Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Surpres Calon Panglima TNI Akan Diterima DPR Sore Ini

Senin, 28 November 2022 | 10:15 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menghadiri pembukaan pameran Indo Defence 2022 di Kemayoran, Jakarta, Rabu 2 November 2022.

Jakarta, Beritasatu.com- Surat presiden (surpres) soal calon Panglima TNI dijadwalkan akan diterima Dewan Perwakilan Rakyat Senin (28/11/2022) pukul 16.00 WIB. Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengakui ada informasi surat presiden (surpres) mengenai calon Panglima TNI kemungkinan masuk ke DPR.

Jika supres diterima masuk hari ini, kata Dave, tahapan fit and proper test calon Panglima TNI mungkin akan digelar Rabu pekan ini.

"Rabu sudah dapat digelar, bila hari ini surat masuk dan diproses di bamus (Badan Musyawarah) untuk segera diagendakan rapur pembacaan surat," ujarnya pada Senin (28/11/2022).

Dave menginginkan panglima TNI yang akan datang mampu membuat gebrakan dan inovasi bagi prajurit TNI dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Menurut Dave, Panglima TNI saat ini yakni Jenderal Andika Perkasa telah banyak mengerjakan hal dalam rangka memajukan dan terus mereformasi TNI.

Masa pensiun Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tinggal menghitung hari. Nama Kepala Stap Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Yudo Margono disebut-sebut menjadi kandidat yang paling kuat untuk menggantikan posisi Andika Perkasa sebagai panglima TNI.

Di tempat terpisah, Kamis (24/11/2022), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono memberikan petunjuk mengenai penggantian Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) setelah masa jabatan Jenderal Andika Perkasa berakhir pada 21 Desember 2022. Kasal mengatakan bahwa dia akan memberitahukan kepada publik setelah nanti dilantik.

"Sekarang, saya tidak berandai-andai dalam pergantian panglima TNI itu, namun setelah dilantik nanti, saya sampaikan juga," kata Yudo Margono.

Menurut pengamat militer Connie Rahakundini, setelah pensiun Andika Perkasa dinilai cocok untuk mengemban tugas sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Marsekal (Purn) Hadi Tjahyanto. Kemudian Hadi Tjahyanto dinilai sudah saatnya mengemban tugas sebagai Menteri Pertahanan, jika Prabowo Subianto fokus untuk andil dalam bursa Capres pada Pemilu mendatang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI