKN, Badan Otorita IKN akan menghapus kode pos enam kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

NEWS | 5 Februari 2023

Respons Bamsoet soal Usulan Cak Imin Hapus Jabatan Gubernur

Ketua MPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet merespons usulan Ketua Umum PKB, Cak Imin agar jabatan gubernur dihapus. 

NEWS | 5 Februari 2023

Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Kode Etik di Laut China Selatan

Indonesia siap menjadi tuan rumah perundingan kode etik (code of conduct) di Laut China Selatan, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Kronologi Nenek di Sukabumi Dipolisikan Pelaku Pencabulan Cucunya

Kapolres Sukabumi, AKBP Zainal Abidin membeberkan kronologi nenek Sukabumi yang dipolisikan terdakwa kasus pencabulan terhadap cucunya. 

NEWS | 5 Februari 2023

PM Jepang Pecat Ajudan yang Anti-pasangan Sesama Jenis

PM Jepang Fumio Kishida pada Sabtu (4/2/2023), pecat ajudan yang mengatakan tidak ingin hidup berdampingan dengan pasangan sesama jenis.

NEWS | 5 Februari 2023

Bripka Madih Merasa Dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri

Anggota Provost Polsek Jatinegara, Bripka Madih yang viral atas kasus polisi peras polisi mengaku dizalimi Kementerian ATR/BPN dan Bareskrim Polri. 

NEWS | 5 Februari 2023

Bersihkan Pengaruh Pro-Rusia, Zelensky Cabut Kewarganegaraan Sejumlah Politisi

Zelensky mencabut kewarganegaraan beberapa mantan politisi berpengaruh pada sebagai langkah terbaru untuk "membersihkan" negara dari pengaruh pro-Rusia.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Bripka Madih, DPR Sebut Masih Ada Oknum Pemeras di Polri

Kasus Bripka Madih, DPR Sebut Masih Ada Oknum Pemeras di Polri

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE